Rumah Tembakau Jember, Spot Foto Instagramable Ciamik

Tembakau adalah salah satu komoditi eksotis nomer 1 dari zaman penjajahan Belanda hingga saat ini. Bayangkan aja, eksistensi keeksotisannya bertahan dari tahun 1850 hingga sekarang. Sudah 150 tahun Indonesia dilirik dunia sebagai negara penghasil tembakau terbesar di dunia.

Tanpa rumah tembakau, daun tembakau yang dipetik hanyalah sebuah daun yang tidak berharga. karena mengolah daun tembakau tidak semudah yang kalian bayangkan.

Saat ini rumah tembakau dikategorikan sebagai destinasi wisata karena keindahannya yang terjamin tidak termakan waktu. Estetika yang dihasilkan dari struktur bangunan dan persawahan hijau sekitar menambah nilai seni sendiri bagi mata telanjang kita.

Fungsi Rumah Tembakau

Sebagian orang menilai fungsi dari rumah tembakau ialah untuk mengeringkan daun tembakau yang sudah dipetik, Itu saja. Tapi setelah melalui survey panjang, ternyata fungsinya sangat sangat banyak sekali. Tak hanya mengeringkan, suhu ruangan dan angin yang masuk menjadi peran penting pengolahan daun tembakau

Mengapa Rumah Tembakau masih eksis sampai sekarang? Padahal sudah banyak pengusaha tembakau yang menggunakan bangunan dengan teknik khusus untuk mengeringkan tembakau. Pertanyaan-pertanyaan demikian pernah saya tanyakan pada petani tembakau yang masih menggunakan Rumah tembakau sebagai tempat mengolah dan mengeringkan daun tembakau.

daun tembakau
Penampakan Daun Tembakau | Backpackerjakarta.com

Jawaban petani sangatlah sederhana. Mereka tidak menggunakan bangunan khusus karena biaya lebih murah, tapi hasilnya lebih bagus. Kenapa demikian? hemat saya, bahan-bahan dasar yang digunakan untuk membangun rumah tembakau memiliki peran penting dalam proses pengeringan.

Bahannya simpel aja, butuh bambu kering dan daun kelapa kering. Dalam bahasa jawanya “mung modal pring karo klaras”. Cuma, 2 bahan dasar itu harus dalam kuantitas yang besar. Artinya butuh seribu bambu dan sepuluh ribu daun kelapa kering. WOWW

Proses Pengolahan di Rumah Tembakau

Tembakau di Jember mempunyai agenda panen yang sama dan merata di hampir semua wilayah. Yakni 2 kali panen per tahun. Saat musim panen, rumah tembakau mulai diisi daun-daun tembakau yang sudah dipetik.

Daun-daun tembakau tersebut mulai dimasukkan dan ditata rapih hingga memenuhi rumah tembakau. Kemudian daun-daun tersebut diolah oleh alam, artinya peran angin yang masuk, suhu luar dan suhu didalam ruangan sangatlah penting. Setelah itu tinggal menghitung hari kapan daun pantas untuk diangkat.

isi rumah tembakau
mengecek daun tembakau yang dikeringkan | Radarjember.jawapos.com

Sebelum bicara penjualan, daun tembakau sebenarnya hanya didiamkan dan dicek oleh pemilik atau petani. Apakah daun-daun didalam aman atau tidak. Selebihnya daun-daun tersebut hanya dibiarkan saja hingga waktunya tiba untuk mulai dijual.

Pesona Rumah Tembakau

Berhubung Indonesia adalah negara holtikultura, wajar kalo sebagian besar wilayahnya ialah lahan pertanian. Sama halnya di Kabupaten Jember. Masih banyak banget lahan-lahan sawah yang luas dan mendominasi wilayah Kabupaten Jember.

Sebenarnya jika dilihat lebih lama, bangunan rumah tembakau terlihat hanya seperti bangunan adat biasa dan besar. Tapi jika dilihat lebih luas, perpaduan gaya bangunan dan hijaunya persawahan sekitar menambah nilai seni dari estetika yang dihasilkan. Kesimpulannya view di Rumah tembakau ini sangat-sangat memanjakan mata dan cocok untuk jadi spot foto yang ciamik

rumah tembakau di sawah
Pesona cantik rumah tembakau | Travelingyuk.com

Tak hanya berhenti disitu, nilai estetika lain yang menunjang ialah view pegunungan dan bukit-bukit yang tersebar dimana-mana. Sesuai dengan julukan kota Jember yakni kota seribu bukit.

