Indahnya Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma – Emang gaada abisnya kalo ngomongin pantai guys. Ngga usah jauh-jauh ke luar negeri deh kalo udah ngidam banget “mantai”. Di Nusantara kita aja udah disediakan tuhan beribu pantai ciamik yang tersebar hampir di semua pulau.

Di Pulau Jawa aja tersebar pantai-pantai yang sangat indah. Dari Jawa Barat yang terkenal itu kepulauan seribu dengan ribuan pantai indahnya, Jawa tengah dengan pantai laut selatannya yang ciamik, dan untuk wilayah Jawa Timur, salah satu di antara pantai yang eksotis disini adalah Pantai Papuma di Jember.

Udah ah pokoknya ini pantai recommended banget buat kalian!

Sejarah Pantai Papuma Jember

Eksotisme Pantai Papuma yang bakal saya kulik habis terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Lokasi tepatnya ialah di Jember selatan.

Gimana sih Kota Jember itu?

Kota yang ngga kecil-kecil amat, ngga gede-gede amat juga. Tapi semua ada di kota ini. Tepatnya Kota Jember adalah kota berkembang yang punya beribu potensi. Ikon yang masih dipegang erat dan paling go publik ialah Jember Fashion Carnival (JFC).

Adanya karnaval berlevel dunia ini membuat Jember mulai dikenal publik.Diluar ikon yang paling booming ini, Jember memiliki banyak pantai yang sangat eksotis, lho!. Salah satunya bernama Pantai Tanjung Papuma.

Mengenal Sejarah Pantai Papuma

Pantai dengan pasir putih halus dan langsung memanjakan mata dengan birunya laut Samudra Hindia yang tiada ujungnya. Berawal dari namanya, pantai tanjung papuma dinamai oleh perhutani dimana dari akronim “pasir putih malikan”, sedangkan tanjung sendiri sesuai dengan artinya karena pantai ini merupakan daratan kecil yang menjorok ke laut, yakni langsung ke samudra hindia.

Pantai Tanjung Papuma masih di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, dimana Taman Nasional ini memiliki banyak pantai indah lainnya. Tak hanya pantai, hutanpun masih sangat natural dan terjaga keperawanannya. Dulu, akses menuju pantai Papuma masih harus dilalui dengan jalan kaki sekaligus babat alas.

Karena warna pantainya sangat kontras dengan pantai disebelahnya, maka Pemerintah dan perhutani perlahan mulai mengkomersilkan pantai ini. Berawal dari akses menuju pantai yang berupa jalan aspal dan Jembatan, seiring berjalannya waktu mulai dibangun gapura pintu masuk, musholla, areal kuliner, dan banyak lainnya.

Akses Lokasi Menuju Pantai Papuma

Letak pantai Tanjung Papuma ini berada di kecamatan Wuluhan, sekitar 40km dari pusat kota Jember. Jika kalian para wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini, dari pusat kota Jember ke pantai papuma memakan waktu sekitar 35 menit. Wisata Tanjung Papuma ini letaknya bersebelahan dengan pantai Watu Ulo.

Untuk bisa sampai ke Papuma, kalian bisa memilih untuk melewati pantai Watu Ulo ataupun langsung menuju pantai Papuma. Jika kalian melewati pantai Watu Ulo, akses jalannya sangat- sangat mulus tapi kalian harus bayar dua kali, yang pertama membayar tiket masuk pantai Watu Ulo, kemudian dilanjutkan membayar tiket masuk menuju ke Pantai Papuma.

Akses jalan menuju pantai Papuma menurut saya kurang baik, masih belum mulus. Yakni aspal yang sudah tidak mulus lagi. Meski pemerintah sudah berkali-kali memberikan akses jalan aspal yang seiring berjalannya waktu terus rusak. entah dari kualitas jalan aspal yang kurang baik atau faktor cuaca yakni hujan yang terus menggerus aspal.

Harga Tiket Pantai Papuma Jember

Harga tiket pantai papuma jember
Harga tiket yang terpampang jelas. image by nenghepi.com

Untuk harga tiketnya sih menurut saya masih bisa ditolerir lah. tiketnya dihargai Rp 15.000 per orang untuk weekdays atau hari biasa. Tapi untuk weekend, tiket masuknya di harga Rp 20.000 per orang.

Beda hal lagi jika kalian melewati pantai Watu Ulo dulu untuk sampai pantai Papuma. Masuk Watu Ulo ngga gratis alias bayar guys, cuma Rp 7.500 aja. Cukup murah, bukan?

Fasilitas Apa Aja sih yang ada di Pantai Papuma Jember?

Areal Parkir

Fasilitas penting dimana tempat wisata itu berada. Yakni areal parkir kendaraan. Di Pantai Papuma sudah disediakan areal parkir untuk kendaraan roda 4 maupun lebih yang luas. Sedangkan untuk roda 2 kalian bisa parkir dimanapun, Asal jangan di lautnya guys hahaha.

