20 Wisata Jember yang Perlu Kamu Ketahui

Kabupaten Jember dikenal dengan objek wisata pantai yang indah. Namun, selain pantai, Jember juga memiliki banyak destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Objek wisata Jember tersebut meliputi wisata alam, sejarah, maupun edukasi.

Jember juga menawarkan banyak pilihan wisata sesuai waktu yang dimiliki. Kamu yang memiliki banyak waktu bisa datang ke tempat wisata Jember yang dilengkapi sarana penginapan atau camping ground.

Bagi kamu yang hanya singgah sejenak, objek wisata di dalam kota seperti museum bisa menjadi pilihan.

1. Wisata Jember Taman Nasional Meru Betiri

Dengan slogan “Home of Biodiversity”, Taman Nasional Meru Betiri menobatkan diri sebagai salah satu taman nasional yang memiliki kekayaan keanekaragaman hayati, baik tumbuhan maupun satwa.

Taman nasional ini terdiri dari hutan tropis, ekosistem mangrove, hutan rawa, dan hutan hujan dataran rendah. Di tempat ini terdapat tumbuhan langka, seperti bunga raflesia, bakau, api-api, nyamplung, rengas,
bendo, pulai, dan tanaman obat-obatan.

Kamu juga bisa menyaksikan satwa yang dilindungi, seperti harimau jawa, kumbang hitam, bajing terbang ekor merah, kura-kura, ajag, dan beberapa jenis penyu.

Jika hendak pergi ke TN Meru Betiri dari Jember, kamu harus menuju Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo.

Untuk memasuki taman seluas 50 ribu hektare ini, pengunjung hanya diwajibkan membayar tiket masuk seharga Rp5.000,00 pada hari kerja dan Rp7.500,00 saat akhir pekan.

2. Air Terjun Antrokan

Ingin menyegarkan diri dengan bermain air pegunungan yang sejuk? Air terjun Antrokan di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul bisa menjadi alternatif tempat wisata Jember yang menarik. Letaknya tidak terlalu jauh, hanya 1 jam perjalanan dari pusat Kota Jember.

Untuk mencapai lokasi, kamu bisa membawa kendaraan, tetapi harus diparkir di area yang tersedia. Selanjutnya, kamu harus berjalan selama 30 menit melewati jalan setapak berbatu. Setelah membayar tiket sebesar Rp5.000,00, kamu pun bisa sepuasnya menikmati kesegaran air terjun yang mengalir deras.

3. Wisata Jember Air Terjun Sumber Salak

Karena letaknya yang tersembunyi, tidak banyak orang yang tahu keberadaan air terjun ini, bahkan penduduk sekitar pun tidak semua mengetahuinya.

Jadi, pastikan kamu bertanya pada orang yang benar-benar mengetahui persis lokasi air terjun Sumber Salak. Akses menuju air terjun ini memang tidak mudah karena berada di kawasan hutan dengan medan yang cukup berat.

Untungnya, kamu tidak perlu mengeluarkan rupiah sepeser pun untuk masuk ke kawasan air terjun yang terletak di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo ini.

4. Wisata Jember Air Terjun Suko

Berbeda dengan air terjun Sumber Salak, objek wisata Jember yang satu ini sudah dikelola dengan lebih baik dan lebih mudah dijangkau. Akses jalan menuju area air terjun sudah sangat baik dengan pemandangan sepanjang jalan berupa perkebunan kopi.

Air terjun yang memiliki debit air cukup besar ini terletak di lereng Argopuro, tepatnya di Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi. Saking derasnya, suara gemuruh air terjun bisa terdengar dari jarak sekitar 200 meter.

Tidak ada tarif khusus yang ditetapkan untuk masuk ke kawasan air terjun Suko ini. Kamu akan diminta untuk membayar seikhlasnya plus biaya parkir sebesar Rp2.000,00. Pemandangan pertama yang akan kamu lihat adalah bebatuan besar. Selanjutnya, barulah tampak air terjun yang tumpah ruah dari atas.

5. Wisata Jember Air Terjun Mumbulsari

Berlokasi di sebelah tenggara Kota Jember, persisnya di Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari, air terjun ini memiliki dua nama, yaitu Mumbulsari dan Mandigu. Jika berangkat dari pusat Kota Jember, kamu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai di lokasi.

