Pantai Bandealit Jember, Surga Tersembunyi Penuh Misteri

WONGJEMBER.COM – Mengunjungi Pantai sebagai salah satu Destinasi Wisata Alam bersama teman maupun keluarga merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan. Kondisi Pantai yang luas serta udara sejuk memang sangat sesuai jika ingin berlibur bersama rombongan. Apalagi jika Pantai tersebut bersih, indah dan memiliki daya tarik tersendiri mulai dari pasir yang unik, bentuk, biota laut, serta layanan yang tersedia.

Pantai Bandealit merupakan wisata pantai yang memiliki keindahan alam yang masih alami dan jarang terjamah di Kota Jember. Meski keindahan Pantai Bandealit ini tidak sepopuler Pantai Papuma di Jember, namun pantai yang satu ini memiliki daya tarik dan pesona tersendiri yang mampu memanjakan para pengunjungnya.

Lokasi yang jarang dijamah wisatawan dan tersembunyi ini mempunyai medan yang cukup sulit sehingga membuat pantai ini tidak seramai pantai populer lainnya. Namun bagi kalian yang suka tantangan, pantai yang satu ini tepat menjadi destinasi menarik yang mengasyikkan untuk ditaklukkan.

Pantai Bande Alit terletak di Taman Nasional Meru Betiri Jember. Taman Nasional Meru Betiri ini merupakan Taman Nasional yang dikenal sebagai hutan tropis dataran rendah. Taman Nasional ini memiliki beragam kekayaan aneka ragam hayati dan keindahan pantainya yang tiada tara.

Selain itu ada surga tersembunyi di sisi ujung Taman Nasional Meru Betiri, surge tersembunyi itu adalah sebuah pantai yang cantik dan penuh misteri. Yaps, apalagi kalau bukan Pantai Bandealit!

Penasaran dengan keindahan dan misteri pantai bandealit ini? Yuk simak ulasan tentang wisata pantai bandealit yang meliputi lokasi dan rute perjalanan, harga tiket masuk, fasilitas pantai, pesona keindahan dan misteri dibalik keindahan Pantai Bandealit Jember.

Lokasi dan Rute Perjalanan Pantai Bandealit

Pantai Bandealit ini berlokasi di antara Kabupaten Jember dan Banyuwangi yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang merupakan kawasan yang dilindungi oleh pemerintah. Secara Administratif Wisata Bandealit ini berada di Desa Andongrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember atau 60 km arah selatan kota Jember.

Jika perjalanan menuju Pantai Bandealit dimulai dari pusat kota Jember, kalian akan melanjutkan perjalanan sepanjang 35 kilometer ke arah selatan menuju Kecamatan Tempurejo, lalu melanjutkan kearah Desa Andongrejo hingga sampai pada Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai Bandealit ini persis berada di ujung Taman Nasional Meru Betiri sehingga untuk mencapai Pantai haruslah terlebih dahulu melewati taman nasional.

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota Jember tidak usah bingung. Jika sudah sampai di Kota Jember pengunjung hanya perlu mengikuti rute yang sudah dijelaskan sebelumnya atau juga bisa menggunakan GPS diperangkat smartphone kalian.

Akses perjalanan menuju Pantai ini cukup sulit untuk dilalui. Bagi yang pertama kali ingin mengunjungi Pantai ini disarankan mengajak teman atau orang yang sudah pernah menuju kawasan wisata ini menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan pada agen travel yang tersedia di kota Jember.

Disarankan juga bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai ini menggunakan kendaraan adventure berjenis trooper atau double gardan. Karena kendaraan tersebut yang akan membantu memudahkan kalian sehingga cepat sampai ke tempat tujuan.

Harga Tiket Masuk  

Harga tiket masuk untuk pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 per orang. Cukup terjangkau bukan? sangat cocok bagi yang ingin membawa rombongan keluarga.

Pantai Bandealit ini buka selama 24 jam dengan beberapa petugas penjaga yang merupakan pengelola Pantai ini. Jadi Pantai ini cukup aman untuk dikunjungi karena adanya sistem penjagaan tersebut.

