Daftar Pencak Silat Paling Terkenal Di Jember

Pencak Silat – adalah seni bela diri tradisional yang berasal dari indonesia. Beladiri ini juga merupakan contoh unsur-unsur kepribadian bangsa indonesia yang turun menurun. Beladiri ini sudah ada sejak jaman dahulu di indonesia. Hal ini bisa kita lihat dari masa penjajahan, karena pada masa tersebut indonesia melawan penjajah menggunakan seni bela dirinya.

Udah tau belum apa arti dari pencak silat itu? Arti dari kata pencak silat adalah pencak berarti permainan atau keahlian untuk mempertahankan diri dengan cara menangkis dan mengelak. Sedangkan kata silat berarti olahraga atau permainan yang mendasar untuk menyerang dan membela diri. Berikut adalah contoh pencak silat yang terkenal di kota jember.

1. Pencak Silat PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate)

Pencak Silat PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate)
Foto Organisasi

PSHT adalah singkatan dari Persaudaraan Setia Hati Terate. PSHT didirikan pada tahun 1922 oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo.

Tentunya udah tau Padepokan Agung PSHT ini dimana kan? iya, bener Padepokan PSHT sendiri terletak di Madiun, tepatnya di Jl. Merak No.10, Nambangan Kidul, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63128

Lokasi

Sejarah Singkat Berdirinya Pencak Silat PSHT

Pada tahun 1903 di kampung tambak gringsing surabaya. Ki Ageng Soero Dwiryo mendirikan dasar Pencak Silat Setia Hati. Lalu pada tahun 1922 Ki Hadjar Hardjo Oetomo meminta izin kepada Ki Ageng Soerodiwirjo, yang salah satu syaratnya adalah mengganti nama yang berbeda.

Maka ki hardjo oetomo mendirikan Setia Hati “Pemuda Suport Club” atau SH PSC. Dan kemudian menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate atau PSHT pada tahun 1948 dalam kongres pertamanya di Madiun.

Beberapa Prestasi Yang Di Raih PSHT

PSHT ini meraih berbagai prestasi di kancah Nasional maupun Internasional. Berikut beberapa prestasi yang diraih Persaudaraan Setia Hati Terate.

1. Menjuarai Kejuaraan Internasional

Menjuarai Kejuaraan Internasional
image by UNAIRNEWS.com

2. Menjuarai Kejuaraan Nasional Di Lampung

Menjuarai Kejuaraan Nasional Di Lampung
Image by TribunSumsel.com

Itu dia Beberapa prestasi PSHT atau Persaudaraan Setia Hati Terate, Keren banget kan? Ngga hanya jago di bidang seni bela diri, Pencak Silat ini juga mempunyai segudang prestasi di kancah Internasional.

2. Pencak Silat Pagar Nusa

Pencak Silat Pagar Nusa
Foto Organisasi

Pagar Nusa atau dikenal sebagai Pencak Silat Nahdlatul Ulama (NU). Pagar Nusa dibentuk pada tanggal 3 Januari tahun 1986 di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur. Dan kemudian disahkan NU melalui surat keputusan pada tanggal 9 Dzulhijjah 1406 / 16 Juli 1986.

Udah tahu belum, letak pusat berdirinya Pagar Nusa ini?

Lokasi Pencak Silat Pagar Nusa

Pagar Nusa didirikan di Pondok pesantren Lirboyo terletak di Lirboyo, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64117

Sejarah Singkat Berdirinya Pagar Nusa

Lahirnya Pagar Nusa berawal dari keprihatinan para Kiyai NU terhadap menurunnya ilmu beladiri pencak silat di pesantren. Yang awalnya pencak silat merupakan kebanggaan yang menyatu dengan kehidupan dan kegiatan pesantren.

Di sisi lain, juga banyak berdirinya organisasi silat yang beranekaragam dalam segi agama, aqidah, maupun kepercayaannya. Lalu  pada tanggal 3 Januari tahun 1986 di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur. Dan kemudian disahkan NU melalui surat keputusan pada tanggal 9 Dzulhijjah 1406 / 16 Juli 1986.

Beberapa Prestasi Pencak Silat Pagar Nusa

Pagar Nusa juga mempunyai banyak prestasi lho, salah satu prestasinya adalah pada kejuaraan ASEAN School Games. Yuk deh intip bareng-bareng.

