Review Perkembangan Stasiun Jember ( Dulu vs Sekarang )

Stasiun Jember – Seiring berjalannya waktu, perkembangan transportasi di Indonesia semakin maju. Seperti yang bisa kita rasakan sekarang, perkembangannya dapat kita lihat dari segi pembangunan fasilitas umum dan reservasi tiket yang sangat mudah kita dapatkan.

Dari perkembangan tersebut kita dapat merasakan kenyamanan fasilitas yang disediakan dan lebih memudahkan kita untuk mencari informasi tentang pemesanan tiket.

Disini saya akan membahas perkembangan transportasi Stasiun Jember ( Dulu Vs Sekarang ). Sebelum saya akan mengulas secara detail mengenai perkembangan Stasiun Jember, siapa sih yang belum tau lokasi stasiun ini ? Yups bener banget, stasiun ini terletak di pusat Kota Jember. Yuk langung kita tengok…

Lokasi Stasiun Jember

Berdasarkan lokasi diatas Stasiun Jember berada di Jl. Wijaya Kusuma No.5, Tegal Rejo, Jemberlor, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68118.

Sejarah Singkat Stasiun Jember

Stasiun ini berdiri pada tahun 1897 dengan nama sebelumnya yaitu Djember. Tujuan utama dari dibangunnya Stasiun ini untuk mempermudah pengangkutan barang yang di perjualkan seperti gula, tembakau dan karet.

Seiring berjalannya waktu, stasiun ini direnovasi pada tahun 2007-2008 dan 2015-2016. Sehingga saat ini kita dapat merasakan kemewahan stasiun yang sangat mwegah bagi warga Jember khususnya.

Adapun fasilitas yang disediakan di Stasiun kebanggaan masyarakat jember ini seperti:

Fasilitas Stasiun

Fasilitas yang dimaksud adalah fasilitas umum yang tersedia seperti tempat parkir, tempat njajan, ruang tunggu, toilet, mushola, dst. Yuk langsung kita intip penampakan fasilitas tersebut.

Parkiran Stasiun Jember

Parkiran Stasiun Jember
tempat parkir

Tempat Njajan

Tempat Njajan
Tempat njajan

Ruang Tunggu

Ruang Tunggu
image by ikon-transport.biz

Toilet

Toilet
toilet stasiun

Masjid

Masjid
Tempat beribadah

Smoking Area

Smoking Area
Image by bolehmerokok.com

Itu dia beberapa penampakan fasilitas umum yang ada di Stasiun yang terkenal dengan sebutan kota tembakau ini. Tentunya ngga kalah keren dengan stasiun yang lain kan. Saya juga akan mengulik sedikit tentang perbedaan Stasiun dulu dan Stasiun sekarang. Perbedaannya pun ngga jauh-jauh dari fasilitas dan pembangunannya.

Apa Aja Sih Perbedaannya ?

Perbedaannya dapat kita lihat dari parkiran, kemudahan memesan tiket, peraturan dst. Langsung aja deh kita lihat bareng-bareng perbedaan atau perkembangannya dulu dan sekarang.

Tempat Parkir Stasiun Jember

Sebelum pembangunan dilakukan, tempat parkir stasiun ini sangat terbatas. Namun seiring berjalannya waktu, tempat parkir ini sedikit demi sedikit mengalami perbaikan dengan memperluas lahan parkir yang di sediakan. Alhasil tempat parkir Stasiun ini menjadi nyaman dan masyarakat lebih mempercayai tingkat keamanan kendaraan yang di parkir.

Kanopi Stasiun Jember

Pembangunan yang dilakukan pihak stasiun menghasilkan kanopi sebagai atap yang berfungsi untuk melindungi calon penumpang dari panas cahaya matahari dan terpaan hujan. Adanya kanopi ini juga menambah kenyamanan para calon penumpang yang akan bepergian menggunakan transportasi kereta api di Stasiun ini.

Pintu Kedatangan

Pintu kedatangan ini juga mengalami pembangunan dari pihak Stasiun Jember. Menurut saya pintu kedatangan Stasiun saat ini dibangun dengan gaya arsitektur yang lebih modern.

Pemesanan Tiket

Nah, pemesanan tiket kereta api sudah mengalami perubahan cuy. Selain kita dapat memesan tiket secara langsung, kita juga dapat memesannya dengan via online. Pemesanan tiket secara online bisa kita lakukan kapan aja dan dimana saja, kebanyakan pemesanan tiket ini dilakukan melalui handphone.

Dengan perkembangan teknologi ini, kita dapat lebih mudah dalam pemesanan tiket. Jadi kita ngga perlu datang langsung ke stasiun untuk membeli tiket cuy.

Peraturan Dan Keamanan

Peraturan dan keamanan stasiun mulai diperketat. Dulunya siapa pun diperbolehkan menunggu kedatangan kereta di ruang tunggu yang terdapat di dalam stasiun. Namun saat ini pihak stasiun ingin menambah tingkat kenyamanan para calon penumpang dengan cara tidak memperbolehkan penjemput atau pengantar calon penumpang untuk menunggu didalam.

Kurang lebih seperti itulah perbedaan dan perkembangan yang dapat kita rasakan. Lalu bagaimana dengan penampakan Stasiun kebanggan masyarakat Jember

Penampakan Stasiun Jember

penampakan stasiun jember
Image by iinctagram.com/@chirst_anindita

 

Penampakan stasiun jember
Image by instagram.com/@masdito_

 

Penampakan stasiun jember
Image by kelanakota.suarasurabaya.net

 

penampakan stasiun jember
Image by instagram.com/@vivilutviana

Distasiun ini juga terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat kita rasakan. Bagaimana jika kita mengulik tentang kelebihan dan kekurangan Stasiun Jember ini.

Kelebihan Dan Kekurangan

Kelebihan

Menurut pengalaman pribadi saya, kelebihan dari Stasiun ini yang sekarang yaitu kenyaman para pengunjung yang sangat baik, terutama pada bidang fasilitas yang sangat membantu masyarakat pada umumnya. Tentunya kelebihan satasiun ini juga terdapat pada pembelian tiket, loket pembelian tiket di stasiun ini dibuat khusus agar calon penumpang tidak berdesak-desakan dengan para pembeli tiket karena antriannya yang sangat panjang.

Apa lagi pembelian tiket kereta saat ini dapat kita lakukan dengan pemesanan online. Jadi kita tidak perlu mengantri untuk membeli tiket kereta yang kita inginkan. Adapun kelebihan stasiun pada umumnya, terutama dalam segi keamanan yang semakin ketat.

Kekurangan

Menurut saya kekurangan dari Stasiun ini terletak pada tersedianya lahan kosong yang masih belum dimanfaatkan sebaik-baiknya. Adapun juga tempat parkir yang belum beratap, dalam arti tempat parkir ini masih terbuka sehingga kendaraan yang diparkir bisa saja terkena panas dan hujan.

Sebaiknya pihak Stasiun dapat memanfaatkan lahan kosong yang tersedia menjadi bangunan yang bermanfaat seperti restaurant, cafe, atau taman untuk menjadi daya tarik pengunjung sekaligus menjadi spot foto.