Wisata Puncak Rembangan di Dataran Tinggi Jember

Semua wisata yang berada di dataran tinggi pada umumnya kalo ngga indah ya dingin, tapi kebanyakan lebih tepatnya indah sekaligus dingin. Kalo di Bogor terkenal dengan wisata Puncaknya, di Malang terkenal dengan Wisata Batu. Nah, Jember juga ga mau kalah dengan Wisata Puncak Rembangannya.

Kota Jember dikenal dengan Kota 1000 bukit, yang artinya  banyak bukit-bukit kecil maupun sedang yang tersebar di seluruh wilayah Jember dari ujung ke ujung. Karena jumlahnya yang sangat banyak itulah kenapa Jember dijuluki juga kota seribu bukit.

Yang akan saya ceritakan kali ini adalah salah satu wisata yang dioptimasi pemerintah, dan kebetulan berada di salah satu pegunungan di Kota Jember. ialah Wisata Puncak Rembangan.

Wisata Rembangan Jember dikenal sebagai wisata pegunungan yang menawarkan banyak keindahan alam. Di lokasi pegunungan ini kalian juga diberikan spot-spot menarik sepanjang perjalanan. Penasaran?? Yuk baca terusss

Spot Wajib Sepanjang Wisata Rembangan

Ngga cuma keindahan alamnya aja, banyak spot-spot lain disepanjang jalan yang ga cuma memanjakan mata, tapi juga perut kalian heuheu

Puncak Rembangan

Jika udah ngerasa stress sama hiruk pikuknya kota, saya sarankan segera ke puncak rembangan paling atas. Disini suasananya tenang, ngga ada suara bising, hawanya sejuk, dan yang pasti pemandangannya ashoy guys. Kalian bisa ngeliat pusat kota Jember dari atas, yang nampak kecil bingit tapi indaaaah banget.

Suasana Puncak Rembangan
Hijau Suasana Puncak Rembangan | blusukanjember.web.id

Seperti yang udah saya jelasin diawal tadi, di puncak Rembangan kalian bisa lihat banyak bukit bertebaran sepanjang mata memandang. Itulah kenapa Jember disebut juga kota 1000 bukit. Suhu disini bisa sampe 14º loh, saya saranin yaa jangan telanjang dada deh pokoknya. Kecuali kalo lagi mau renang.

Puncak Rembangan menawarkan sensasi yang mantep kalo kalian datang di malam hari. ngga harus dateng malem-malem juga sih, kalian bisa nginep di penginapan yang disediakan terus menikmati suasana malam disini. Dari atas, kalian bisa ngeliat lampu-lampu kota dan lalu lintas kota Jember yang sangat indah.

Bakso Kabut Bu Juhairiah Rembangan

Kuliner khas Jember satu ini, originalnya berada di rembangan paling bawah. Yaa beberapa mdpl (meter diatas permukaan laut) dari pusat kota lah. Jika kalian kelaparan sebelum menuju wisata puncak Rembangan, ngga ada salahnya kalo mau coba makanan khas Jember satu ini.

Aneka Warung Lesehan Romantis

Dulu, kawasan ini terkenal sebagai kawasan esek-esek karena warung-warungnya sangat gelap dan tertutup. Tapi di suatu waktu yang saya lupa tepatnya kapan, bupati Jember memerintahkan agar tempat-tempat yang tidak senonoh tersebut digerebek warung. Artinya bukan untuk dimusnahkan, tapi diberikan sosialisasi sekaligus modifikasi menjadi tempat yang sangat bagus dan indah.

Suasana Warung Rembangan
Indahnya pemandangan dilihat dari atas | narakhmaniah.com

Di kawasan ini kalian disuguhkan berbagai macam warung lesehan yang bertebaran disepanjang jalan. Tinggal kalian pilih mana yang asyik dan mengarah ke pemandangan kota Jember yang maknyus.

Menu-menu yang ditawarkan juga beragam. Yaa standar warles lah guys, ada kopi, teh, makanan berat seperti lalapan ayam goreng, juga makanan ringan seperti kentang maupun nugget goreng. Untuk harga, masih bisa ditolerir lah untuk kantong-kantong pelajar.

Gedung Tua Instagramable

Di kawasan pegunungan Rembangan juga berdiri gedung tua guys. Kalo ngga salah, gedung ini dibuat pada tahun 1937. Untuk beberapa bagian sudah direnovasi, tapi dibiarkan untuk bagian restorannya.

Disini kalian bisa berselfie ataupun foto bareng-bareng, mumpung suasana vintage. Lumayan buat nambah galeri antrian posting di instagram.

Susu Murni Langsung dari Sapinya

Di pertengahan jalan menuju wisata Rembangan, ada kandang sapi perah di kanan jalan sebelum jembatan. Di waktu-waktu tertentu kalian bisa merasakan perah susu langsung dari sapinya.