Musholla

Seperti tempat wisata pada umumnya, fasilitas wajib seperti tempat ibadah sudah disiapkan di dalamnya, diantaranya ada musholla dengan air sumber yang brrrrrr.

Vihara Papuma

vihara tanjung papuma
vihara tanjung papuma. image by terumbukarya.blogspot.com

Ada pula tempat ibadah kaum tionghoa yakni kelenteng papuma dengan arsitektur khas kelenteng dan ukiran naga dibalut warna merah menyala yang membuat para netijen-netijen langsung berpose syantik di sekitar areal kelenteng ini.

Penginapan

penginapan di pantai papuma
penginapan di pantai papuma

Buat kalian yang lagi sama keluarga atau temen-temen dan pengen nginep di pantai papuma, disini disediakan penginapan dengan nuansa nature minimalis guys. Pilihan penginapan yang dekat sama pantai yaitu Pondok Wisata Tanjung Papuma atau Foresta Resort Tanjung Papuma. Kedua penginapan ini dikelola langsung oleh perhutani.

Untuk tarif penginapannya dipatok berbeda-beda guys, dari Rp 300.000 sampai Rp 1.000.000 tergantung tipe kamar dan waktunya, entah itu hari biasa, weekend, ataupun hari libur nasional. Daripada bingung ini saya kasih penampakan tarifnya :

Kalo kalian mau reservasi, hubungi nomer yang terpampang diatas, atau bisa hubungi nomer ini guys : 081359137621, 081230090940, atau 081330742900.

Areal Outbond

Untuk fasilitas hiburan, Tanjung Papuma menyediakan areal outbond tetap dengan khas naturenya. wahana yang ditawarkan ngga jauh beda dengan wahana outbound pada umumnya. Tapi berkali-kali saya kesana masih jarang ngeliat fasilitas ini dipakai.

ATV Motor

salah satu wahana yang memicu adrenalin para netijen sekalian adalah ATV motor beserta mini sirkuitnya dimana kalian bisa adu balap bersama teman, keluarga, ataupun pacar (sabar ya, mblo). Belakangan ini fasilitas ini jarang terlihat kecuali di hari-hari tertentu. Mungkin sepi peminat ya..

Areal Camping

tenda dome
kuy camping kuyyyy | image by idntimes.com

Areal camping adalah surganya kalian-kalian yang anak pantai banget, itupun kalo kalian punya rencana untuk camping di pantai ini hahaha. lebih enak lagi, masalah konsumsi bisa pake tips beli ikan langsung dari nelayan langsung.

Setelah kita beli ikan dari nelayan yang notabene harga pasti jauh lebih murah. ikan-ikan yang kalian beli bisa dibakar sendiri ataupun titip bakarin ke warung-warung di sepanjang kuliner spot.

Wisata Air

banana boat
serunya bermain banana boat. image : youtube.com

Dari bukit pertama kali masuk kawasan pantai papuma, kalian sudah disuguhi pemandangan pantai pasir putih beserta birunya Samudra Hindia. Di tengah-tengahnya banyak sekali perahu-perahu berbagai macam bentuk yang sedang parkir di pinggir laut.

Di kala pagi-siang, perahu-perahu tersebut digunakan untuk disewakan loh gaes!. Kalian bisa berkeliling laut papuma naik perahu. Kalau mau yang lebih menantang lagi, ada juga fasilitas hiburan adrenalin yang masih baru di Pantai Papuma yaitu Banana Boat . wuuuu

Kuliner Spot

warung makanan di spot kuliner
berbagai warung makan berjejeran. image by jember1tv.co.id

Fasilitas lain yang wajib ada dimanapun tempat wisatanya yakni kuliner nyam-nyam. Dari pos masuk kedua, warung atau tempat makan sudah berjejeran panjang hingga ujung jalan. Untuk menu yang ditawarkan sangat bervariasi, tapi yaa ngga jauh-jauh dari hasil laut seperti bermacam ikan laut bakar dan ikan laut goreng. Bahkan lalapan ayam dan olahan ikan tawarpun tersedia disana.

Kalo ngomongin makanan pasti ga lupa dong sama minumannya. Kalo di pantai mah cucoknya ya sruput es kelapa muda dong, langsung diambil dari pohonnya. Seperti pepatah yang ngga kuno-kuno banget, “apapun makanannya, minumnya es kelapa muda” hahaha.

ikan bakar
yummy…. image by blogger.com

Untuk makanan penutupnya, kita bisa jalan-jalan dikit sembari tengok kanan-kiri dimana abang ganteng ini berada. Abang- abang yang dimaksut yaitu abang penjual rujak manis. Hhhmmm jadi ngiler ngebayanginnya nih. Disana bisa kalian pastikan penjual rujak manis mangkal di tempat yang ngga jauh dari pandangan kita.

