9 Tips Mencari Kost di Kota Jember

Telah dapat dipastikan tiap tahun ada puluhan ribu mahasiswa/mahasiswi baru di berbagai kampus di Jember. Sebagian dari mahasiswa/mahasiswi baru tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu ribuan mahasiswa/mahasiswi baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia tersebut, pasti perlu sewa kost di Jember.

Sebagian dari ribuan mahasiswa/mahasiswi baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia tersebut, bukan berasal dari keluarga yang kaya. Sehingga kiriman dana dari orang tua mereka sangat terbatas.

Dana yang terbatas ini masih harus dibagi-bagi untuk biaya kuliah, biaya makan, biaya beli buku, biaya sewa kost di Jember, dan biaya berbagai keperluan lainnya. Oleh karena itu mereka harus dapat mengatur keuangan agar tidak habis sebelum kiriman uang berikutnya datang.

Salah satu hal yang paling pokok dalam kehidupan selain sandang dan pangan adalah papan alias tempat tinggal, apalagi orang-orang perantau yang jauh dari tempat kelahiran mereka karena satu dan berbagai alasan.

Nah, urusan memilih tempat untuk kita tinggali sebagai perantau di daerah yang bukan “daerah kekuasaan” adalah bukan perkara gampang, gampang-gampang susah kalo menurut ane, apalagi kalo statusnya masih standing mahasiswa/pelajar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Kalo salah dalam memilih tempat tinggal resikonya adalah harus pindah-pindah tempat tinggal dan rugi uang sewa. Berikut ane kasih tips untuk memilih tempat tinggal/kost bagi pelajar/mahasiswa, sejauh pengalaman ane sebagai anak rantau yang telah lebih dari 7 tahun.

1. Air

Air adalah kebutuhan primer yang harus ada ketika agan/aganwati dalam memilih kost/tempat tinggal. Sebaiknya tanyakan kepada pemilik kost bagaimana kondisi air di tempat itu? Lancar ga airnya? Seberapa bersih? Sebaiknya periksa sendiri bagaimana kondisi warna dan bau airnya , agar tidak kecewa di kemudian hari.

Air pula berhubungan dengan MCK, lihatlah sendiri bagaimana kondisi kamar mandi dan kakusnya, apakah berada di dalam kamar atau diluar kamar sebagai kamar mandi umum?

FYI, kost-kosan yang kamar mandi di dalam harga sewanya biasa lebih mahal. Buat aganwati ane saranin lebih baik yang kamar mandi yang berada di dalam, demi keamanan dan kenyamanan. Oh iya, tanyakan pula kepada pemilik kost, apakah pembayarana air terpisah atau termasuk biaya sewa kost?

2. Listrik

Listrik pula termasuk kebutuhan primer dalam memilih kost. Tanyakanlah kepada pemilik kost, pembayaran listrik termasuk biaya sewa atau terpisah? Berapa watt listrik yang disewakan? Jika pembayaran listrik terpisah agan/aganwati biasanya bebas membawa alat elektronik apa aja, menyesuaikan kemampuan masing-masing.

Namun jika termasuk ke dalam biaya sewa biasanya alat elektronik akan dibatasi, tanyakanlah apa-apa saja alat elektronik yang boleh dibawa. Jangan lupa, di dalam kamar kost minimal ada satu cease kontak dan stiker listrik. Kalo ga ada mending cari tempat lain Gan, itu kosan belum jadi. Hehehehe.

3. Biaya

Ini pula penting, jangan malu tanyakan berapa biaya sewa kost? Sewanya perbulan atau pertahun? Kalo pemilik bilang sewanya perhari lihat lagi tempatnya mungkin saja itu lho, hiiihihiihi. Semakin bagus dan banyak fasilitas, biasanya semakin tinggi biaya sewa.

Kalo gak mau ribet, apalagi orang rantau jauh, mending cari kost yang telah menyediakan fasiltas kasur, lemari dan meja. Tapi kalo carinya yang murah cari aja yang kosongan yang hanya difasiltasi air dan listrik. Tanyakan pula kalo perbulan paling lambat pembayaran tanggal berapa?

4. Keamanan

Ini pula gak dapat dianggap remeh. Kalo kosan murah banyak fasilitas tapi gak aman ini akan merugikan kita. Tanyakan kepada pemilik kost apakah keamanan terjamin? Dan kepada warga sekitar, bagaimana kondisi kost tersebut?

Apakah sering terjadi kehilangan? Jika sering terjadi kehilangan agan mesti waspada. Atau lebih baik cari tempat lain. Karena kalo gak aman dapat bikin kita was-was dan bikin tidur jadi tak tenang.

5. Jarak

Semakin dekat jarak kost dengan kampus tentu akan memudahkan kita, karena ongkos perjalanan akan terpotong dengan sendirinya. Tapi tidak semua kost yang jaraknya dekat dengan kampus itu nyaman. Ada kost yang dekat dengan kampus dan sewanya murah, namun sering terjadi kemalingan.

Sebaiknya cari kost yang jaraknya tidak terlalu dekat, namun masih mampu ditempuh dengan jalan kaki atau maksimal satu kali naik kendaraan umum. Ada pula yang dekat dan aman, namun biaya sewanya tinggi, sebaiknya menyesuaikan kemampuan keuangan masing-masing.

Kost daerah kaliurang itu kalo menurut ane itu harus aman, nyaman, ga terlalu jauh dari kampus, akses ke jalan raya gampang, dekat dengan minimarket, banyak tempat warung makan dan murah. Tapi untuk dapat kesemua itu memerlukan hoki yang tinggi. Hehehe.

6. Tempat Parkir

Coba lihat deh, di kost itu apakah disediakan tempat parkir? Jika tidak maka biasanya kendaraan agan harus dimasukin ke kamar masing-masing. Jika disediakan, sebaiknya kendaraan tetap harus dikunci ganda. Demi keamanan.

7. Jam Malam

Jangan lupa tanyakan kepada pemilik kost, apakah ada batasan jam pulang malam? Kalo ada sebaiknya jangan terlalu sering pulang malam, pemilik dapat sebel tuh ke agan. Kalo ga ada, ya get pleasure from ajalah…

8. Warung Makan

Biasanya kalo di daerah yang memang banyak kos-kosan, makan di situ pula akan bertebaran warung makan. Warung makan itu penting karena rata-rata pemilik kost tidak menyediakan makan bagi penghuni kost, mereka gak peduli. Saran ane, carilah warung makan yang harga mahasiswa, namun kebersihan tetap harus diperhatikan.

9. Terakhir

Untuk mencari kost yang nyaman, sebaiknya tanyakan kepada temen-temen agan, siapa tahu ada yang ngasih rekomendasi. Kalo orang rantau coba cari data dari temen sedaerah, biasanya pemda menyediakan asrama primordial, setau ane asrama primordial dari pemda itu harganya lebih miring.

Cukup sudah, 9 tips di atas tadi mungkin bisa membantu kalian semua dalam memilih atau mencari kost-kostan buat mahasiswa/mahasiswi Jember .