Tapi bagi kalian yang ngga berminat, di seberang jalan sudah tersedia susu sapi murni yang dijual dan siap minum.

Harganya murah-murah aja kok guys, cuma 10.000 rupiah aja. Maknyuss..

Air Terjun Rembangan

Di kawasan pegunungan Rembangan juga ada air terjunnya loh, tapi untuk wisata yang satu ini masih bener-bener perawan, artinya masih belum dikomersilkan. Masih harus jalan kaki yang lumayan jauh untuk bisa sampe di tempat.

Air Terjun Rembangan
Pesona alami Air Terjun Rayap Rembangan | Travelingyuk.com

 

Air yang langsung dari sumbernya bisa kalian gunakan untuk mandi, minum langsung, atau sekedar diliat aja. Soalnya dingin banget guyss.

Kawasan Edukasi Agrowisata

Sebelum sampe puncak rembangan, kalian bakal melewati kawasan agrowisata. Sepanjang mata memandang kalian akan disuguhkan pemandangan tanaman buah naga yang tertanam rapi dan luas banget. Disini kalian bisa sekedar melihat-lihat, belajar tentang buah naga, bisa mencicipi buah naganya langsung, Juga bisa membeli untuk oleh-oleh.

Ngga cuman buah naga sih, ada agrowisata durian, bunga-bunga anggrek gunung yang langka, juga agrowisata kopi yang tak kalah luasnya.

Karena ini kawasan edukasi, sekali-sekali pelajarilah bagaimana tanaman-tanaman yang tersedia tersebut dibudidayakan. Siapa tau kalian tertarik untuk menanam dirumah.

Fasilitas di Puncak Rembangan Jember

Berbagai macam fasilitas yang diberikan untuk pengunjung Puncak Rembangan Jember diantaranya:

Lahan Parkir Luas

Fasilitas wajib dimanapun wisata itu berada. Lahan parkir mobil motor yang sangat luas siap untuk menampung wisatawan yang berbondong-bondong kesini. Dijamin luas

Hotel dan Penginapan

Puncak rembangan Jember menyediakan penginapan yang cukup luas. uniknya, semua kamar yang disediakan tidak dilengkapi AC. Karena suhu luar dan dalam ruangan itu sama. Sama-sama dingin maksutnya.

Hotel dan Penginapan Rembangan
Suasana Penginapan di Puncak Rembangan | pegipegi.com

Untuk harga relatif murah tergantung fasilitas yang ditawarkan di tiap kamarnya. Kelas Melati menawarkan harga mulai dari Rp 165.000 per malam.

Restoran

Jangan khawatir lapar deh pokoknya. Di wisata Puncak Rembangan Jember, tersedia restoran yang menyediakan aneka makanan khas Jember maupun makanan-makanan pada umumnya.

Untuk harga bervariasi, tergantung apa yang kalian pesan heuheuheu. Tapi pastinya masih wajar untuk wisatawan domestik +62 seperti kita-kita ini.

Kolam Renang

Wisata Puncak Rembangan memiliki banyak kolam renang yang bervariasi bentuknya. Yang pasti terbagi 2 untuk kolam anak-anak dan kolam dewasa.

Jika membawa adek kecil, tersedia kolam anak-anak yang jadi satu dengan kolam dewasa, juga bisa di kolam terpisah yang terletak di bawah sebelah kolam utama.

Pastinya renang dengan suasana di pegunungan memberikan suasana yang beda dari yang lainnya. brrrr…

Area Bermain Anak

Wisata puncak Rembangan Jember juga menyediakan fasilitas bermain untuk anak-anak. Disini anak-anak bisa diajak bermain setelah lelah berenang. Tak sedikit anak-anak yang berlarian kesana kemari di tempat ini.

Rute Menuju Puncak Rembangan Jember

Alamat Puncak rembangan ini berada di Darungan, desa KemuningLor, Arjasa. Puncak Rembangannya sendiri berada di ketinggian 650 mdpl di kaki gunung Argopuro. Jika dari kota, cukup lurus ke arah bondowoso. Kemudian setelah sampai di Baratan masuk ke Desa kemuningLor dan mulai ikuti petunjuk jalan yang sudah ada

Dipastikan rute menuju Wisata rembangan Jember ini sudah beraspal halus semua. Untuk menuju Puncak Rembangan sampai saat ini masih belum disediakan sarana transportasi umum, buat kalian yang mau kesini masih harus membawa kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Wisata Rembangan

Untuk menikmati suasana Puncak Rembangan Jember, kalian cukup merogoh kocek Rp7.500 per orang di hari biasa dan Rp10.000 di hari libur. Menurut saya cukup murah karena worth it dengan fasilitas-fasilitas dan pemandangan alam yang disuguhkan.

Sekian cerita tentang keindahan wisata Puncak Rembangan Jember. Wisata ini hukumnya wajib untuk kalian yang baru pertama kali berkunjung ke kota Jember. sekian dulu guyss, salam lestari dan JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN!!!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.