WJ CATERING JEMBER

Pesan Catering Jember Nasi Kotak, Prasmanan, Harian, Pernikahan, Seminar disini aja !!

Pesan Nasi Box ( Nasi Kotak ), Paket Prasmanan, Aneka Kue, Nasi Tumpeng, Menu Pondok (Resepsi Pernikahan), dan Coffee Break Spesial dengan rasa uwenak dan harga yang bersahabat banget buat dulur Jember

Wj catering
jember

Pesan Nasi Box ( Nasi Kotak ), Paket Prasmanan, Aneka Kue, Nasi Tumpeng, Menu Pondok (Resepsi Pernikahan), dan Coffee Break Spesial dengan rasa uwenak dan harga yang bersahabat banget buat dulur Jember

paket catering

Nasi Kotak

Prasmanan

Nasi Tumpeng

Pondok (Gubukan)

Snack Box

Coffee Break

Perlu dicatat bahwasannya menu-menu di atas dapat diganti sesuai dengan selera atau permintaan customer, tentunya dengan melihat pula estimasi dana yang ada.

NASI BOX/KOTAK

  • √ Minimal pesan 30 Kotak / Pesanan
  • √ Free ongkir dengan jarak 10KM
  • √ COD ke rumah wajib janjian dulu

PRASMANAN

  • √ Alat prasmanan sudah kami siapkan
  • √ Free ongkir untuk pemesanan lebih dari 500 
  • √ Free Meja Prasmanan Untuk Pemesanan Lebih Dari 200 Porsi 
  • √ Penjaga Prasmanan 2-4 Orang

PEMBAYARAN

  • √ Tanda Jadi Rp. 1.000.000 Untuk Booking
  • √ Minimal Uang Masuk Sebesar 50% Sebelum Acara
  • √ Pelunasan Selambat-lambatnya H+7 Setelah Acara
  • √ Pemesanan Kurang Dari 200 Porsi Berlaku Harga Normal + Rp.5.000 

Hubungi Kami

Klik Logo WA dibawah, Kemudian tulis Nama: dan Alamat:

Klik Gambar Diatas dan Konsultasikan dengan Admin kami 

Lokasi dapur produksi

Dapur Kami di Jl Basuki Rachmat no 295  ( Depan Pasar Pakem ) Jember, Jawa Timur.

Jember, Indonesia

2020 © WJ CATERING JEMBER

Pilihan Menu

Nasi Kotak

Aneka Pilihan Nasi Kotak ( Nasi Box ) Jember

Prasmanan

Aneka Pilihan Paket Prasmanan Jember

Snack Box

Aneka Pilihan Paket Kue Kering & Basah Jember

Nasi Tumpeng

Aneka Pilihan Nasi Tumpeng Spesial Jember

Gubukan

Aneka Pilihan Menu Pondok (Pernikahan) Jember

Coffee Break

Aneka Pilihan Coffee Break (Rapat, Workshop) Jember

Hubungi Kami

Klik Logo WA dibawah, Kemudian tulis Nama: dan Alamat: 

Klik Gambar Diatas dan Konsultasikan dengan Admin kami 

Dapur Kami

Dapur Kami di Jl Basuki Rachmat no 295 Jember, Jawa Timur.

Baca santai

WJ Catering Jember – Catering termasuk dalam Industri Commercial Catering yaitu maksud dan tujuan dari perusahaannya adalah untuk mendapatkan profit melalui jasa layanan catering yang bertujuan memuaskan kebutuhan konsumen melalui produk (jasa) yang disediakan.

Kepuasan merupakan unsur intangible dari produk catering yang ditawarkan dan kualitas makanan diproduksi serta pelayanannya termasuk unsur tangible. Jasa boga adalah suatu pengelolaan makanan baik yang ditangani perorangan maupun perusahaan yang menyediakan makanan di suatu tempat guna memenuhi berbagai kebutuhan penyedianya didasarkan atas pesanan.

Produk catering yaitu makanan merupakan tolak ukur kepuasan konsumen yang disesuaikan dengan kebiasaan dan pengalaman dari konsumen tersebut yang menikmati produk tersebut.

