Daftar SMA Negeri Favorit Di Jember

Menempuh pendidikan di sekolah favorit merupakan suatu kebanggaan bagi para siswa dan orang tua murid. Nah kali ini saya sebagai pelajar SMAN 3 Jember bakal membahas 5 SMA terfavorit di Jember City. Di Jember sendiri hanya ada 5 SMAN Negeri saja, yang notabene semuanya favorit masyarakat Jember. Jadi ya semuanya akan saya bahas tuntas.

Kata “favorit” berawal karena embel- embel sekolah negeri dan juga memiliki track record prestasi di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional. Balik lagi nih bukan berarti sekolah-sekolah lain diluar “Negeri” itu ngga bagus. Sama-sama bagus kok cuman untuk sekolah Kejuruan dan Swasta akan dibahas tuntas di artikel selanjutnya guys.

Penasaran SMA mana aja yang terfavorit di Jember? Kuy, kita bahas langsung….

SMAN 1 Jember

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jember sengaja di posisi satu ngga lain ngga bukan ya karena kualitas dan prestasi-prestasi yang dicapainya. Kalo kata masyarakat Jember, siapapun yang sekolah disini pasti pinter-pinter.

Tapi bagi saya pribadi, pinter itu relatif. Baiknya jadilah orang yang pinter-pinter, jangan hanya pinter. Juga jadilah orang yang cerdik (dalam konotasi positif), ngga hanya cerdas saja. Toh masa depan anak-anak zaman now ngga ditentukan dari pinter dan cerdasnya saja. Buanyak faktor-faktor eksternal yang sadar ngga sadar wajin diraba semua insan manusia. Ceileh….

Lokasi SMASA

Sesuai lokasi diatas, sekolah favorit yang satu ini terletak di Jl.letjen panjaitan no.55 gumuk kerang, sumbersari, kec sumbersari, kabupaten jember jawa timur.

Gampangnya, lokasi SMASA ada di depan Satlantas Jember. Iya, di depannya pas dah pokoknya.

Ulas Dikit SMASA

SMAN 1 Jember berdiri pada tahun 1953. Buanyak sekali prestasi yang diraih Di sekolah ini , ga kaget yo rek wkwk. Dengan segudang prestasi yang diraih pada saat ini, SMA 1 NEGERI Jember telah mampu menjajarkan diri dengn SMA terbaik di negeri ini.

SMA NEGERI 1 Jember adalah salah satu Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) pertama di Kota Jember yang dikembangkan oleh Pemerintah setempat.

SMA 1 Jember banyak menoreh prestasi dibidang akademik. Alumni-alumni SMA 1 jember banyak yang lulus dengan nilai yang perfect dan masuk di perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia. Bahkan ada yang sampai menjadi sukses dan terkenal di kancah nasional. Selain itu,guru-guru di Smasa ini sering memberikan pelajaran kepada muridnya dengan cara yang menyenangkan dan unik dengan menyodorkan beberapa games dalam pelajarannya.

Juga tidak kalah menarik lagi, di Smasa Jember ini terdapat fasilitas-fasilitas keren yang tidak mau kalah dengan sekolah lainnya.

Beberapa Fasilitas Di SMAN 1 Jember

Nih fasilitas-fasilitas yang ada di SMASA, dikit aja yah, kalo mau banyak tinggal dateng ke TKP sendiri heuheu.. yang pasti joss deh

Kantin SMASA

kantin

Lapangan SMASA

lapangan

Mushola SMASA

mushola

Perpustakaan SMASA

perpustakaan

Keren ngga tuh? setiap tahunnya SMAN 1 Jember ini tidak pernah mengalami kekurangan pagu/murid, bahkan setiap tahunnya justru SMA 1 ini mengalami kelebihan murid, alhasil murid yang tidak diterima di SMA 1 akan diterima di pilihan SMA lainnya. wow!