Fasilitas Pantai Bandealit 

Selain penjagaan yang aman, fasilitas di wisata Pantai ini cukup lengkap seperti penginapan, pondok wisata, toilet dan area parker. Selain fasilitas tersebut di pantai ini juga disediakan perlengkapan camping ground, body board, kano, shelter dan Speed Boat.

Bagi yang bingung masalah makanan disana ngga usah khawatir karena beragam hidangan kuliner bisa anda temukan dengan mudah di area wisata pantai tersebut.

Keindahan Pantai Bandealit 

Pesisir Pantai
Pesisir Pantai Bandealit | reresapan.com

Panorama laut yang indah yang berpadu dengan hamparan hijau hutan lindung yang lebat membuat suasana di Pantai Bandealit ini sejuk dan menawan, deburan ombak yang berkejaran menambah indah pemandangan pantai ini.

Bagi yang hobi berselancar, pantai ini juga sangat cocok bagi anda yang suka berselancar. Selain itu camping di area pantai ini juga sangat mengasyikkan dan asyiknya di area pantai ini juga menyediakan perlengkapan untuk camping seperti tenda, hammock dan alat pendukung lainnya, jadi tidak perlu repot-repot untuk membawanya.

Oh iya satu lagi nih aktivitas yang sangat menarik yang bisa kalian nikmati yaitu berkano menyusuri keindahan Pantai Bandealit yang akan membuat liburanmu sangat mengesankan.

Cano
Serunya Bermain Kano di Pantai Bandealit | wisatajatim.info

Misteri Pantai Bandealit Jember

Pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya yang natural ini juga memiliki misteri yang menjadi kepercayaan masyarakat sekitar dan para pengunjung. Pantai cantik yang tersembunyi ini dikenal cukup angker dan mempunyai berbagai cerita mistis.

Banyak cerita mistis yang tersimpan dibalik keindahan Pantai Bandealit ini. Yang paling menyita perhatian adalah keberadaan “Siwil” atau sesosok makhluk kerdil yang mirip seperti manusia. Menurut cerita masyarakat setempat ada beberapa pengunjung yang pernah melihat makhluk kerdil itu.

Beberapa wisatawan yang pernah mengunjungi Pantai Bandealit ini mengakui pernah melihat bahkan memfoto jejak kaki dari makhluk kerdil ini.

Siwil si Manusia Kerdil

Misteri manusia kerdil yang ada di pantai ini terus menyebar. Hingga pada tahun 1992 dua orang ilmuwan asal Inggris yang bernama Debbie Martyr dan Jeremy Holden pernah melakukan penelitian. Kedua ilmuan asal inggris ini melakukan penelitian disekitar Pantai Bandealit tentang keberadaan makhluk kerdil itu. Meskipun hasil dari penelitiannya tidak menunjukkan tanda-tanda keberadaan ‘Siwil’.

Namun menurut kesaksian beberapa pengunjung, mereka pernah secara langsung meilhat manusia kerdil ini. Mereka melihat manusia yang berukuran tidak sampai 1 meter ini berkeliaran membawa tombak di pesisir pantai mencari ikan.

Beberapa nelayan yang biasa mencari ikan pun pernah diganggu oleh manusia-manusia kerdil ini. Hasil tangkapan mereka berantakan dan dicuri oleh manusia kerdil. Percaya atau tidak percaya kalianlah yang harus membuktikannya sendiri.

Pantai Bandealit ini jarang dikunjungi oleh para wisatawan karena terkenal akan pantai yang angker dan penuh hal-hal mistis didalmnya. Padahal pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Apalagi jika kalian bermalam bersama teman atau sahabat kalian di bawah bintang-bintang di bibir Pantai.

Berbagai cerita mistis yang ada di Pantai ini tidak semenyeramkan seperti cerita yang sering kita dengar, justru suasana tenang dan sunyi di Pantai ini yang membuat kalian betah berlama-lama bermalam di kawasan ini.

Di sisi lain kita tetap meyakini bahwasanya ada makhluk lain diluar penglihatan kita yang hidup di bumi kita ini. Asal kita saling menghargai ciptaan Tuhan dan tidak melakukan perilaku atau hal-hal yang melanggar norma.