Salah satu faktor yang membuat air terjun Mumbulsari menarik adalah bentuknya yang berundak. Air terjun ini memiliki panjang 30 meter dan airnya sangat jernih. Bagi para pemburu foto, objek wisata Jember ini pasti sangat menyenangkan karena begitu banyak spot yang indah untuk berfoto.

6. Wisata Jember Kebun Teh Gunung Gambir

Tak hanya di Jawa Barat, hamparan kebun teh juga bisa kamu lihat di Jember. Berlokasi di ketinggian 600–1.000 mdpl, kamu bisa menghirup udara segar sambil menyeduh teh di kedai-kedai yang ada di lokasi.

Di sekitar kebun teh juga terdapat beberapa penginapan dengan harga relatif terjangkau. Dengan harga tiket masuk Rp5.000,00 saja, kamu sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di objek wisata kebun teh Gunung Gambir. Di antara fasilitas tersebut adalah jogging track, lapangan
tenis, dan kolam renang.

7. Wisata Jember Museum Huruf

Berkunjung ke museum juga merupakan salah satu cara berwisata yang asyik, terutama bagi kamu yang haus akan pengetahuan mengenai banyak hal. Di Jember, terdapat Museum Huruf yang dibangun di Jalan Bengawan Solo No. 27, Tegal Boto Lor, Kecamatan Sumbersari.

Tujuan utama pendirian museum ini adalah untuk mengangkat dunia literasi dan melestarikan aksara, khususnya aksara nusantara.

Sebagaimana diketahui, Indonesia memiliki beragam bahasa dan aksara. Dari 700 jenis aksara dan bahasa yang diketahui, hanya sekitar 350 saja yang teridentifikasi.

Beberapa koleksi yang dimiliki Museum Huruf adalah benda-benda yang terdapat aksara di atasnya, baik aksara lokal maupun internasional.

Contohnya adalah aksara Paku yang berasal dari Sumeria, Kawi dan
Palawa dari India bagian selatan, Braille dari Perancis, dan Alfabet Romawi dari Yunani.

Tak ketinggalan, museum ini juga sudah tentu dilengkapi perpustakaan yang berisi buku-buku bertema aksara, kebudayaan, dan kesenian.

Museum ini masih tergolong baru karena belum lama diresmikan pada tahun 2017 dengan jam operasional mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 18.00 petang.

8. Wisata Jember Museum Tembakau

Pada musim tertentu, hampir semua areal persawahan di Jember ditanami tembakau, khususnya dari jenis kasturi dan nag oost. Hasil panen kemudian disortir di gudang-gudang penyimpanan, lalu dilakukan serangkaian proses pengolahan hingga tembakau siap diekspor ke berbagai negara, terutama Jerman.

Jika kamu ingin tahu seluk-beluk mengenai tembakau, datanglah ke Museum Tembakau di Jalan Kalimantan No. 1 Sumbersari, Kabupaten Jember. Museum ini bisa dikunjungi mulai pukul 09.00 hingga 23.00 secara gratis.

Museum ini menyimpan berbagai jenis tembakau, seperti kasturi dan nag oost, cacahan tembakau dari berbagai daerah di Indonesia, serta koleksi peralatan yang digunakan dalam proses pengolahan tembakau, seperti mesin pemotong dan pencacah.

Museum ini juga dilengkapi perpustakaan yang berisi literatur mengenai Jember secara umum, tentang tembakau, dan hal lain yang berkaitan. Dinding museum dihiasi aneka lukisan yang berhubungan dengan
tembakau, seperti tarian labako, petani tembakau, dan lainnya.

9. Wisata Jember Situs Duplang

Untuk kamu yang ingin berpetualang ke masa lalu, ada alternatif tempat wisata Jember yang bisa memenuhi keinginan tersebut. Kamu bisa datang ke Situs Duplang yang terdapat di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa.

Di situs yang merupakan peninggalan sejarah dari abad ke-4 Masehi ini, kamu akan menjumpai banyak bangunan dan benda-benda dari masa lalu. Beberapa peninggalan tersebut adalah menhir, kubur batu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. Pemandian Kebon Agung

Di Jalan Arowania, Kebon Agung, Jember, terdapat sebuah sarana rekreasi berupa tempat pemandian. Pemandian Kebon Agung memiliki dua kolam raksasa yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Salah satu kolam berisi air yang berasal dari Watu Remuk dan kolam lainnya berstandar internasional.