SMAN 2 Jember

Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember atau yang lebih sering dipanggil SMADA Jember. Hmmmm.. Sebenernya semua sekolah yang diulas di artikel ini udah sejajar dengan sekolah lainnya. SMAN 2 Jember atau disingkat smada berdiri pada tahun 1978. Ngomongin prestasi juga ngga bakal ada habisnya. Apalagi di sekolah ini. Dari prestasi olahraga sampai olimpiade sains nasional-internasional udah pernah dicapainya.

Keunggulan SMA 2 ini karena lokasinya yang sangat dicari-cari oleh calon-calon pelajar SMA sekarang. Karena SMA 2 ini terletak ditengah-tengah kota jember.

Lokasi SMADA Jember

Sekolah favorit  ini terletak di Jl. Jawa No.16, Tegal Boto Lor, sumbersari, kec. Sumbersari, kabupaten jember jawa timur. SMAN yang ada di daerah kampus ya cuma SMADA Jember deh pokoknya.

Prestasi Di SMAN 2 Jember

Banyak sekali prestasi yang sudah diraih oleh Smada Jember diantaranya:

1.Tim Pramuka GRASSMADA yang telah berhasil meraih juara umum KOPRAL TEGA yang diselenggarakan oleh sekolah tinggi islam Al-Qodiri

prestasi sman 2 jember

2.Tim dance SMAN 2 Jember yang telah meraih juara 2 dance competition Transmart

dance sman 2 jember

Sebenernya masih banyak lagi Man-Temankuh, Tapi segitu aja dulu yah. Tentunya Smada Jember juga mempunyai fasilitas-fasilitas yang tidak kalah keren. Berikut fasilitas Smada Jember.

Beberapa Fasilitas SMAN 2 Jember

Fasilitas-fasilitas Guru-Siswa disekolah ini diantaranya :

Kantin SMADA

kantin sman 2 jember

Lapangan SMADA

lapangan sman 2 jember

 

Perpustakaan SMADA

perpustakaan 2 jember

Mushola SMADA

mushola sman jember

 

Ya dikit aja fasilitas yang saya tampilin. Kalo mau banyak tinggal dateng aja kesana. Apalagi buat om-om dan tante-tante yang bingung mau daftarin putra-putrinya sekolah dimana, saran saya jangan cari hanya dari satu sumber, bener-bener dalamin sendiri gimana sekolah tersebut agar tak ada keraguan diantara kita. Heuheu.

SMAN 3 Jember

Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Jember atau sering dipanggil SMAGA Jember. Sebenarnya Sekolah Negeri sekarang semua sama aja kok. Tergantung kalian aja mau milih SMA Negeri yang terkenal akan prestasinya kah atau tertarik dengan lokasinya yang strategis, ataupun dengan siswa-siswi yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik, hehe.

kalau menurut saya pribadi Sekolah Negeri yang satu ini tidak diragukan lagi akan prestasinya maupun lokasinya sendiri. Apalagi siswi Smaga Jember, hmm..The best dah pokoknya..

Lokasi

Sekolah favorit ini terletak di jl. jend.basuki rachmad no.26 gumuksari, tegal besar, kec.kaliwates, kabupaten jember, jawa timur. Kalo saya jelaskan lokasinya Smaga Jember agak bingung ya ges, takutnya malah pada kesasar. Biar lebih pasti klik aja lokasi yang sudah disediakan diatas. SMAGA ini termasuk sekolah dengan kriteria standar Internasional kalo dilihat dari lokasinya.

Kenapa? Karena bener-bener ngga deket dari jalan raya. Bisingnya kendaraan merupakan salah satu penyebab siswa hilang konsentrasi. Salah duanya karena kamu cantik banget. Heuheu.

Ulas Dikit SMAGA Jember

SMAN 3 Jember sering dijuluki dengan julukan sekolah artis, mengapa demikian? ya karna siswa-siswi SMA 3 Jember ganteng2 dan cantik2 wkwk, canda tapi seriuslah. SMAN 3 Jember atau disingkat Smaga memiliki gudang prestasi yang telah diraihnya.

Prestasi yang telah diraih Smaga Jember, membuat sekolah lainnya ngiler-ngiler melihat prestasi yang telah diraih Smaga Jember. Because belum tentu sekolah negeri lainnya memiliki prestasi yang telah diraih Smaga Jember uhh. Berikut prestasi yang ada di Smaga Jember

Beberapa Prestasi Di SMAN 3 Jember

Pada tanggal 6-8 september 2019 siswa Smaga jember meraih juara 1 dan 2 kejuaraan taekwondo tingkat provinsi di kabupaten Malang. Atas nama Widya Octaviola Nurya, kebetulan dia teman sekelasku loh gaes.

taekwondo

Tidak hanya prestasi taekwondo aja yang diraih Smaga Jember ini. Tapi Smaga Jember juga mendominasi predikat Gus & Ning jember 2019. Siswa SMA 3 Jember mendominasi predikat Gus & Ning jember 2019, pada tanggal 25 Agustus 2019 di alun-alun jember.

Siswa SMA 3 atas nama Yasmine Fitri Lesmana terpilih sebagai wakil 1 Gus & Ning jember 2019 dan sekaligus Gus & Ning terfavorit 2019.

gus % ning

Sedangkan siswa Smaga satunya atas nama Teguh Suliyanta terpilih sebagai wakil II Gus & Ning jember 2019, hebat bukan prestasi yang ada di Smaga wkwk.

gus % ning sman 3 jember

Oh iya man teman kuh di SMAN 3 Jember mempunyai fasilitas-fasilitas yang bikin murid-murid Smaga terkesan melihat fasilitas yang dimiliki oleh Smaga Jember.

Fasilitas SMAN 3 Jember

Berikut fasilitas yang ada di Smaga Jember, Simak Terus, Juragan !

Lapangan SMAGA

lapangan

Kantin SMAGA

kantin sman 3 jember

Perpustakaan SMAGA

perpustakaan

Mushola SMAGA

mushola sman 3 jember

Itulah fasilitas-fasilitas dan prestasi yang ada di Smaga jember, alhasil prestasi yang telah diraih oleh Smaga ini mengubah akreditas Smaga yang dulunya B menjadi A, wow keren ya! Keren Banget !

SMAN 4 Jember

Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jember atau sering dipanggil SMAPA Jember. Bukan berarti Sekolah Negeri ini urutan keempat ya ges. Balik lagi ke kalian semua, Sekarang tanamkan dipikiran kalian semua bahwa semua Sekolah Negeri sama aja.

Jika kalian memilih Sekolah Negeri yang tidak sesuai dengan hati kalian jangan dipaksain deh, nanti ujung-ujungnya nersulo (sAMBAT) “Nyesel”. Kebanyakan anak-anak muda sekarang memilih Sekolah Negeri nuruti gengsinya aja dalam arti kalo tidak masuk Sekolah Negeri yang di inginkan bakal malu katanya..heuheu

Lokasi

Sekolah favorit keempat ini terletak di Jl.Hayam Wuruk no.145, Krajan Sempusari, kec Kaliwates, Kabupaten Jember. Tepatnya sekolah ini berada di pinggir kiri jalan besar arah mau ke Mangli ges kalo kita jalan dari arah Kaliwates, warga Jember asli pasti tau lah. Bagi bukan warga Jember klik aja gan lokasi diatas biar tidak kesasar, hehe.

Ulas Dikit SMAPA Jember

SMAN 4 Jember atau biasa disingkat Smapa didirikan pada tahun 1977. Pada tahun 2017, sekolah ini menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan, yang sebelumnya menggunakan kurikulum kbk. Smapa Jember juga tidak mau kalah prestasinya dengan Sekolah Negeri lainnya.

