Pesona Gumuk Sepikul menjadi daya tarik wisata akhir pekan

GUMUK SEPIKUL– Musim kemarau adalah musim yang tepat untuk mendaki gunung. Selain cuaca yang cerah kita juga terhindar dari cuaca buruk seperti hujan, badai, petir, tanah longsor dan lain-lain saat mendaki.

Mendaki gunung itu seru banget lho lur. udah pernah mendaki gunung belum? Bagi kalian yang masih belum pernah melakukan pendakian gunung. Sebelumnya aku saranin untuk memulai mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi ya..

Mengapa demikian? Karena kita perlu beberapa persiapan mulai dari persiapan mental dan fisik untuk mendaki gunung yang tinggi. Buat kalian yang bingung mencari tempat untuk belajar mendaki, nih aku kasih tahu tempat yang cocok untuk belajar mendaki.

Gumuk Sepikul

Tentunya ngga tau kan apa itu Gumuk Sepikul? Nih.. Aku jelasin yaaa

1. Makna Dari Nama

Sebagian besar masyarakat menyebutntasebagai gunung kembar, mengapa demikian. Karena bukit ini kembar dan berdekatan. Ngomong-ngomongudah tau belum apa sih Gumuk itu? Nih aku kasih tau..

Berdasarkan namanya, Gumuk adalah sebutan atau nama lain dari bukit kecil menurut masyarakat Jawa, terutama masyarakat Jember, Jawa Timur. Sedangkan Sepikul adalah sebutan masyarakat Jember, karena ukuran bukit ini seperti satu pikulan. Jadi dapat disimpulkan bahwa Gumuk Sepikul adalah bukit kecil yang berukuran satu pikulan. wihh, namanya aja udah keren.

2. Asal Usul

Awalnya tidak banyak orang tau mengenai gumuk ini, tetapi seiring berjalannya waktu gumuk ini dikenal karena menjadi salah satu tempat belajar mendaki anak pecinta alam seperti repling, pengenalan medan dan lain-lain. Yang kemudian gumuk ini terkenal luas di kota Jember. Udah tau tempatnya belum? Nih aku kasih tau dimana letak Gumuk Sepikul…

Lokasi

Gumuk ini terletak di Sumber Suko, Pakusari, Kec. Pakusari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Bukit yang tidak terlalu tinggi, tetapi treknya bikin kangen deh. Lumayanlah melemaskan otot dengkul, apalagi yang jarang olahraga wkwkwk. Kepo sama keindahannya ya? yuk deh aku kasih tau apa aja sih keindahan di Bukit Sepikul yang terkenal di kota Jember ini.

Pesona Landscaping

 1. Suasana Camping Saat Malam Hari

Bermalam Di Gumuk Spikul
Suasana camp di malam hari

Suasana camp di malam hari itu seru lho lurd, apalagi di temenin kopi sambil liat pemandangan yang ada…. wiihhh Nikmat banget tuhh, di jamin ngga bakalan rugi deh kalo main ke bukit ini

2. Pemandangan Gunung Raung Dari Gumuk Sepikul

Pemandangan Gunung Raung
image by instagram/@devipermata17_

Indah banget kan, pemandangan gunung raung dari bukit ini selalu membuat mata kenyang dengan pesonanya. Apalagi ditemenin Bidadari dari surga kaya mbak-mbak diatas yakann… Surga dunia banget tuh wkwkwkwk

3. Sunset Di  Gumuk Sepikul

sunset
image by instagram.com/@devitul99

Sunset merupakan salah satu momen yang paling di tunggu yakan? Di Gumuk Sepikul sunsitenya ngga kalah indah lho guys. Nikmat  banget tuh, apa lagi sunsetnya di temenin doi sambil ngopay yakan wkwkwk

4. Pemandangan sawah – sawah saat pagi hari

Pemandangan sawah sawah saat pagi hari 
image by instagram.com/@alfiatur.fr

Pemandangan sawah di pagi hari pun ngga luput dari salah satu keindahan yang ada, keren banget kan? Bukit ini memang banyak banget deh keindahannya.

5. Sunrise Di Gumuk Sepikul

sunrise di gumuk sepikul
image by instagram.com/@deska.dwzhr

Keindahan sunrise di bukit ini sangatlah indah bukan? Keindahan alam memanglah anugrah tuhan yang sangat luar biasa. oleh karena itu cintailah alammu, maka alam yang mencintaimu  wkwkwk….

Sport Olahraga Di Gumuk Sepikul

Gumuk sepikul juga bisa buat olahraga rock climbing lho! Udah tau belum apa itu Rock Climbing? Rock climbing itu adeknya Wall climbing. Masi ngga tau? Yaudah aku kasi tau deh.

1. Gumuk Sepikul Rock Climbing

Dalam dunia extreme sport yang lebh dikenal dekat dengan alam, Rock Climbing banyak diminati oleh para pendaki yang lapar adrenalin. Bagi kalian yang awam sama olahraga ini, nggausah kawatir. Sebelum berangkat ke tebing – tebing terjal, ada baiknya kalian coba “Wall Climbing”.

Keduanya sama-sama olahraga panjat memanjat, cuma beda di medianya aja. Nih bagi kalian yang belum tau perbedaannya aku kasih tau.

Gumuk Sepikul Rock Climbing
image by instagram.com/@pissalia1995

Apasih Rock Climbing itu?

Rock Climbing adalah olahraga alam bebas yang merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak biasa.

Gumuk Sepikul Rock Climbing
image by instagram.com/@mattkrekau

Rock Climbing atau yang sering disebut panjat tebing pada umumnya dilakukan di daerah bebatuan tebing yang tingkat kemiringannya mempunyai tingkat kesulitan tertentu.

2. Wall Climbing

Wall Climbing
Image by instagram.com/@kjjr11

Wall Climbing adalah jenis olahraga memanjat dinding yang berbentuk serupa dengan tebing, dengan replika batu yang disebut point untuk pegangan tangan dan kaki.

Itu dia beberapa keindahan Bukit Sepikul, gimana guys? Apakah kalian tertarik mengunjunginya ? Bagi kalian yang ingin mencoba mendaki, ini nich tempatnya. Jalannya gampang, tidak usah takut hilang, deket sama pemukiman warga kok. Sekian dulu ya lurd, udah waktunya bubuk nih… wkwkwk. oiya, jangan lupa share pendapat kalian di kolom komentar ya… See you lurrr