1. Prestasi Pencak Silat Di Kancah ASEAN School Games

Prestasi Pencak Silat Di Kancah ASEAN School Games
Image by instagram.com/@prestasipagarnusa

2. Prestasi Kejuaraan Tingkat Asia-Eropa

Prestasi Kejuaraan Tingkat Asia-Eropa
Image by instagram.com/@prestasipagarnusa

Tentunya prestasi merupakan hal yang sangat di banggakan, tentunya meraih prestasi tidak segampang itu. Prestasi yang di dapat tentunya tidak lepas dari sebuah proses yang begitu panjang.

3. Pencak Silat IKSPI Kera Sakti

Pencak Silat IKSPI Kera Sakti
Foto Organisasi

IKSPI atau Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia Kera Sakti. IKSPI Kera Sakti ini berpusat di desa bunduran wonosari kabupaten madiun.IKSPI Kera Sakti didirikan pada tanggal 15 januari 1980 oleh Raden Totong Kiemdarto. IKSPI juga mempunyai padepokan di Jl. Letjend Sutoyo, Buduran, Kec. Wonoasri, Madiun, Jawa Timur 63154.

Lokasi

Sejarah Singkat Berdirinya IKSPI

Sebelum Raden Totong Kiemdarto mendirikan Pencak Silat IKSPI, Ia pernah belajar silat, gulat, dan lumpo. Ia belajar bersama almarhum Bapak Tarmadji Budi Harsono mantan ketua Persaudaraan Setia Hati Terate.

Rateng Totong saat remaja sempat tinggal di negeri tirai bambu atau Cina dan belajar kungfu. Setelah Ia pulang, Ia bertemu dengan Victor Lie Kuang Hwa pendiri Ikatan Keluarga Silat Pro Patria. Beliaulah pendorong Raden Totong agar mendirikan perguruan. Kemudian berdirilah Pencak Silat IKSPI Kera Sakti ini pada tanggal 15 januari 1980.

Beberapa Prestasi IKSPI Kera Sakti

Nggausah lama-lama deh, Pastinya udah kepo kan sama prestasi mereka? Yuk kita intip langsung prestasi IKSPI Kera Sakti

1. Kejurnas Malang Championship

Kejurnas Malang Championship
Image by instram.co/@Iqbalmuzaqi75

Hebat banget kan, masih kecil udah meraih prestasi di kancah Nasional lagi. Wihh, pastinya bangga banget tuh orang tuanya

4. Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Tapak Suci Putera Muhammadiyah
Foto Organisasi

Tapak Suci Putra Muhammadiyah atau disingkat Tapak Suci, berdiri pada tanggal 10 Robiul Awal 1383 Hijriyah atau pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman Yogyakarta. Udah tahu belum Gimana Padepokan tapak suci ini? Nih, aku kasih tau..

Lokasi

Padepokan Tapak Suci terletak di Jalan Kates Raya No. 44, Tembok Banjaran, Adiwerna, Banjaran, Tembok Banjaran, Kec. Adiwerna, Tegal, Jawa Tengah 52194

Latar Belakang Didirikannya Tapak Suci

Organisasi ini berdiri atas desakan murid perguruan kasegu kepada Moh.Barrie Irsyad agar mendirikan perguruan untuk menggabungkan perguruan sejalur seperti cikuman, seranoman, dan kesegu.

Kemudian berdirilah pencak silat Tapak Suci pada tanggal 31 Juli 1963 di Kauman Yogyakarta yang diketuai oleh ketua umum pertama Tapak Suci yaitu Djarnawi Hadikusumo.

Beberapa Prestasi Tapak Suci

Organisasi ini juga mempunyai banyak sekali prestasi, bahkan Pencak Silat ini juga ada di negara lain. Seperti di negara Taiwan yang berhasil menjuarai kejuaraan Nasional di Taiwan lho! Nih, aku kasih tau..

1. Prestasi Tapak Suci Taiwan

Prestasi Tapak Suci Taiwan
Image by umm.ac.id

2. Kejuaraan Open Championship Di Jember

Kejuaraan Open Championship Di Jember
Image by UNAIR NEWS

Itu dia beberapa prestasi yang di raih Tapak Suci, ngga kalah keren kan? Siapa sih yang ngga pengen meraih prestasi, tentunya semua orang pasti ingin.

Nah, itulah beberapa Pencak Silat yang paling terkenal di kota Jember. Beladiri ini sangat beragam di negara kita, oleh karena itu kita harus mempertahankan hal tersebut dengan cara menghargai perbedaan dan tidak sombong tentunya.

“Bukan berarti perbedaan menjadi suatu alasan untuk bermusuhan, tetapi jadikan perbedaan sebagai kunci keaanekaragaman yang dapat disatukan.” Sampai jumpa guyss…