Super Galaxy Tempurejo Jember

WONGJEMBER.COM – Sebagai Wong Jember asli dan tetanggan sama Wisata Super Galaxy rasanya kok ngga enak gitu ya kalau ngga nulis tempat yang legendaris ini.

Dan melalui artikel ini saya bakal ngebacot mati-matian mengenai tempat ini, dari mulai sejarah, pengelolaan, fasilitas, struktur, pelayanan, dan semacamnya.

Kali aja dibaca sama orang yang ngelola, biar kedepannya bisa lebih bagus lagi kawasan wisatanya. Yok kita mulai.

Mengenal Wisata Super Galaxy

Wisata Super Galaxy Tempurejo Jember
Pohon beringin lengendaris icon Galaxy

Tahukah kamu kalau wisata ini dikelola oleh sebuah lembaga pesantren bernama Al-Waffa yang beralamat di Tempurejo Jember. Nama kiainya KH. Abdul Aziz.

Kalau ngga percaya coba sesekali saat berkunjung ke sana tanyakan kepada karyawan “mas njenengan apa santri Pondok Al-Waffa Tempuran” pasti mereka jawabnya IYA.

Letak wisata ini ngga terlalu jauh dengan pesantren, sehingga di sore hari biasanya banyak para santri berjalan di pinggir jalan untuk menikmati indahnya Wisata Galaxy.

Lokasi

Peta di atas menunjukkan lokasi pas Taman Galaxy, sedangkan toko-toko besar yang ada di sampingnya merupakan anak perusahaan alias masih satu pemiliknya.

Apa Saja Yang Ada Di Kawasan Wisata Galaxy? – (Super Galaxy Jember)

Terdapat beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati ramai-ramai bareng teman atau keluarga.

Parkiran

Disedikan 2 lokasi parkiran, di bagian depan ada parkiran untuk mobil sedangkan untuk sepeda motor tempat parkirannya ada di belakang.

Harga tiket untuk motor cuma 1.000 sedangkan untuk mobil 2.000, setelah menerima kertas parkir pastikan simpan dengan baik ya, karena kalau sampai hilang bakalan repot cuy kamu harus nunggu sampai malam sepi untuk mengambil kendaraan. Tapi kalau ada STNK dan BPKB kayaknya bisa deh.

Tempat Perbelanjaan

Fasilitas di Super Galaxy
Mini mall di Galaxy | Facebook @Penghend Dichayankslamanya

Saat akan masuk parkiran kamu akan melihat bangunan seperti mini mall, ya itu toko utama di kawasan Wisata Galaxy. Di dalamnya ada jualan pakaian, sandal, sepatu, makanan, dan perkakas dapur.

Ngga cuma itu di bagian barat juga ada restorannya lho, temen saya biasa nyebutnya dengan “retoran aquarium” karena memang meja makannya dikeliling aquarium-aquarium besar. Tempat ini mah cocoknya buat makan bareng pasangan, suasananya juga remang-remang beuh jan pokok e.

Taman Bermain Yang Asyik

Taman asyik di wisata galaxy garden tempurejo
Ngancani anak | Facebook @Nurul Laeliyah

 

Kebun binatang di jember
Liatin buaya | Facebook @Alvin OktavianaNasajember

 

wisata taman galaxy
Nemenin murid rekreasi | Facebook @Fitriyah Fino

Di taman ini kamu dapat menikmati indahnya pemandangan rerumputan, bunga-bunga, dan pepohonan rindang. Saya sendiri kalau ke sana suka banget nongkrong di atas rumput dinaungi pohon rindang sambil kok-rokok’an apalagi kalau ada kopinya beuh mantab betul cuy.

Tapi sayang sekali di sana kamu ngga boleh mengambil gambar atau foto-foto, saya sendiri juga kurang paham kenapa kok dilarang.

Kebun Binatang Mini

Kebun binatang galaxy
Kebun binatang di Super Galaxy | Facebook @Mia

Ada cukup banyak hewan di sana, malahan waktu saya kecil dulu ada beruangnya tapi sekarang udah ngga ada. Dulu lokasinya di tempat yang sekarang jadi kandang buaya.

Daftar Hewan-Hewan Yang Ada Di Super Galaxy Jember

  • Buaya
  • Burung kaswari
  • Burung onta
  • Kancil
  • Rusa
  • Monyet
  • Beruk
  • Beragam burung paruh bengkok (elang, hantu, kakak tua, dll)
  • Beragam jenis ayam hias
  • Ular
  • Musang
  • Landak
  • Merpati

Terakhir saya ke sana 5 hari yang lalu lokasi sekitar kandang hewan bau banget terutama kandang di sebelah selatan yang ada landaknya. Saya rasa memang perawatan hewan dan kebersihan kandang di sana kurang memenuhi standart pemeliharaan hewan.

