Telisik Resep: Suwar-Suwir Khas Jember

Jember dikenal oleh sebagian orang yaitu jajanan khasnya tidak lain adalah suwar-suwir. Suwar-suwir merupakan ikonik yang menjadi ciri khas wong Jember.

Kota ini yang cukup berlimpah atas hasil cocok tanam berupa umbi-umbian seperti singkong yang menjadi bahan dasar pembuatan tape. Dalam perkembangannya, tape dimodifikasi menjadi produk turunan seperti suwar-suwir, prol tape, brownies, pie tape, dll.

Suwar-suwir terbuat dari bahan tape singkong yang dicampur dengan gula, susu, serta cokelat. Campuran bahan-bahan ini menghasilkan olahan suwar-suwir yang memiliki rasa asam-manis dan legit. Kudapan ini memiliki tekstur yang sedikit lebih keras dari dodol namun begitu masuk dalam mulut kita rasa manisnya seperti lumer dan membuat kita ketagihan untuk terus menikmatinya.

Suwar-suwir memiliki bentuk kotak-kotak kecil yang sedikit memanjang. Kudapan yang satu ini memiliki aneka rasa seperti sirsak dan stroberi, pandan, cokelat, dan vanila. Selain itu, untuk menarik daya minat pembeli, kudapan yang satu ini biasanya memiliki warna-warna cerah seperti hijau, putih, cokelat hingga merah.

Konon, suwar suwir telah menjadi oleh-oleh khas Kota Jember sejak zaman Belanda. Sekalipun ukurannya kecil, kudapan ini hingga saat ini sudah identik sebagai ikon oleh-oleh dari kota yang berjuluk kota tape ini.

Suwar-suwir memang cocok menjadi pendamping yang pas untuk bersantai. Sambil ditemani secangkir teh atau kopi, kudapan ini sangat pas dijadikan camilan bersama keluarga atau teman dimanapun dan kapanpun kalian berada.

Yuk simak resep pembuatan suwar-suwir berikut:

Resep Suwar-Suwir khas Jember

Proses pembuatannya dapat dibedakan dalam 4 tahap. Tahap awal adalah tahap pembuatan adonan, tahap kedua adalah pemasakan, tahap ketiga adalah pendinginan, tahap akhir adalah pengemasan.

Bahan Adonan

  • tepung beras 50 gr
  • santan kental 1 gelas
  • tape masak 100 gr
  • tepung ketan 500 gr
  • gula merah 250 gr
  • gula pasir 300 gr
  • 2/3 sendok teh garam
  • susu cair 750 ml

Langkah Pembuatan Suwir-Suwir

  1. Tepung ketan, tepung beras, tape, garam campur jadi satu kemudian sisihkan.
  2. Gula merah, gula pasir dan susu cair dimasak kemudian saring.
  3. Lalu masukkan kedalam campuran tepung ketan, tepung beras, tape dan garam.
  4. Setelah tercampur lalu aduk sampai menyerupai bubur.
  5. Tuangkan santan kental sedikit demi sedikit.
  6. Aduk sampai kental dan mengeluarkan minyak, lalu angkat.
  7. Lalu cetak ke loyang, lalu dinginkan dan dipotong.

Demikianlah proses membuat suwar-suwir khas Jember, semoga bermanfaat dan silahkan dicoba ya Bund !!!