2 Sifat Catering Yang Wajib Diketahui – WJ Catering Jember

Sebagai suatu usaha yang menyelenggarakan makanan maka ada 2 sifat yang ada pada catering yakni:

1. Catering Bersifat Komersial – WJ Catering Jember

Penyelenggara makanan yang bersifat komersial. Memperoleh keuntungan adalah tujuan utamanya. Usaha jasa boga yang tergolong dalam kategori ini adalah restoran, kantin, kafetaria, warung makan, catering yang melayani untuk pesta, pertemuan-pertemuan, jamuan makan dan pusat jajanan/kuliner.

2. Catering Bersifat Non-Komersial Catering

Penyelenggara makanan yang bersifat non-komersial. Tidak bertujuan untuk mencari keuntungan. Usaha jasa boga yang tergolong pada kategori ini adalah penyelenggara makanan institusi (rumah sakit, asrama, panti asuhan dan lembaga pemasyarakatan).

Dari definisi diatas, catering adalah jenis penyeleggaraan makanan yang tempat memasak makanan berbeda dengan tempat menghidangkan makanan.

Jenis-jenis industri jasa boga (catering) Jember 

1. Private catering jember

Jenis jasa catering satu ini adalah perusahaan catering profesional yang menghasilkan jasa private catering yang mana terdapat pramusaji yang selalu siap untuk memberikan layanan pada sebuah meja makan. Jenis pelayanan ini sendiri mampu meningkatkan service-value dari suatu penyedia jasa catering makanan.

2. Catering prasmanan jember

Catering jenis ini adalah yang paling terkenal di masyarakat. Cara kerja catering prasmanan adalah menyediakan makanan di meja prasmanan dan pihak catering biasanya ada yang turut berada di meja untuk menyajikan makanan, tetapi ada juga pihak catering yang hanya berperan di balik layar yakni hanya mengatur penyediaan makanan dalam sebuah acara saja. Seperti menyiapkan masakan, kemudian mengecek dan juga menambahkan masakan saat sudah habis, sampai dengan membereskan perlengkapan makan.

3. Self service catering jember

Jenis catering satu ini memberikan kesan mewah yang bisa diperoleh dalam pelayanan, tapi juga bisa sekaligus menekan budget yang perlu dikeluarkan. Dalam layanan self service catering, pihak catering hanya akan menyediakan masakan maupun perlengkapan makan untuk pemesan. Selanjutnya pemesan selaku pemilik acara akan menghadirkan dan melayani tamu sendiri.

4. Catering dine-in jember

Pelayanan catering dine-in ini menjadikan Anda bisa merasakan bagaikan restoran ada di rumah. Catering dine-in ini lebih cocok untuk acara yang formal dan mengundang banyak tamu.

5. Catering nasi kotak jember

Jenis catering ini merupakan jenis catering makanan yang saat ini tengah menjadi trend tersendiri di masyarakat. Kemudahan yang diperoleh dari penggunaan ini diantaranya adalah pihak catering tidak perlu menyediakan petugas untuk melayani tamu. Pihak catering hanya bertugas menyiapkan masakan yang disajikan dalam kotak (box). Jenis catering makanan ini sangat cocok untuk digunakan pada acara-acara rapat, seminar, konsumsi kantor bahkan acara aqiqah.

10 Hal untuk mencapai Good-Catering Jember

Seperti banyak profesi, katering membutuhkan kombinasi pelatihan, kerja keras, dan keterampilan yang diasah dengan hati-hati untuk berhasil. Meskipun ada banyak kesamaan dengan menjadi koki, katering menghadapi banyak tantangan tambahan. Caterers harus menangani masalah bisnis seperti akuntansi, pemasaran, dan hubungan pelanggan, di samping kualitas makanan.

Apa yang Membuat Jasa Catering dibilang Baik?

1. Cooking

Pada tingkat paling dasar, katering adalah tentang makanan. Tidak peduli seberapa indah tempat itu didekorasi atau seberapa hati-hati pengaturan tempat diatur, klien tidak akan kembali jika makanannya enak. Anda juga membutuhkan pengalaman memasak yang cukup untuk membuat pengganti resep, merencanakan menu, dan dengan aman menyiapkan, memanaskan ulang, dan mengangkut sejumlah besar makanan.