Cukup rogoh gocek 5-10ribu kita bisa nikmatin sebungkus bermacam-macam buah sepaket dengan kacang plus gula merah yang sudah diracik menjadi bumbu utama. Setelah kenyang dengan banyaknya variasi makanan disana, kita ajak kalian ke spot- spot yang memanjakan mata.

Spot Instagramable Ciamik di Pantai Papuma Jember

Spot Puncak Bukit Siti Hinggil

siti hinggil pantai papuma
ciamik ga tuh!! image by minatpedia.com

Spot pertama ini adalah spot yang paling wajib kalian datangi. Yap ini diatas bukit dengan pemandangan yang WoW banget, sepanjang mata memandang disuguhkan ciptaan tuhan yang indah banget dengan background perbukitan yang hijau dan hamparan luas samudra hindia terbentang di sepanjang kita memandang.

Di spot ini kalian bisa berswafoto sendiri atau bersama keluarga tercinta. Kalian juga dapat menikmati sunset meski tak terlihat jelas matahari terbenamnya, tapi suasana sunset disini masih terasa dalem banget buat kalian penikmat senja dimanapun kalian berada.

Spot pasir Putih

pasir putih
nyam nyam nyam !! image by pesona.travel

Spot yang kedua yaitu pasir putih yang terbentang di sepanjang pantai. Saat air laut surut kita bisa berjalan-jalan sembari melihat ikan-ikan kecil dan kerang- kerang laut yang colourful dengan sangat jelas karena air laut disini sangat jernih.

Tapi tetap saja ini laut selatan, dimana ombak pasang sangatlah berbahaya, artinya ada jam- jam tertentu dimana kalian bisa berjalan ke tengah mencari kerang. Kelebihan pantai Papuma Jember paling utama ialah pantai pasir putihnya yang lembut. Meski tidak sepanjang pantai diisi pasir putihnya, yakni ada batu-batu karang berlumut disela-selanya yang tidak kalah menambah indahnya estetika tuhan.

Spot Ombak Batu Karang pantai papuma

Spot yang ketiga ini terletak di sisi lain pantai utama. Letaknya disebelah barat setelah areal kuliner. Disini kita bisa menikmati angin sepoi- sepoi dibawah pohon sembari melihat ombak yang besar menghantam batu karang yang besar.

Bener- bener ngga ada bosennya kalo udah denger suara ombak yang tiada hentinya ini. Sepanjang jalan kita disuguhkan pemandangan pantai pasir putih yang melimpah ruah dari ujung sampai ujung satunya.

Diiringi ombak-ombak besar yang menghantam batu karang. Sekilas memang menyeramkan tapi mata kita dibuat takjub akan pemandangan keindahan itu.

Spot Ujung Sisi Lain Pantai Utama

monyet asli
uu aa uu aa. image by youtube.com

Spot terakhir ini ada di sisi lain pantai utama. Tepatnya di sepanjang jalan arah keluar. Kalau kalian beruntung, di saat-saat tertentu penghuni asli dari wisata Papuma ini bakal turun gunung.

Merekalah penghuni asli daerah sini. Udah pada mirip belum sama kalian? Hahaha. Monyet-monyet ini bakal berkeliaran di sekitar kalian di saat-saat tertentu. Jumlahnya bukan puluhan loh gaes, tapi ratusan bahkan ribuan. kalian bisa berinteraksi langsung dengan para monyet-monyet ini.

Ngga perlu takut gaes mereka friendly kok asal kalian juga friendly ke mereka. Yaa hasrat hewan ngga jauh-jauh dari makan dan kawin. Jangan kaget kalo makanan kalian dicuri mereka, atau kalian bisa kasih mereka makan dengan cara melemparkan makanan ke mereka.

Sekian

Itulah spot- spot yang wajib banget kalian datengi. Selain instagramable kalo kata para netijen, pemandangan disini juga bisa buat obat hati, penenang pikiran dan juga istirahat dari lelahnya pikiran dan kebisingan kota.

Sekilas cerita dari wisata Pantai Tanjung Papuma Jember gaes. Kalian sangat wajib untuk mampir kesini khususnya yang dari luar kota Jember. Hukumnya udah wajib mutlak biar kalian liat sendiri secara langsung betapa indahnya ciptaan tuhan ini.

Indonesia emang kaya akan budaya dan wisata alamnya. Bahkan bisa dibilang, Super Duper Kaya

Satu pemikiran pada “Indahnya Pantai Papuma Jember”

  1. Loved loved loved it !!! Pasir putih. Pemandang indah. Matahari terik dengan angin bertiup kencang dan ditemani suara ombak itu sangat indah. You guys who haven’t been in here need to freaking go here !!!

Komentar ditutup.