Ini Dia 30 Kuliner Jember yang Siap Menggoyang Lidah

Mencicipi makanan khas saat berkunjung ke suatu daerah sepertinya sudah menjadi keharusan bagi sebagian orang. Dengan keberagaman jenis makanan yang ada, tak salah jika Indonesia disebut sebagai salah satu surga kuliner dunia. Salah satu yang menarik untuk dicoba adalah kuliner Jember.

Memanjakan lidah dengan berwisata kuliner menjadi aktivitas yang perlu kamu masukkan ke dalam agenda perjalanan wisata di Jember. Banyak sekali makanan tradisional maupun kekinian yang siap menggoyang lidah, seperti 20 jenis kuliner Jember berikut ini.

1. Kuliner Jember Pecel Gudeg

Jawa Timur memang terkenal dengan makanan khasnya: pecel. Kebanyakan orang hanya mengenal pecel Madiun yang memang tak bisa disangkal kelezatannya. Padahal, Jember juga punya pecel khas yang tak kalah unik dan nikmat, yaitu pecel gudeg.

Seperti namanya, pecel gudeg merupakan perpaduan antara nasi pecel dengan gudeg, cecek (kulit sapi), potongan daging, rempeyek, kacang panjang, dan sambal pecel khas. Selain pelengkap wajib tersebut, kamu juga bisa menambah lauk-pauk yang bisa dipilih sendiri sesuai selera.

2. Kuliner Jember Pecel Pincuk Garahan

Nama pecel pincuk tidak asing lagi, yaitu pecel yang disajikan dalam pincuk, wadah dari daun yang dibentuk sedemikan rupa. Namun, ada yang sedikit berbeda dengan kuliner Jember yang disebut pecel pincuk garahan, baik dari bahan yang digunakan maupun rasa dan tekstur saus kacangnya.

Selain menggunakan sayur-sayuran yang biasa dalam pecel, kamu akan menemukan sayur yang tidak lazim, yaitu gondo, sejenis gulma padi. Kalau pada pecel biasa cenderung gurih, saus pecel pincuk garahan didominasi rasa pedas dengan tekstur kacang lebih kasar sehingga rasanya lebih kuat.

3. Suwar Suwir

Makanan khas yang satu ini cocok untuk kamu beli sebagai buah tangan saat kembali ke rumah. Suwar suwir adalah jajanan menyerupai dodol yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tapai dan gula. Suwar suwir dikemas dalam bentuk persegi panjang kecil dan dibungkus kertas minyak.

Dibandingkan dengan dodol, suwar suwir memiliki rasa lebih manis, legit, dan sedikit asam yang berasal dari tapai singkong. Tekstur makanan ringan ini terasa lebih padat, tetapi lembut.
Saat ini, selain rasa asli, suwar suwir diproduksi dalam berbagai warna dan rasa, seperti stroberi, sirsak, pandan, dan cokelat.

4. Prol Tape

Olahan lain tapai singkong yang menjadi salah satu ikon kuliner Jember adalah prol tape. Makanan ringan ini dibuat dari tepung terigu, tapai singkong, telur, susu, dan margarin. Hasilnya, kue bertekstur lembut dengan cita rasa perpaduan antara manis, asam, dan gurih.

Kue ini bisa kamu temukan dengan mudah di tempat-tempat penjualan oleh-oleh khas Jember. Selain rasa orisinal, kamu juga bisa mencicipi varian lainnya, seperti cokelat, kismis, dan keju dengan kisaran harga Rp19 ribu untuk ukuran kecil dan Rp23 ribu untuk ukuran besar.

5. Pia Tape

Orang Jember memang piawai mengolah tapai. Salah satu hasil kreasi mereka yang wajib kamu cicipi adalah pia tape. Seperti pia pada umumnya, kudapan ini memiliki tekstur sedikit keras dan renyah pada bagian kulitnya dengan isian yang lembut.

Pia tape dengan varian rasa keju, cokelat, pisang, stroberi, dan blueberry sangat cocok untuk dijadikan bekal saat menjelajah tempat-tempat wisata di Jember karena kemasannya simpel dan mudah dibawa. Kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh karena pia tape bisa bertahan selama beberapa hari.