2. Food Safety

Katering yang baik harus mengetahui dan mematuhi undang-undang keamanan pangan yang paling terkini di negara bagian mereka. The Food and Drug Administration (FDA) bertanggung jawab atas peraturan keamanan pangan di seluruh bangsa, dan FoodSafety.gov memungkinkan Anda untuk menemukan lembaga negara Anda. Pelatihan lebih lanjut dalam bidang ini ditawarkan banyak lembaga kuliner dan perguruan tinggi lokal.

3. Customer Service

Caterers bekerja dengan klien untuk merancang menu. Diperlukan sikap sopan, bijaksana, dan diplomatis, karena Anda mungkin perlu membujuk klien untuk mengganti bahan atau mengganti hidangan. Keterampilan komunikasi dan orang yang baik juga sangat penting untuk membangun repertoar klien dan melayani acara yang sukses. Pelanggan yang puas adalah rekomendasi terbaik, dan dari mulut ke mulut tetap ada beberapa iklan paling efektif di luar sana.

4. Flexibility & Creativity

Resep mungkin perlu disesuaikan untuk mengatasi kebosanan menu, dan metode memasak mungkin harus diubah agar sesuai dengan  preferensi pribadi. Orang yang imajinatif dan mudah beradaptasi akan dapat menang dalam situasi ini, dan menanamkan kepercayaan pada klien mereka dalam proses tersebut.

5. Leadership

Seorang katering harus mengelola staf juru masak, server, pembersih, dan mesin pencuci piring, sambil memastikan tim mereka mengetahui jadwal mereka, pengaturan tempat, melayani peraturan pajak, dan keamanan pangan. Mungkin juga perlu untuk memberikan arahan dan saran kepada pelanggan.

6. Motivation

Caterers harus antusias dan proaktif, untuk mempromosikan diri mereka sendiri dan membawa bisnis. Selama masa sibuk, seorang katering dapat bekerja berjam-jam, tujuh hari seminggu, yang menuntut stamina. Penting juga bagi katering untuk memotivasi karyawan (dan tetap memotivasi diri mereka sendiri) di saat-saat bisnis sedang lambat atau melemah.

7. Financial Planning

Pekerjaan yang berfluktuasi adalah bagian dari pekerjaan. Periode-periode yang sering sibuk, seperti akhir pekan dan hari libur, harus diseimbangkan dengan masa-masa tahun di mana bisnis hanya mengalir masuk. Mampu merencanakan secara finansial dan menghadapi perlambatan sangat penting bagi katering.

8. Business Management

Lebih dari sekadar memasak, layanan katering harus menjadi bisnis yang menguntungkan. Tugas administrasi dalam katering berurusan dengan layanan penetapan harga, akuntansi, pajak, mengelola karyawan, memesan makanan, dan mengatur jadwal dan anggaran.

9. Marketing

Makanan Anda mungkin lezat, tetapi telepon tidak akan berdering kecuali orang tahu tentang Anda. Membuat bisnis Anda diperhatikan adalah penting dan dalam katering, jaringan kontak yang baik sangat penting. Anda harus bekerja sama dengan toko bunga, penyelenggara venue, perencana acara, dan berbagai layanan lain yang diperlukan untuk menarik acara besar, tetapi ini juga berfungsi sebagai jaringan referensi Anda.

10. Attention to detail

Seorang caterer mungkin juga bertanggung jawab atas beberapa dekorasi, pengaturan meja dan presentasi makanan. Menyiapkan, menjalankan dan membersihkan ruang makan semua jatuh di bawah tugas seorang katering. Di sinilah Anda dapat mengesankan klien Anda dan semua tamu mereka yang semuanya adalah klien potensial.