11. Wisata Jember Pabrik Kopi Gumitir

Objek wisata Jember yang satu ini merupakan sebuah tempat peristirahatan yang terletak di jalur yang menghubungkan wilayah Jember dan Banyuwangi.

Di jalan yang membelah hutan Gunung Gumitir, tepatnya di Desa Garahan, Kecamatan Silo inilah kamu bisa menemukan Café & Rest Area Gumitir.

Lokasinya yang berada di ketinggian 450 mdpl membuat Café Gumitir memiliki pemandangan alam yang indah. Sambil berisitirahat, kamu bisa menikmati secangkir kopi nikmat di tengah panorama alam yang memukau.

Dari tempat ini, kamu bisa menikmati view yang menarik, seperti hamparan perkebunan kopi, terowongan kereta api, dan pabrik kopi kuno peninggalan Belanda.

Tempat ini makin mengasyikkan karena dilengkapi fasilitas bermain untuk anak, sarana outbond seperti flying fox, dan area perkemahan. Kamu juga bisa berkeliling perkebunan kopi robusta yang dikelola PTPN XII dengan menaiki kereta kelinci yang ditarik jeep.

Selama perjalanan, pengunjung akan melalui terowongan kuno yang hingga kini masih digunakan. Dengan panjang 690 meter, terowongan kereta ini merupakan yang terpanjang di Indonesia.

12. Wisata Jember Taman Botani

Salah satu tempat wisata yang menjadi andalan warga Jember adalah Taman Botani Jember. Fasilitas berupa taman, kolam, dan perpustakaan membuat taman yang berlokasi di Jl. Mujahir, Sukorambi ini banyak dikunjungi warga yang ingin menghabiskan waktu dengan aktivitas seru dan mengasyikkan.

13. Wisata Jember Wana Wisata Simbat

Keberadaan spot foto yang instagenic tampaknya kini menjadi salah satu syarat penting agar sebuah tempat wisata bisa menarik lebih banyak pengunjung, terutama dari kalangan muda.

Pengelola objek wisata Jember Wana Wisata Simbat tampaknya sangat menyadari hal tersebut. Selain menyajikan panorama alam yang asri, Wahana Wisata Simbat dilengkapi dengan banyak spot foto menarik sehingga bisa memenuhi hasrat narsistik para wisatawan yang datang.

Ada taman bunga, spot foto bernuansa alam dan lainnya, serta fasilitas flying fox.

14. Masjid Roudhotul Muchlisin

Dari waktu ke waktu, wisata religi menjadi salah satu alternatif wisata yang menarik. Jember memiliki salah satu ikon wisata religi berupa Masjid Roudhotul Muchlisin yang berdiri di Jalan Gadjah Mada No. 180 Kaliwates Kidul, Kecamatan Kaliwates.

Setelah mengalami renovasi, tampilan masjid makin tampak megah dan anggun dengan arsitektur bangunan bernuansa futuristik. Masjid ini didominasi warna kuning dan jingga dengan ornamen berwarna mencolok lainnya.

Daya tarik lain masjid ini adalah pilar-pilarnya berhias ornamen dengan nuansa Turki. Keberadaan air mancur serta lampu berwarna-warni di halaman masjid makin menambah semaraknya suasana masjid, terutama pada malam hari.

15. Wisata Jember Puncak S89

Bagi kamu yang penasaran seperti apa lanskap Kota Jember yang keren jika dilihat dari ketinggian, Puncak S89 adalah tempat yang tepat untuk didatangi.

Dari tempat ini, kamu akan bisa menikmati pemandangan Kota Jember di satu sisi serta Gunung Argopuro dan Gunung Raung di sisi lainnya. Untuk mendapatkan view terbaik, datanglah saat pagi atau sore hari.

Pada waktu-waktu tersebut, bukan saja pemandangan indah, kamu juga akan mendapatkan bonus momen terbit dan terbenamnya matahari yang syahdu dan membuat lidah tak berhenti berdecak kagum.