Kolam Ikan Besar

Kolam ikan di Super Galaxy Garden Tempurejo Jember
Ngasih makan ikan di kolam besar samping parkiran mobil | Facebook @Ven Alshop

Di kolam ini ada bayak sekali ikan mas dengan ukuran jumbo, banyak para pengunjung yang memberi makan ikan-ikan di sana. Pasalnya memang menggemaskan sekali jika kamu memberi makan makan sekelompok ikan akan mendekati kamu dan sangat mudah untuk menangkapnya.

Kalau pingin ngasih makan ikan kamu bisa beli makanannya di samping sebelah selatan kolam terdapat toko ikan yang menjual peralatan aquascape, beragam ikan hias, dan makannya.

Tempat Makan Yang Asyik

Jika kamu berkeliling di bagian selatan maka akan terlihat bangunan-bangunan unik ala restoran joglo dan kamu bisa request beberapa menu spesial untuk dinikmati bersama.

Agar lebih santai kamu bisa memilih meja yang berada di samping kolam ikan besar, sembari menunggu pesanan datang kamu bisa melihat beragam ikan warna-warni di pinggiran kolam.

Toko Pernak-Pernik

Toko pernak-pernik ini menyediakan beragam souvenir yang terbuat dari kayu, bambu, monte, dan sebagainya. Ada motor-motoran, mobil-mobilan, gelang, kaluang, pulpen, gantungan kunci, dan masih banyak lainnya.

toko pernak pernik
Cari jodoh | Facebook @Mujahidah Fii Sabiilillah

Rumah Joglo Pojok

Wisataa super galaxy jember
Nongkrong bareng temen di pojok selatan | Facebook @Faisol

Ini lokasi ada di sebelah selatan pojok timur berdekatan dengan persawahan. Tempat yang satu ini menyediakan beragam makanan ringan, berbagai minuman, ada juga makanan rada berat seperti bakso dan mie. Di depan tempat ini terdapat meja-meja es krim campina yang ada payungnya.

Buat yang ngga pesan makanan berat mending jangan nongkrong di situ, soalnya dulu saya pernah diusir padahal udah beli ciki-ciki dan minuman. Rasane isin-isin piyee ngunu..

Kawasan Wisata Super Galaxy Bagian Barat – (Super Galaxy Jember)

Sebenarnya ini menjadi satu cuma saja karena dipisahkan oleh jalan raya makan saya buat dua bagian kawasan Super Galaxy timur dan barat. Di bagian barat hanya ada 4 tempat.

Kolam Besar

suasana malam di galaxy
malam disini ngga kalah asyik

Berbeda dengan kolam sebelumnya yang ini lebih luas ukurannya, tapi ikannya ngga sepadat kolam ikan sebelumnya. Lokasinya emang didesain hanya untuk pemandangan aja sih ngga untuk ternak ikan.

Restoran – (Super Galaxy Jember)

Tempat makan di galaxy jember
Makan di restoran atas air | Facebook @Busani Angraini Novitasari Rararere

Ada banyak sekali restoran tapi yang paling cocok menurut saya ya restoran ini, tempatnya cocok banget buat anak muda. Hening, ngga rame, pemandangan lebih bagus, bisa makan di atas air.

Musholla – (Super Galaxy Jember)

Musholla di Super Galaxy
Abis dari musholla | Facebook @Bekicot Kopling

Bagi umat muslim ini merupakan fasilitas nomor wahid yang harus ada di setiap tempat wisata. Letak Musholla di Super Galaxy Jember ini berada di bagian barat, kelihatan banget dari jalan raya. Musholla berdiri di tengah kolam dengan warna cat putih.

Pasar Grosir

Bicara soal grosir enaknya ngobrol sama emak-emak nih, tapi mbak-mbak juga seneng kan pastinya dengan pasar grosir.

Alasan utama kenapa kamu harus memilih belanja di pasar grosir yaitu harganya yang jauh lebih murah dibandingkan toko-toko kelontong di sekitar rumah kita.

Tapi kalau belanja harus beli banyak ya, ngga bisa ngecer-ngecer.

Udah segini aja review saya mengenai Super Galaxy Tempurejo Jember, jika ada kekurangan atau ada yang perlu ditambakan bisa langsung cantumkan di kolom komentar atau klik tombol kontak di bawah terima kasih.