Meluangkan waktu untuk mempelajari bidang katering dan belajar tentang tantangan dan tuntutan khususnya dapat membuat semua perbedaan antara kegagalan dan kesuksesan. Jika Anda suka memasak, berinteraksi dengan orang-orang, dan memiliki bakat untuk pesta, karier sebagai katering mungkin merupakan pilihan yang baik untuk Anda 

Sejarah catering bukanlah topik yang diketahui oleh banyak orang, tetapi siapa sangka bahwa topik ini sangatlah menarik. Jasa memasak ternyata sudah ada pada tahun ke-4 SM, di China. Akan tetapi,  budaya makan bersama sudah ada terlebih dahulu sebelum itu. Pada masa zaman kejayaan Mesir Kuno, jasa catering awalnya hanya bagian dari keramahtamahan yang umum dilakukan oleh banyak orang, dan waktu itu jasa catering masih bersifat gratis.

sejarah catering di dunia

Akhirnya dunia layanan catering di zaman Yunani kuno berkembang dan berlanjut di masa kekaisaran Romawi. Pada masa ini sepanjang jalur militer dan rute perdagangan disediakan jasa catering gratis untuk akomodasi tentara Romawi yang melintas di jalur ini, akhirnya mulai dijual dan dikomersilkan untuk para wisatawan dan para pedagang.

Sejarah Penyebaran Bisnis Catering Dari Abad ke Abad

Selama abad pertengahan di Eropa, bisnis catering mulai lahir kembali, jasa ini ditawarkan di biara-biara untuk para peziarah kristiani yang pergi ke Roma. Pada masa pemerintahan Charlemagne, catering mulai menyebar ke seluruh Eropa. Setelah itu, banyak lahir kaum borjuis, dunia perdagangan lebih berkembang, sistem ekonomi juga berkembang, orang mulai mengenal uang dan akhirnya mengakibatkan bisnis layanan jasa catering semakin populer.

Industri bisnis catering secara luas juga tersebar di Jerman pada abad ke-14 dan abad ke-15. Bisnis ini sudah mulai melibatkan banyak pihak, mulai muncul pihak yang memberikan sertifikasi, sejak saat itu juga dunia mulai banyak muncul peraturan dan undang-undang untuk masalah catering, makanan dan minuman.

Sejarah Perkembangan Bisnis Catering Di Indonesia

Tentunya hingga saat ini, bisnis catering tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari hari. Ketika hendak membuat sebuah acara atau pesta, pastinya kita akan mencari perusahaan penyedia layanan catering, karena memang hal ini sudah berlangsung dari zaman dahulu.

Hal ini menjadi ide yang sangat praktis dan mempermudah dalam melaksanakan acara atau pesta karena tidak perlu repot dan jasa catering sudah menawarkan segala macam kebutuhan dan pelayanan secara prima. Saat ini sudah banyak jasa catering di Indonesia, dan menyediakan berbagai fasilitas dan aneka menu jamuan makanan yang bervariasi dengan sajian-sajian yang menarik dan memiliki cita rasa Nusantara.

Manfaat Adanya Bisnis Catering Bagi Masyarakat

Banyak pebisnis memulai usaha catering dan menyediakan jasanya kepada khalayak umum yang ditawarkan secara umum untuk dijadikan bentuk usaha bisnis. Banyak dicari juru masak dan chef handal yang bisa memasak dan memberikan nilai tambah untuk usahanya tersebut.

Memulai memperluas jaringan hingga masuk ke sebuah kantor dan perusahaan yang membutuhkan jasa catering, hingga saat ini catering sudah mulai menjadi usaha berskala besar. Mulai menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan menambah penghasilan bagi mereka.

Usaha catering meruapakan usaha yang belakangan ini memiliki banyak sekali peminatnya. Kebanyakan orang beranggapan memulai usaha catering adalah hal yang terbaik untuk menyalurkan bakat memasak. 

Alasan lain adalah banyaknya peminat yang dikarenakan usaha ini membutuhkan banyak pekerja. Oleh karena itu, makanan menjadi satu alasan atau kebutuhan pokok masyarakat. 

Kali ini saya akan memberi tips bagi kalian yang ingin sukses berwirausaha dalam bisnis rumahan bermodal kecil.