Mengapa sebagian besar rumah Tembakau ada di areal persawahan? Karena proses pengeringan atau proses angin-anginan daun tembakau membutuhkan angin yang konsisten. Tidak mungkin kalo bangunan ini disandingkan dengan pemukiman masyarakat yang padat. Bukan angin yang datang malah nambah masalah yang ada.

Lokasi Rumah Tembakau Jember

Lokasi sebenarnya cukup tersebar di seluruh Kabupaten Jember. Artinya, dimana ada areal persawahan yang luas, disana pula ada rumah tembakau.

Apalagi jika kalian ingin menuju pantai Papuma ataupun Pantai-pantai lainnya di Jember, sudah pasti kalian melewati banyak rumah tembakau di sepanjang jalan menuju pantai-pantai tersebut.

Rute Menuju Rumah Tembakau Jember

Rute terbaik untuk menjumpai rumah tembakau ialah menuju Wisata taman Galaxy Tempurejo Jember, Sepanjang perjalanan kalian akan disuguhkan dengan pemandangan sawah yang tiada habisnya. Dan pastinya rumah tembakau tersebar diantara sawah-sawah yang kalian lewati.

Rekomendasi rute diatas jangan selalu dijadikan patokan rumah tembakau berada guys, karena Rumah tembakau ini bener-bener tersebar luas di penjuru Kabupaten Jember

Arsitektur Rumah Tembakau Jember Diakui Dunia

Gaya bangunan Rumah Tembakau mungkin sekilas terlihat gampang membangunnya. Tapi kalo kalian belum tau, membangun Rumah Tembakau sangat-sangat rumit. Hanya orang-orang tertentu yang bisa mengerjakannya. Ialah masyarakat sekitar yang mendapat ilmu turun temuruh dari leluhurnya. Sehingga siapapun yang bisa membangun rumah tembakau otomatis mendapat gelar Spesialis Rumah Tembakau,

Percaya ga percaya pokoknya ini bangunan bener-bener rumit kalo dilihat dari dalam. Ratusan bambu kering malang-melintang sepanjang mata memandang.

Arsitektur kelas dunia sering main ke Jember hanya sekedar melihat bangunan ini. Sebagian besar mereka berkata “this is awesome!” Artinya ini keren bingit!, dan mereka tiada hentinya memuji struktur bangunan yang kokoh sekaligus rumit ini.

Kekurangan dari gaya bangunan Rumah Tembakau ini ialah mudah sekali terbakar. Tak jarang saya melihat pemadam kebakaran lalu lalang menuju areal Rumah Tembakau. Bisa dipastikan kalau yang terbakar itu Rumah tembakau. Bahkan keakuratan tebakan saya bisa mencapai 99%. heuheu.

Spot Foto Rumah Tembakau Jember

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PESONA JEMBER (@pesonajember) pada

Dimanapun ada spot indah disitulah peran penting kamera. Ngga lain ngga bukan untuk mengabadikan momen-momen indah apapun kondisinya dan dimanapun lokasinya.

Jika kalian mengunjungi Rumah Tembakau, jangan lupa selfie ya guys. Spot yang saya sarankan yakni dimanapun kalian berdiri disekitar Rumah Tembakau ini. hahaha. Ya mau gimana lagi, foto-foto disini hasilnya mantul alias mantap betul

Rumah tembakau Jember
Dua rumah Tembakau bersandingan | ruang17-wordpress.com

Beda halnya kalo kalian menjunjung tinggi nilai estetika, pastinya view dan background foto haruslah tepat, sesuai dengan keinginan hati kalian. Baiknya yang menjadi background itu Rumah Tembakau plus view pegunungan. Kalian berada di tengah-tengah membelakangi Rumah Tembakau dan dibelakang hijaunya sawah. Langsung aja cekrek nggausa banyak cingcong. Dijamin hasilnya ciamik, boss!!

Yaudah sekian aja cerita tentang Rumah Tembakau di Kabupaten Jember ini. Jangan Lupa mampir meski cuma buat foto-foto ya guys! Itung itung isi galeri Instagram n sosmed lainnya. Dan satu lagi, dimanapun kalian berada tetap cintai alammu dengan TIDAK MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN !!