Berburu Harta Karun Di Pasar Loak Jember

WONGJEMBER.COM – Tentunya kalian nggak asing dengan kegiatan “Jual Beli Barang Bekas”. Kegiatan ini Sering kita jumpai di mana saja dan kapan saja. Bahkan kemarin ini ada loh cuy, Tetangga RT sebelah yang menjual barang bekas pada tukang rongsokan. Daripada dibuang gitu aja, barang yang tak terpakai lebih bermanfaat jika kita memberikan kepada orang yang membutuhkan atau juga bisa kita jual di Pasar Loak terdekat.

Nah, waktu tetanggaku menjual barang yang ngga terpakai kepada tukang rongsokan ini, terjadi tawar menawar untuk menyepakati harga barang tersebut.

Sempet debat sih, ya gitu deh… Tentunya kalian pernah melakukan tawar menawar harga kan? Pastinya terbayang gimana suasana saat saling mempertahanin pendapat. Iya, pada pengen menang sendiri aja wkwkwk. Selain kita bisa menjual kepada rongsokan, kita juga bisa menjual barang bekas ini di pasar loak lur. Nih aku kasitau 2 pasar loak yang ada di kota Jember.

1. Pasar Loak Gebang

Pasar Loak Gebang adalah pasar loak terkenal di Kota Jember. Pasar ini berdiri pada tahun 1971-an, dan sering juga masyarakat Jember menjuluki pasar ini sebagai pasar maling. Etsss, tapi jangan salah sangka dulu cuy…

Maksud dari sebutan kata “Pasar Maling” bukan¬† berarti barang yang di perjual belikan berasal dari pencurian lho. Masyarakat Jember menjuluki pasar tersebut sebagai pasar maling karena barang yang di perjual belikan memiliki harga yang sangat murah dan berkualitas.

Seperti namanya, Pasar loak ini berada di Gebang kota Jember. Bagi kalian yang masih belum tau lokasi dari pasar ini, nih aku kasih tau deh.

Lokasi Pasar Loak

Berdasarkan lokasi tersebut, pasar ini berada tepat di Jl. Kenanga No.2, Gebang Tengah, Gebang, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68117.

Kenapa harus pasar loak?

Berawal dari arti kata dulu deh. Loak yang berarti barang bekas, Jadi pasar loak menurut saya adalah pasar barang bekas yang diperjual belikan.

Sempet juga sih tanya dengan pemilik lapak disana. Katanya sih pasar loak berasal dari kata loakan, yang artinya barang bekas yang diperdagangkan.

Apa aja sih yang ada di Pasar Loak ini?

Pasar ini dibagi menjadi 3 tempat. Bagian pertama terletak di atas, yang pada umumnya menjual perlengkapan kendaraan dan pertokoan sepatu. Bagian kedua berada di sebelah bawah, yang pada umumnya terdapat berbagai macam burung yang di perjual belikan.

Nah, sedangkan bagian ketiga berada di bawah sebelah barat menjual perlengkapan kendaraan, berbagai macam ikan hias, dan sembako. Langsung aja yuk kita intip barang yang di perjual belikan di pasar loak ini.

Barang yang diperjual belikan

Seperti penjelasan diatas, berikut ini adalah beberapa gambar barang yang diperjual belikan di pasar loak gebang.

Onderdil Kendaraan Di Pasar Loak Gebang

Onderdil Kendaraan pasar loak
Image by inews.id

Sepatu

Sepatu pasar loak
Image by liputan6.com

Burung Kicau

Burung Kicau
Image by beritamadani.co.id

Ikan Hias

Ikan Hias
Image by peluangusaha.contan.co.d

Kebutuhan Pokok

Kebutuhan Pokok
Image by radarjember.jawapos.com

Itu dia beberapa contoh barang yang di perjual belikan. Jika kalian masih ingin tau lebih banyak lagi mengenai barang yang di perjual belikan, langsung aja dateng ke tkp sekalian belanja di pasar ini cuy hehehe…

Gimana sih suasana pasar ini?

suasana pasar loak
Image by ombonejagad.com

 

suasana pasar loak
Image by foto.tempo.co

 

suasana pasar loak
Image by foto.tempo.co

Sangat ramai kan? Ngga kalah dengan pasar tradisional pada umumnya. Jika kalian masih pengen tau, kalian bisa langsung mengunjungi pasar ini guys.

Jam Oprasional Pasar Loak Gebang

Sempet sih berbincang-bincang dengan pemilik lapak di pasar ini, berdasarkan informasinya pasar ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Ramai pengunjung pasar ini diantara jam 9 sampai dengan jam 2 siang. tidak hanya masayarakat kalangan menengah kebawah aja yang belanja di pasar ini, tapi para kalangan menengah keatas juga banyak yang berbelanja di pasar loak ini.

Kelebihan Dan Kekurangan

Kelebihan pasar ini adalah selain harga barang yang diperjual belikan sangat murah, para pembeli juga mudah untuk mencari barang yang diinginkan di pasar ini.

Adapun kekurangan dari pasar ini yang ngga jauh-jauh dari kekurangan pasar pada umumnya, yaitu mengenai kebersihan. Menurut saya, salah satu cara untuk mengurangi sampah yang bersereakan yaitu cukup menyediakan tempat sampah di setiap lapak.

2. Blok-M Jember

Keren ngga tuh namanya? Tentunya keren ngets kan.. Kalo kalian bingung mau jual barang bekas yang masih layak di pakai, atau mencari barang bekas yang berkualitas. Nih aku kasih tau dimana kalian harus coba. Yapp, bener banget tuh cuy.. Blok-M atau pasar loak belakang matahari adalah tempat yang tepat untuk kegiatan tersebut.

Lokasi

Berdasarkan lokasi tersebut, Blok-m terletak di Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Atau tepatnya berada di belakang Matahari Jember.

Apa aja sih yang di perjual belikan?

Ya ngga jauh dari pemikiran kalian, seperti barang yang sering digunakan setiap hari. Seperti buku bekas, helm, alat elektronik, sepeda, sepatu dan lain-lain. Yuk deh intip bareng-bareng guys!

Buku Belajar

Buku belajar Blok-m
Jual beli buku belajar

Helm

Helm
Penjual helm di Blok-m

Jasa Pengobatan Pasar Loak

Image by radarjember.jawapos.com

Barang Elektronik

Image by metro.tempo.co

 

Image by republika.co.id

Kaya gitu deh, banyak masih kok… Jam tangan misalnya, wihh sesuai pengalamanku sih, disana tuh tempat terbaik untuk servis jam lho cuy. Murah, cepet juga, pastinya oke deh.

Jam oprasional

Ini nih yang wajib kalian ketahui. Percuma dong ntar kalo kalian udah niat banget mau nyari harta karun dipasar ini, eh.. Malah zonk heuheu… Blok-m ini mulai ramai dari jam 8 pagi cuy dan tutup sekitar jam 2 siang. Udah sepi banget pastinya tuh..

Gimana sih suasana di blok-m?

suasana pasar loak
Image by alfabet-alpha.com

 

suasana pasar loak
Immage by Flickr.com

 

suasana pasar loak
Image by flickr.com

 

suasana pasar loak
Image by jambi-independent.co.id

Wihh, gimana cuy? Ngga kalah keren sama mall kan heuheu… Pengunjung tiap harinya makin meningkat guys, bahkan pemilik lapak menyatakan bahwa omset perbulannya mencapai juta-an lho cuy. Ngeri banget ngga tuh?

Kelebihan Dan Kekurangan

Ngga hanya masyarakat menengah kebawah lho yang belanja. Melainkan kalangan masyarakat menengah keatas juga tertarik untuk mencari harta karun di blok-m ini. Oiya pastinya juga ada kan kelebihan dan kekurangannya, yuk kita ulas bareng-bareng deh.

Kelebihan Pasar Loak Blok-m

Kelebihan dari Blok-m ini selain Barang yang di jual pelapak memiliki kualitas yang baik dan harganya tuh miring banget, ngga bikin kantong kering kok hehehee…

Kekurangan

Simpel sih, hampir sama dengan pasar-pasar lainnya. Tapi maklum lah, pasar ini menggunakan sistem bongkar pasang lapak.

Kalo awal sih bersih banget, tapi… 2-3 jam kedepan kumpulan sampah mulai muncul cuy.

Intinya menurut saya, pasar ini membutuhkan tersedianya tempat sampah. Apa lagi kalo bupati jember dateng atau mengunjungi pasar ini.. wiih keren ngga tuh? Keren ngetss tentunya wkwkwk. Sekian dulu ya pembahasan pasar loak yang ada di Kota Jember. See you guys!

Komen Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.