Alhasil Smapa Jember setiap tahunnya juga membawa prestasi akademik maupun non-akademik. Simak beberapa prestasi yang telah diraih Smapa Jember.

Beberapa Prestasi SMAN 4 Jember

Nih Prestasi-prestasi yang pernah dicapai SMAPA Jember. Simak terus joss

1.Juara 2 futsal kapolres cup kota jember

futsal sman 4 jember

2.Juara 1 putri lomba pbb dispora

pbb sman 4 jember

Sekolah ini tidak menarik akan prestasinya saja. Akan tetapi sekolah ini memiliki fasilitas yang bikin murid-murid Smapa betah saat belajar disana. Kuy tengok…

Fasilitas-Fasilitas SMAN 4 Jember

Kantin SMAPA

kantin sman 4 jember

Lapangan SMAPA

lapangan sman 4 jember

Mushola SMAPA

 

Perpustakaan SMAPA

perpustakaan

Dekremah?Smapa yo ga gelem kalah karo sekolah lainnya,wkwk. Smapa Hampir setiap tahunnya memperoleh prestasi om. Jadi jangan diragukan lagi sekolah Smapa Jember ini.

SMAN 5 Jember

Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Jember atau sering dipanggil SMALA Jember. Calon-calon yang ingin Sekolah di Smala Jember ini karena kebanyakan tertarik akan prestasi futsal Smala Jember. Sebab hampir setiap tahunnya Smala jember membawa pulang prestasi futsal antar daerah maupun provinsi.

Dulunya Smala Jember ini pernah dikunjungi oleh Timnas  U19 guys, yang dimana Timnas U19 ini masih sering menjuarai di kompetisi-kompetisi internasional.

Lokasi

Sekolah ini terletak di Jl. Semangka No.4 Glisat, Barat kec, patrang kabupaten jember jawa timur. Kalo saya jelaskan tepatnya lokasi Smala saya juga kurang mengerti because saya jarang melewati sekolah ini, hehe. Biar tidak keliru langsung aja klik lokasi diatas Mbah Google Maps tidak akan menipu anda kok…

Ulas Dikit SMALA Jember

SMAN 5 Jember atau disingkat Smala berdiri pada tahun 1994.  Sekolah ini menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri tingkat nasional pada tahun 2009 & 2010. Sebelumnya Smala juga mendapatkan predikat juara pada bidang lingkungan hidup, baik di tingkat daerah maupun provinsi.

Semenjak mendapat predikat sekolah Adiwiyata atau sekolah lingkungan hidup SMAN 5 jember menambahkan lingkungan hidup sebagai salah satu ekskul yang wajib diikuti seluruh peserta didiknya. Adapun prestasi-prestasi yang diraih oleh Smala.

Beberapa Prestasi SMAN 5 Jember

Nih Prestasi-prestasi yang pernah dicapai SMALA Jember guys. Simak Teruss :

1.Juara 1 futsal competisi hydrococo di kota Jember

futsal

2. Peraih peringkat 1 Adiwiyata tingkat nasional pada tahun 2010

sman 5 jember

Wow tingkat nasional loh gaes, gimana kalo kita intip tentang fasilitasnya. SMAN 5 jember juga ngga mau kalah fasilitas dengan sekolah lainnya lho…

Beberapa Fasilitas SMAN 5 Jember

Fasilitas – fasilitas guru dan murid yang ada di SMALA Jember diantaranya:

Kantin SMALA

kantin sman 5 jember

Perpustakaan SMALA

perpustakaan

Lapangan SMALA

 

Mushola SMALA

mushola sman 5 jember

Sebenarnya masih banyak lagi fasilitas keren yang terdapat di SMAN 5 Jember, Tapi aku singkat aja ya gaess.

Itulah 5 SMA Negeri terfavorit yang ada di Jember. Kamu termasuk siswa-siswi SMA favorit mana ges. Share pendapat kamu di kolom komentar ya, see you…