6. Brownies Tape

Brownies lebih dikenal sebagai makanan ringan dengan rasa cokelat. Namun di Jember, kamu bisa menemukan brownies dengan cita rasa berbeda karena menggunakan bahan dasar tapai singkong. Penggunaan bahan ini tentu saja memberikan sensasi berbeda, yaitu sedikit rasa asam dari tapai.

Kue ini dijual dalam beberapa varian rasa, seperti orisinal, keju, dan cokelat kacang. Kudapan yang merupakan perpaduan makanan modern dengan bahan tradisional ini dijual dengan harga sangat terjangkau, hanya sekitar Rp20.000 per kotak dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

7. Dodol Tape

Masih dari olahan tapai, Jember punya jajanan tradisional lain berupa dodol tape. Rasanya sangat khas dan pasti membuatmu ketagihan. Dengan harga yang sangat ekonomis, yaitu Rp25 ribu–Rp30 ribu per kotak, dodol tape juga cocok dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

8. Jenang Waluh

Waluh dalam bahsa Jawa berarti labu. Jadi, jenang waluh adalah jenang (semacam dodol) yang dibuat dari daging buah labu kuning. Biasanya, jenang waluh disandingkan dengan ketan uli, yaitu ketan yang dimasak dan dicampur kelapa tua. Keduanya menghasilkan perpaduan rasa manis dan gurih yang lezat.

9. Kuliner Jember Nasi Langgi

Saat berkunjung ke Jember, kamu tak perlu pusing soal makanan untuk mengisi perut. Kuliner Jember nasi langgi dijamin cocok dengan lidah semua orang. Nasi langgi ini sebenarnya merupakan makanan khas yang bisa dijumpai di beberapa daerah, tetapi setiap tempat memiliki kekhasannya sendiri.

Satu porsi nasi langgi khas Jember berisi nasi, daging sapi bumbu bali, sambal goreng tempe, sambal goreng kentang, telur asin, abon sapi, mentimun, petis, dan sambal. Dengan lauk yang begitu lengkap, nasi langgi hanya dibanderol seharga Rp20 ribu. Murah, bukan?

10. Kuliner Jember Lontong Kupang

Selain di Surabaya, lontong kupang juga menjadi makanan khas yang cukup populer di Jember. Rasa lontong di kedua kota ini juga tidak berbeda karena sama-sama dibuat dari kupang (semacam kerang berukuran kecil) yang disajikan bersama lontong dan bumbu khas yang lezat.

Untuk menikmati lontong kupang di Jember, ada banyak tempat yang bisa kamu datangi. Namun, ada satu tempat yang paling dikenal memiliki lontong kupang paling lezat, yaitu di sebuah gang kecil di depan Matahari Department Store.

11. Kuliner Jember Wader Goreng Ambulu

Kamu penyuka ikan tentu tak mau melewatkan kesempatan mencicipi sajian khas Jember yang satu ini. Untuk berburu ikan wader goreng yang nikmat, kamu bisa pergi ke Kecamatan Ambulu. Kamu akan dengan mudah menemukan menu wader goreng di warung-warung makan yang bertebaran di sana.

Wader goreng biasanya disajikan dalam cobek, lengkap dengan sambal terasi serta sayuran matang maupun lalapan mentah. Dimakan dengan nasi putih yang masih mengepulkan asap, kuliner Jember yang satu ini dijamin membuatmu ketagihan.

12. Kuliner Jember Lalapan Sajiku

Kamu pecinta makanan pedas jangan sampai tidak mencicipi lalapan sajiku saat berkunjung ke Jember. Ciri khas menu ini terletak pada sambalnya yang ekstra pedas. Disajikan bersama ayam, lele, atau bebek goreng berbumbu khas Jember plus nasi hangat dan es teh, hidangan ini dijamin memuaskan lidah.

13. Resto Legian

Jika kamu mencari tempat menikmati seafood yang dijamin enak di Jember, Resto Legian adalah jawabannya. Di restoran yang bangunannya memiliki desain modern ini, tersedia berbagai jenis kuliner serba seafood favoritmu untuk santapan makan siang atau malam.

Lokasi restoran ini sangat strategis dan mudah dijangkau, tepatnya di Jl. Gajah Mada No. 234 Jember. Kamu yang kurang menyukai seafood pun tak perlu khawatir karena restoran ini juga menyediakan menu lain, seperti ayam dan gurame goreng, iga bakar, dan capcai.

14. Kuliner Jember Sate CR

Sate CR merupakan salah satu kuliner favorit masyarakat Jember. Dari segi tampilan, sate CR tidak terlihat berbeda, berupa tusukan daging ayam dan kambing yang dibakar, kemudian disiram bumbu kacang. Yang membuat kuliner Jember ini berbeda adalah campuran bumbu dalam saus kacangnya.

15. Kuliner Jember Sate Kambing Pak Toha

Alternatif lain untuk menikmati sate di Jember adalah warung sate Pak Toha yang terletak di Jalan Brawijaya. Tak hanya sate, pemilik warung juga menyediakan banyak menu pilihan lain, di antaranya gulai kambing, sup kambing, bahkan olahan kepala kambing.

16. Kuliner Jember Bebek Goreng Haji Slamet

Keistimewaan kuliner yang satu ini adalah bumbunya sangat meresap dan tidak tercium bau khas yang biasanya ada pada daging bebek. Tekstur dagingnya pun terasa lembut sehingga tidak sulit dikunyah. Dimakan bersama sambal korek yang super pedas, bebek goreng Haji Slamet makin tak terlupakan.

17. Ayam Panggang Sari Jaya

Jika ingin merasakan ayam panggang yang istimewa di Jember, datanglah ke Jalan Raya Sultan Agung No. 124. Di rumah makan yang dahulu bernama Cheong On ini, lidahmu akan dimanjakan lezatnya daging ayam yang dibakar atau dipanggang dengan bumbu kecap yang menggugah selera.

18. Kuliner Jember Soto Dahlok

Tempat wisata kuliner Jember yang legendaris lainnya adalah Soto Dahlok. Kedai soto ini sudah berdiri sejak tahun 1958 dan tetap populer hingga saat ini. Dahlok adalah nama apotek yang letaknya berada di depan kedai soto. Meskipun kini apotek tersebut sudah tutup, nama Dahlok tetap melekat.

Berlokasi di Jalan Fatahillah No. 1 Jember, kedai soto ini menawarkan tiga jenis soto yang siap menggoyang lidah, yaitu soto biasa, soto istimewa, dan soto jeroan. Hanya dengan membayar Rp10 ribu, kamu sudah bisa mengamankan perut dengan semangkuk soto hangat yang lezat.

19. Tahu Hwa

Di kota lain, tahu hwa ini sering disebut juga dengan kembang tahu. Tahu hwa dibuat dari ampas tahu yang disiram dengan kuah jahe. Rasanya sedikit pahit, tetapi akan ternetralisasi oleh kuah jahe yang hangat dan sedikit pedas. Biasanya, tahu hwa dijajakan berkeliling menggunakan sepeda motor.

20. Bakso Kabut

Jika ingin merasakan bakso dengan tampilan dan rasa yang unik, kamu harus mencoba bakso kabut di Jalan Rasamala, Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember. Apa keistimewaan bakso kabut? Kalau biasanya telur terletak di dalam bakso, bakso kabut justru memiliki lapisan telur di bagian luar.

21. Martabak Malabar

Martabak telur mungkin memang bisa dijumpai di banyak kota. Namun, kuliner Jember berupa martabak malabar punya ciri khas dan kelezatan sendiri yang berasal dari isinya, yaitu daging kambing yang dibumbui dengan rempah khas sehingga tidak terasa amis dan sangat empuk.

Selain isinya yang gurih lezat, martabak malabar Jember memiliki kulit yang tipis. Dari beberapa tempat yang menyediakan kudapan ini, kamu bisa datang ke salah satunya, yang terkenal sebagai penjual martabak malabar paling enak, yaitu di Jalan Trunojoyo.

22. Roti Bakar Tjiliwoeng

Ada banyak tempat di Jember yang bisa didatangi untuk menghabiskan waktu dengan bersantai. Salah satunya adalah kedai roti bakar Tjiliwoeng yang terletak di Jl. Ciliwung No. 11. Aneka varian roti seperti double cheese, double berry, tuna mayo, green tea, dan Kitkat bisa dipesan dengan harga sangat ramah.

23. Tape Bakar

Meski merupakan jajanan khas Bondowoso, karena letaknya berdekatan, tape bakar juga dikenal sebagai kuliner Jember. Tape bakar dibuat dari tapai singkong yang dibuang bagian tengahnya, kemudian diisi gula merah, cokelat, atau selai, lalu dibalut daun pisang dan dibakar.

24. Cake Edamame

Di Jember, ada olahan edamame (sejenis kacang kedelai khas Jepang) berupa cake yang sangat populer. Cake edamame bisa kamu dapatkan di toko kue yang ada di Jalan Trunojoyo Gang V. Dengan warna dasar hijau, cake ini dibuat dalam varian rasa keju, almon, kismis, dan cokelat yang semuanya lezat.

25. Rujak Cingur

Rujak cingur yang dikenal sebagai kuliner khas Jawa Timur juga tentunya banyak dijumpai di Jember. Makanan berbahan dasar cingur atau mulut dan hidung sapi ini membuat penasaran sebagian orangakan rasanya. Jadi, jika kamu datang ke Jember, jangan lupa mencicipi rujak cingur.

26. Martabak dan Terang Bulan King

Saat berada di Jember, jangan lewatkan untuk mencicipi martabak dan terang bulan King yang dinobatkan sebagai martabak terenak di kota ini. Berlokasi di Jl. Karimata No. 50, di samping Hotel
Royal, martabak King menawarkan beraneka jenis rasa dan topping yang semuanya menggoda.

27. Angkringan Joglo 130

Di Jember, kamu juga bisa menemukan kuliner khas Yogyakarta yang biasa dijajakan menggunakan angkringan, tepatnya di Jalan Letjen Pandjaitan No. 130 Sumbersari, Jember. Mulai pukul dua belas siang hingga sebelas malam, kamu bisa menikmati berbagai sajian ringan maupun berat di Angkringan Joglo 130.

Seperti angkringan lainnya, di tempat ini tersedia berbagai menu khas, seperti nasi kucing, tempe dan tahu bacem, ketan bubuk, telur puyuh, dan gorengan. Tak lupa, disediakan juga aneka minuman hangat, seperti bir jawa, teh nasgitel, kopi susu, dan wedang angjo yang merupakan kuliner Jember asli.

28. Ice Cream Domino

Cuaca panas Jember pasti membuatmu ingin menikmati hidangan yang serba segar. Di Jember, ada pilihan menarik untuk menikmati es krim, yaitu Depot Ice Cream Domino yang berlokasi di Jalan Trunojoyo No. 40.

Depot es krim yang buka dari pukul lima sore hingga sembilan malam ini sudah berusia 50 tahun dan menjadi tempat kuliner legendaris di Jember. Kamu bisa puas menikmati es krim yang tersedia hingga 40 jenis rasa, di antaranya cokelat, stroberi, vanila, mocca, dan rainbow.

29. Mie Rama

Para pecinta mi juga bisa memuaskan selera dengan berwisata kuliner ke restoran Mie Rama. Buka mulai sore hingga malam hari, kamu tidak hanya disuguhi sajian nikmat seperti mi pangsit ayam, pangsit kuah, bakwan, dan yong tahu, tetapi juga suasana tempo dulu yang tidak dijumpai di tempat lain.

30. Wedang Cor

Tak hanya makanan, Jember juga punya minuman khas tradisional yang layak dicoba, yaitu wedang cor. Minuman ini dibuat dari campuran susu kental manis, tapai singkong atau tapai ketan hitam, jahe, dan air hangat sehingga menghasilkan perpaduan rasa antara asam, manis, dan hangat.

Mengapa minuman ini dinamakan wedang cor? Saat diaduk, bahan-bahan di atas akan menghasilkan warna abu-abu saat diaduk, mirip cor-coran semen. Biasanya, wedang cor dinikmati bersama pisang goreng, tahu isi, dan gorengan lainnya.

Wisata kuliner Jember mungkin memang belum setenar kota-kota lainnya. Namun, ternyata banyak jenis kuliner yang menggoda untuk dicoba, apalagi makanan di Jember rata-rata ditawarkan dengan harga yang sangat ramah, begitu juga dengan aneka jajanan yang bisa dijadikan buah tangan.