5 Rekomendasi TK di Jember yang Memiliki Penilaian Bagus

Mendaftarkan anak sekolah taman kanak-kanak (TK) atau yang disebuk taman nak-kanak dapat jadi solusi bu-ibu untuk mengajarkan pendidikan formal kepada anak sejak dini. Mereka dapat belajar membaca, menulis, berhitung, belajar agama, cinta tanah air, hingga belajar bersosialisasi dengan teman-teman sebaya.

Buat ibu-ibu, tak perlu khawatir memasukkan anak ke sekolah TK. Anak bersekolah TK punya manfaat tersendiri dan penting untuk ke depannya.

Nah, untuk Ibu yang masih bingung mau sekolahkan anak di TK mana, berikut WongJember merangkum 5 rekomendasi TK dengan penilaian bagus di daerah Jember. Penilaian ini diambil berdasarkan rating/peringkat yang diberikan pembaca Google, dan orang-orang yang telah pernah berkecimpung langsung dengan TK tersebut. Berikut daftar Sekolah TK khususnya yang ada di sekitaran Jember.

1. TK Al-Furqan Jember

1.-TK-al-furqon jember

Alamat: Jl. WR Supratman II No.20, Kauman, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131

TK Al Furqan Jember adalah sekolah yang menyenangkan dan mengesankan dengan memberikan pendampingan yang tepat untuk anak sesuai tumbuh kembangnya. TK Al-Furqan Jember menggunakan metode sentra yang mengutamakan tumbuh kembang dan pendampingan individu.

Sejarah

Nama “Al-Furqan” diberikan oleh almarhum Perdana menteri Pertama RI Bapak Muhammad Natsir,ketika ia mengunjungi kota Jember. Pendiri sekaligus Ketua Yayasan Pendidikan dan Dakwah Al-Furqan adalah Alm. Bapak Abubakar Ahmad Baktir yang merupakan ayahanda dari  Dr. M.Cholid Baktir.

Berawal dari dua rumah sumbangan Ibu Ning Bob Said yang kemudian menjadi sebuah mushalla di tahun 1970. Di tempat itu Ibu Nafisah dan Ibu Nadiroh mengajar tujuh siswa. Semua kegiatan di tempat ini kemudian menjadi Taman Kanak-Kanak. Dua tahun setelah itu, sebuah sekolah dasar dibangun, dengan nama Sekolah Dasar Al-Furqan dengan jumlah murid 13 anak dan sebagai  Kepala Sekolahnya  Alm. Dra.Aisyah Salim. Unit Pendidikan di Yayasan Al-Furqan terus berkembang dengan didirikannya SMP Al-Furqan, SMK Al-Furqan, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak,  Madrasah Diniyah dan Klinik Al-Furqan.

Alhamdulillah, Saat ini Al-Furqan telah memiliki banyak prestasi akademik maupun non akademik baik tingkat nasional maupun internasional, dengan tetap memprioritaskan pada nilai-nilai keimanan, syariat Islam dan akhlak mulia. Mudah-mudahan Al-Furqan dapat terus memberikan lebih banyak manfaat bagi ummat dan bangsa.

Visi

Terwujudnya Generasi Qur ani

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran Al – Qur’an yang berkualitas secara menyeluruh.
  2. Menyelenggarakan layanan pendidikan berkarakter.
  3. Memfasilitasi layanan kesehatan dan tumbuh kembang anak usia dini

2. TK Al Amien

TK-al-amien-jember

Alamat: Jl. Wijaya Kusuma No.1, Pagah, Jemberlor, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68118

Taman kanak-kanak Al-Amien didirikan di atas tanah 1294 m2 dan memiliki luas bangunan 381,5 m2 yang terletak pada lintasan Kabupaten/Kota tepatnya di Wilayah Kusuma No. 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Memiliki 32 ruangan terdiri dari 10 kelas, 1 ruangan untuk kantor, 1 ruangan untuk Lab. Komputer, 1 ruangan perpustakaan, 1 ruangan UKS, 1 ruangan untuk kantin, 14 ruangan kamar mandi, 1 ruangan untuk gudang, 1 ruangan untuk Gugus dan 1 ruangan untuk aula. Disamping itu juga didukung alat permainan edukatif baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Sejarah berdirinya

Dalam data sekunder melalui dokumentasi diperoleh sejarah berdirinya Taman Kanak-kanak Al-Amien yaitu Taman Kanak-kanak Al-Amien didirikan pada tanggal 16 Juli 1986 yang beralamatkan di Jalan Wijaya Kusuma No. 1 Kelurahan Jember Lor Kecamatan Patrang. TK Al-Amien didirikan oleh KH. Shodiq Machmud SH. Pada saat itu menjabat Ketua Ta’mir Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember.

