Pentingnya Pendidikan Karakter Ditanamkan Sejak Usia Dini

Usia dini merupakan masa yang paling kritis untuk pembentukan karakter seseorang. Penanaman moral melalaui pendidikan karakter sejak usia dini adalah kunci yang paling tepat untuk membangun bangsa.

Mengapa harus demikian? Karena dengan cara ini, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter. Hal yang paling berpengaruh bagi pembentukan karakter seseorang adalah lingkungan yang sehat dan berkarakter. Selain itu, pentingnya peran keluarga, sekolah dan seluruh komponen yang terdapat di dalam masyarakat juga berpengaruh dalam pembentukan karakter seseorang.

Pada umur 0-6 tahun perkembangan otak manusia dapat menerima dan menyerap berbagai macam informasi. Pada saat itulah perkembangan fisik, mental dan nilai spiritual anak mulai terbentuk. Oleh karena itu banyak orang menyebut bahwa masa tersebut disebut sebagai masa emas anak-anak atau bahasa kerennya golden age.

Kegiatan ini pun dijadikan sebagai wahana sosialisasi yang wajib dimiliki setiap seseorang agar menjadikan mereka sebagai seseorang atau individu yang bermanfaat seluas-luasnya bagi lingkungan sekitar. Hal ini juga memiliki tujuan, berikut tujuannya :

Tujuan Dibentuknya Pendidikan Karakter

  • Dapat mengetahui berbagai karakter baik seseorang
  • Dapat mengartikan dan menjelaskan karakter
  • Menunjukkan atau menerapkan contoh perilaku berkarakter dalam kehidupan sehari-hari
  • Dapat memahami sisi baik menjalankan perilaku bekarakter

Itulah beberapa tujuan dasar pembentukan pendidikan karakter seseorang. Lalu, apa aja sih manfaat kegiatan ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat pendidikan karaker.

Manfaat Pendidikan Karakter

pendidikan karakter
image by news.unair.ac.id

Kegiatan ini sendiri telah banyak di gunakan atau diterapkan. Tidak hanya dalam lingkup pendidikan, namun juga diterapkan pada perusahaan dan perkantoran. Berikut adalah beberapa manfaat pendidikan karakter diantaranya :

1. Membentuk Karakter Individu

Namanya aja pendidikan karakter, pastinya juga memiliki tujuan dan manfaat utamanya dalam membentuk karakter dari diri individu. Karakter sendiri merupakan segala sesuatu yang melekat pada diri individu dan bersifat menetap.

Tentunya dengan adanya pendidikan ini individu memiliki karakter yang baik dan berguna bagi sesamanya. Oleh karena itu, hal ini sangat baik diterapkan atau ditanamkan sejak usia dini.

2. Menjadi Lebih Menghargai Sesama Pendidikan Karakter

Dengan kegiatan ini seseorang akan mempunyai karakter yang kuat dan menanamkan jiwa menghargai antar sesamanya. Kalaupun seorang individu dikatakan kurang menghargai antar sesama, dengan adanya kegiatan ini menjadikan seorang individu tentu akan mampu menghargai antar sesama manusia.

3. Melatih Mental & Moral Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter tidak hanya mampu untuk menciptakan dan menguatkan karakter seseorang, akan tetapiĀ  juga bermanfaat untuk melatih mental dan moral. Hal ini juga akan mencegah terjadinya kondisi mental individu yang malas dan moral yang buruk. Dengan meningkatnya kondisi mental dan moral individu, maka akan menciptakan suasana yang kondusif dan mencegah terjadinya perpecahan.

4. Menciptakan Generasi Yang Berintegrtas

Dengan karakter yang kuat akan menjadikan seorang individu menjadi lebih teguh dan kokoh dalam menjalani hidup. Hal tersebut akan sangat penting dalam kegiatan berbangsa dan bernegara.

Integritas ini yang penting dibentuk dalam pendidikan karaker. Dengan adanya integritas yang tinggi, menjadikan seseorang individu akan menjunjung tinggi nilai integritas bangsa dan negaranya.

5. Menjadi Lebih Bijak Dalam Mengambil Keputusan

Seiring meningkatnya moral dan kemampuan berfikir, pendidikan ini sangat berperan penting dalam mempengaruhi kemampuan berfikir individu. Dengan demikian seseorag akan lebih bijak dalam mengambil keputusan, sehingga tdak merugikan diri sendiri maupun orang lain.