Tips Sukses Memulai Usaha Catering

Tips Sukses Memulai Usaha Catering
Image by kulina.id

Berikut tips sukses untuk memulai usaha catering

1. Menentukan Jenis Catering Yang Akan Kita Layani

Terdapat 4 jenis catering yang dapat kita pilih untuk memulai. Salah satunya kita harus memikirkan terlebih dahulu manakah yang cocok dengan modal atau keunggulan kita. 

  • Catering khusus kantoran
  • Catering khusus acara besar
  • Catering khusus rumahan 
  • Catering khusus anak sekolahan

2. Mencari Pengalaman Pada Bidang Yang Sama

Dengan cara mulai menjadi karya pada usaha catering yang sudah sejak awal. Dengan demikian, kita dapat memahami bagaimana rantai konsumen berjalan, pengelolaan keuangan berjalan dengan baik. Dengan modal awal pengalaman kita dapat dengan mudah memulai bisnis udaha catering dengan mudah.

3. Menentukan Nama Brand Usaha Catering

Pemilihan brand nama usaha catering memiliki peranan penting. Mengapa demikian? Karena nama brand akan selalu di ingat oleh konsumen. Dengan demikian kita perlu memperhatikan hal ini secara detail agar memudahkan konsumen untuk mengingat. Selain itu, pembuatan nama yang unik akan memikat banyak konsumen.

4. Mencari Suplier Murah Dan Sangat Berkualitas

Memulai usaha ini tidak semudah yang kita bayangkan. Menemukan suplier menjadi tantangan selanjutnya untuk mempermudah pembuatan bisnis catering. Tanpa suplier yang murah pengelolaan keuangan usaha catering kita akan terasa lebih sulit.

Dikarenakan setiap hari kita harus mendapatkan kebutuhan bahan yang harganya sama dengan pasar. Sehingga, kita tidak akan menerima pendapatan atau keuntungan yang lebih besar.

5. Mempersiapkan Modal

Semakin besar modal yang kita berikan, semakin besar keuntungan yang akan kita dapat. Prinsip tersebut harus tetap dipegang teguh oleh seluruh pelaku pembisnis. Karena, modal yang lebih besar akan mendatangkan pendapatan yang lebih banyak jumlah bahan makanan yang berimbas pada jumlah pesanan. 

6. Mempersiapkan Mental Dan Tenaga Dalam Usaha Catering

Seperti pelayanan jasa yang lain, kita harus memiliki mental yang kuat dan tenaga yang lebih besar. Hal ini akan sangat berguna jika sewaktu saat konsumen memberikan feedback negatif atau komplain tentang masakan atau rasa makanan yang kurang enak.

7. Keterampilan Memasak

Jika memang benar-benar ingin usaha dalam bidang ini sebaiknya belajarlah memasak yang lebih unik dan enak. Karena pada umumnya masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan yang terlihat unik, mewah, enak dan murah. 

8. Mempersiapkan Karyawan Dalam Usaha Catering

Kita tidak perlu ragu untuk mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membayar pekerja atau karyawan. Tidak ada usaha yang dapat maju jika dilakukan oleh seorang saja. Perekrutan karyawan dapat kita nilai dari: 

  • Keahlian memasak
  • Dapat mengelola uang dengan baik
  • Sanggup melakukan pengiriman
  • Mempunyai keahlian dalam mempromosikan makanan
  • Memiliki hubungan baik dengan banyak suplier

9. Melakukan Promosi

Kegiatan promosi sangatlah efektif jika dilakukan promosi mulut ke mulut. Namun, kita tentu tidak ingin usaha catering hanya berkutat pada strategi promosi mulut ke mulut. Mulailah untuk memikirkan strategi baru melalui sosial media, website, toko online dan banner. Hal ini menjadi strategi khusus untuk kita menjangkau konsumen yang lebih besar.

10. Memperhatikan Kesegaran Makanan

Ketika usaha catering kita berkembang, ini saatnya kita mulai memikirkan bagaimana cara mengirim makanan pada konsumen dengan kondisi segar dan tidak bau. Salah satu alternatif menggunakan jasa penyewaan mobil box biasa dan reefer.