Awal berdirinya TK. Al-Amien dipimpin oleh seorang Kepada TK. Yaitu Ibu Dra. Hj. Tini Istifadah dengan 2 orang guru yaitu Siti Munawaroh dan Umi Zahroh, 1 TU yaitu Siti Hanifah dengan jumlah murid 80 anak. Taman Kanak-kanak Al-Amien didirikan karena Pengurus Ta’mir Al-Baitul Amien menginginkan adanya Lembaga Pendidikan Islam di Lingkungan Masjid Baitul Amien seperti di dalam misi dan visi yaitu untuk mengembangkan pembelajaran berbasis keimanan dan ketaqwaan serta menjunjung nilai-nilai budaya masyarakat.

Dalam perkembangan di setiap tahunnya TK. Al-Amien mengalami peningkatan dalam jumlah muridnya. dan pada tahun ajaran 2019-2020 ini TK. Al – Amien memiliki 10 kelas dengan jumlah guru serta karyawan sebanyak 25 orang dan siswa dengan jumlah 283 anak.

VISI

Mewujudkan Anak Yang Berakhlaq Mulia Dan Berprestasi Optimal

MISI

  1. Berdakwah Melalui Pendidikan
  2. Membantu Orang Tua Mewujudkan Anak yang Sholeh
  3. Mengoptimalkan Seluruh Potensi yang Dimiliki Anak

 

3. TK Pertiwi

TK-Pertiwi-jember

Alamat: Jl. WR Supratman No.6, Kauman, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131

TK Pertiwi merupakan salah satu TK yang ada di Kabupaten Jember. TK ini melayani pengajaran jenjang pendidikan anak usia dini dengan kurikulum yang berstandar. Adapun pelajaran yang diberikan yaitu pendidikan agama, behitung, membaca, menulis, seni, bahasa inggris, hingga bersosialisasi. Pengajaran dimulai dari pagi hingga siang dengan selingan waktu bermain dan istirahan bagi anak.

VISI

Terwujudnya anak yang aktif, kreatif, mandiri dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan secara merata dan berkualitas .
  2. Mewujudkan generasi penerus yang mandiri dan siap ke jenjang pendidikan selanjutnya sesuai dengan tahapan perkembangannya.
  3. Memberikaan pengetahuan dasar berlandaskan IPTEK dan IMTAQ.

4. TK ABA 1 Kaliwates

Alamat: JL. KH Agus Salim, Kaliwates, Gg Serang 32-A Tegal Besar, 68132, Tegal Besar Kulon, Tegal Besar, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131

VISI

Terbentuknya tunas insan pembelajar yang bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, cakap, kreatif dan peduli

MISI

  1. Menumbuhkan semangat cinta belajar pada anak.
  2. Menanamkan nilai-nilai keimanan dan akhlak mulia.
  3. Membiasakan anak beribadah sesuai manhaj tarjih Muhammadiyah.
  4. Mendidik anak secara optimal sesuai dengan perkembangannya dengan mengembangkan kemandirian, kecakapan dan kreativitas.
  5. Membiasakan anak untuk bersikap peduli terhadap sesama dan lingkungan

5. Pelita Hati School

pelita-hati-school-jember

Alamat: Jl. Karimata No.66, Gumuk Kerang, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68124.

Didirikan pada tahun 2006, Pelita Hati School telah berkembang menjadi lingkungan yang profesional dan berdedikasi untuk mempersiapkan anak-anak kita untuk masa depan yang cerah.

Di sini, di Pelita Hati, kami merangkul perbedaan satu sama lain dan mendorong siswa untuk menghormati dan terbuka terhadap keunikan setiap orang.

Jangkar itu adalah keyakinan kuat bahwa selain pikiran, tubuh dan roh, ada juga kebutuhan untuk memperkaya jiwa, yang menyentuh hati dan memberi karakter pada makhluk. Setiap segi pendidikan kita mengembangkan keterbukaan, rasa hormat, sopan, dan kasih sayang

Para siswa kami menghabiskan tahun-tahun sekolah yang memuaskan dan bermakna bersama kami karena mereka ditempatkan di lingkungan pengasuhan yang dibentuk oleh komunitas staf yang penuh perhatian dan ramah.
Semangat mereka untuk mengajar dan cinta dan komitmen mereka kepada siswa kami telah menghasilkan kerja sama yang kuat antara guru dan staf dan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inspirasional bagi siswa kami.

Setiap anggota staf sangat berkualifikasi dan secara teratur menghadiri kursus dan pelatihan untuk memajukan pengetahuan mereka sendiri dalam pendidikan dan tumbuh dengan kebutuhan siswa di masyarakat saat ini serta di masa depan. Mereka reflektif, fleksibel dan terbuka untuk interaksi yang solid dan positif dengan siswa kami dan satu sama lain.

Di sekolah Pelita Hati kami memasang cinta untuk belajar dan kami membuka mata anak-anak kami ke dunia saat ini.

VISI

Memperlengkapi para pemimpin masa depan dengan sarana terbaik untuk mencapai kesuksesan.

MISI

  1. Mendorong dan mengembangkan setiap siswa/i untuk mencapai potensi maksimalnya.
  2. Mengajarkan siswa/i menjadi pribadi yang mandiri, berdaya saing, disiplin, berkepribadian serta percaya diri.
  3. Menanamkan karakter dan akhlak yangbaik pada setiap siswa/i.