Mengenal Lebih Dekat Layangan Sowangan

Layangan Sowangan- Zaman sekarang berbeda dengan zaman dulu, anak-anak zaman dulu sering sekali bermain diluar rumah. Mungkin perkembangan teknologi dulu itu belum maju, sehingga anak jaman dulu sering menghabiskan waktunya ditempat oudoor. Hmm… miris ya, kalau kita lihat generasi jaman sekarang yang mainnya cuma gadget, belum tau betapa serunya hidup di anak-anak jaman dulu, heuheu.

Ada banyak permainan yang seru di masa lalu itu, salah satunya adalah permainan yang sering kita sebut layangan. Bukan hanya seru aja yang kita dapat dari permainan ini, bermain layangan juga bisa kita sebut sebagai olahraga.

Bermain panas-panasan di lapangan sambil mengadu layangan, sensasinya memang tidak bisa kita lupakan. Apalagi kalau mengejar layangan putus serunya bukan main cuy, “(keinget masa kecil dulu)” Heuheu. Oiya cuy, diantara beberapa banyak jenis layangan disini saya akan mengulik tentang layangan sowangan.

Apa Itu Layangan Sowangan ?

Layangan sowangan adalah jenis layangan berbentuk besar tediri dari dua bagian ciri khas yang diberi sowang atau sejenis senar dawal yang dipasang di bagian atas & bila tertiup angin akan berbunyi nyaring di langit.

Layangan ini sering dipertandingkan lho cuy. Ngga hanya kalangan muda yang bertanding, melainkan kalangan tua pun juga turut serta dalam perlombaan ini. Hadiah yang didapat tentunya sesuai dengan hadiah yang diperlombakan. Kalian sudah pada tahu belum sejarah layangan ini? Nih, bagi kalian yang masih belum tau disini saya akan mengulik sejarah singkat layangan sowangan ini.

Sejarah Singkat

Awal mula layangan ini di permainkan oleh masyarakat Jawa Tengah tepatnya di desa Blora. Masyarakat desa Blora sering mempermainkan layangan sebagai hiburan di sore hari pada musim kemarau. Permainan ini sering di mainkan di area persawahan desa, karena permainan ini memerlukan lahan yang luas.

Seiring berjalannya waktu layangan ini semakin dikenal oleh masyarakat dan pada umumnya dimanfaatkan untuk mengusir burung di persawahan. Beberapa orang juga memanfaatkan layangan untuk diperjual belikan. Selain keindahan yang dimiliki layangan ini, fungsi dari layangan ini juga sangat banyak. Yuk simak fungsi dari layangan ini.

Apa aja sih fungsinya?

  • Petani memanfaatkan layangan ini untuk mengusir burung di area persawahan miliknya.
  • Layangan ini juga bisa di perjual belikan, omset yang dicapai para penjual mencapai puluhan juta lho cuy.
  • Layangan ini juga berfungsi sebagai hiburan di saat sore hari, tepatnya musim kemarau.
  • Yang terakhir menurut saya fungsi layangan ini sebagai ajang perlombaan semua kalangan.

Itu dia beberapa fungsi dari layangan ini. Layangan ini juga memiliki banyak model seperti bentuk wajah orang, hewan, bahkan animasi lainnya. Langsung intip yuk penampakan model-model layangan sowangan ini.

Model-model Layangan Sowangan

model
image by kamal4431.blogspot.com

 

model Layangan Sowangan
image by youtube.com

 

model Layangan Sowangan
image by cyberspaceandtime.com

 

model
image by seruni.id

 

model Layangan Sowangan
image by news.detik.com

Itulah beberapa model unik dari layangan sowangan, ngga kalah keren kan tentunya. Pasti kalian pada kebingungan kan dengan cara pembuatan layangan ini. Disini saya akan memberitau kepada kalian cara pembuatan layangan ini.

Cara Membuat Layangan Sowangan

Sebelum membuat layangan ini, kita juga memerlukan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat layangan ini. Adapun alat dan bahan yang diperlukan, antara lain:

Alat Dan Bahan

  • Bambu
  • Kertas Minyak
  • Benang Bowl
  • Gunting
  • Lem
  • Gergaji

Setelah alat dan bahan telah terpenuhi, selanjutnya kita akan menuju ke kerangka cara pembuatan layangan ini.

Kerangka Pembuatan

Cara pembuatan layangan ini sangat mudah lho cuy. Simak cara pembuatan layangan ini:

  • Potong bambu menggunakan gergaji sebagai kerangka awal layangan sesuai keinginan.
  • Ikat bambu untuk menyatukan bambu sebagai kerangka.
  • Rekatkan kertas minyak menggunakan lem pada kerangka yang sudah ditentukan.
  • Tunggu hingga mengering
  • Layangan siap untuk diterbangkan

Itulah cara simpel pembuatan layangan sowangan. Bentuk dari layangan sowangan dapat kita tentukan sesuai keinginan masing-masing. Yuk tengok penampakan keseruan permainan layangan sowangan ini.

Penampakan Permainan Layangan Sowangan

Penampakan Permainan
image by balipost.com

 

Penampakan Permainan Layangan Sowangan
image by malangtimes.com

 

Penampakan Permainan
image by cara.pro

 

 Layangan Sowangan
image by tribunnews.com

Seru banget ngga tuh? tentunya seru banget kan. Menurut saya permainan tradisional lebih seru dan menarik dibandingkan permainan anak-anak jaman sekarang. Selain untuk hiburan, permainan ini dapat mengingatkan kita tentang betapa serunya permainan tradisional.