16. Wisata Jember Puncak SJ88

Selain Puncak S89, spot lain yang bisa kamu kunjungi untuk menatap Kota Jember dari ketinggian adalah SJ88 di Sucopangepok, Jelbuk. Di objek wisata Jember ini, terdapat bebatuan tinggi menjulang yang menjadi titik favorit para pengunjung untuk memandangi Kota Jember dan “menyentuh” kolong langit.

Bagi kamu yang hobi mengambil gambar, tersedia juga pohon dengan papan titian yang sangat keren untuk dijadikan spot berswafoto atau bergaya bersama teman-teman dan keluarga. Tempat ini memang
sangat tepat untuk mengabadikan momen liburanmu di Kota Jember.

17. Jember Fashion Carnaval (JFC)

Karnaval budaya dan fesyen yang bertajuk Jember Fashion Carnival merupakan salah satu ikon wisata Jember yang menjadi andalan kota ini. Diadakan sejak tahun 2001, kegiatan yang merupakan ajang kreativitas para desainer pemula maupun profesional tersebut kini telah mendunia.

Bermula dari acara karnaval keluarga, JFC kemudian menjadi agenda rutin tahunan yang diadakan oleh pemerintah setempat. Acara besar ini mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara dengan jumlah pengunjung mencapai ratusan ribu orang.

18. Wisata Jember Loko Lori

Menikmati destinasi wisata unik di Jember bisa kamu lakukan dengan berkunjung ke Loko Lori yang terletak sekitar 35 km arah barat Kota Jember.

Loko lori ini pertama kali digunakan Pabrik Gula Semboro yang didirikan oleh Handeles Vereniging Amsterdam dengan luas lahan tebu sebesar 2.103 hektare.

Loko lori digunakan untuk mengangkut tebu dari kebun menuju pabrik dengan jarak yang cukup jauh. Kini, bekas pabrik gula dan loko lori yang bersejarah tersebut menjadi objek wisata Jember yang sangat menarik. Pengunjung bisa menaiki lori kuno ini dan menempuh perjalanan sejauh 45 km.

Sepanjang perjalanan yang memakan waktu 3 jam tersebut, kamu akan disuguhi pemandangan berupa perkebunan jeruk, tebu, rambutan, dan salak. Selain itu, ada juga tarian yang dipersembahkan sepanjang perjalanan.

19. Puncak Rembangan Jember

Puncak Rembangan adalah destinasi wisata yang paling tepat bagi kamu yang menginginkan paket wisata lengkap. Wisata alam pegunungan, agrowisata, kuliner, dan rekreasi keluarga, semua ada di tempat wisata yang terdapat di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa dengan ketinggian 650 mdpl.

Apa saja yang bisa kamu nikmati di sini? Seperti layaknya kawasan pegunungan, Puncak Rembangan menawarkan pemandangan perkebunan yang serba hijau dan udara sejuk, dengan suhu berikisar 18–25 derajat Celsius.

Tempat ini juga menyediakan pemandian alami yang sangat bersih.
Puncak Rembangan juga memiliki kebun buah naga dan kebun bunga. Tentu saja, kawasan ini juga dilengkapi hotel dan penginapan. Tersedia juga fasilitas berupa kolam renang dan tempat bermain anak-anak.

Setelah puas bermain, kamu dan keluarga bisa menikmati aneka sajian kuliner.

20. Wisata Jember Kafe Kolong

Bagaimana rasanya menikmati kopi di kolong jembatan? Jember punya jawabannya. Di kolong jembatan Mastrip yang terletak di Jalan Mastrip, terdapat sebuah kafe yang fenomenal karena menyediakan tempat nongkrong dan ngopi yang tidak biasa.

Kafe ini mengambil tempat di sebuah kolong jembatan. Namun, jangan membayangkan suasana yang kumuh, ya. Kafe ini sudah ditata sedemikian sehingga bebas dari bau dan debu. Kamu bisa menyambangi kafe ini mulai pukul 18.00 hingga pukul 01.00 dini hari. Tertarik?

Berpetualang seorang diri maupun berlibur bersama keluarga maupun sendiri di Jember ternyata bisa sangat menyenangkan. Semoga informasi singkat tentang alternatif objek wisata Jember di atas bisa
membantumu mengatur perjalanan liburan di kota ini.