Pesona Kebun Teh Gunung Gambir, Surga Tersembunyi di Kabupaten Jember

WONGJEMBER.COM – Menikmati kesejukan di kebun teh Gunung Gambir. Menawarkan pesona kecantikan alam, yang mempunyai daya tarik keindahan dan kesejukan yang bagus serta dapat melupakan sejenak pekerjaan yang membebani hidup Anda selama sepekan penuh. Pemandangan yang asri juga kebun teh yang berwarna hijau dapat membuat yang berada di sana merasa tenang. Selain itu keindahan kebun teh ini tak kalah dengan kebun teh di tempat lainnya.

Sekilas tentang Kebun Teh Gunung Gambir

Gunung Gambir
Kebun Teh Gunung Gambir | blusukanjember.web.id

Kebun teh Gunung Gambir (Green Tea Plantations) , merupakan salah satu destinasi agrowisata yang sebenarnya pada awalnya hanyalah sebuah perkebunan teh yang ditanam pada tahun 1918, 1923 dan 1927 yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII.

Lahan ini didirikan pertama kali kolonial Belanda sejak tahun 1918 dan berada di ketinggian 900 M dari permukaan laut. Memang tak banyak yang mengetahui keberadaan kebun teh ini bahkan warga jember sendiri. Lokasinya yang berada lereng Gunung Argopura tersebut membuat wisatawan kurang mengenal Perkebunan Teh Gunung Gambir ini.

Lereng Gunung Argopuro memiliki unsur tanah dan kelembaban udara yang ideal untuk sebuah perkebunan teh, terutama yang ada diperkebunan teh Gunung Gambir. Di sini dikembangkan 8 jenis teh yang dikenal juga dengan teh bir atau beer tea.

Di kawasan ini kalian bisa melihat secara langsung para pekerja memetik pucuk teh juga bisa melihat proses pengeringan juga proses lainnya mengenai teh dan kalian juga bisa mencicipi produk teh dari tempat wisata ini.

Akses dan Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir

Untuk dapat mencapai lokasi kebun teh ini, kita harus melewati jalanan yang cukup terjal dan berbatu alias makadam. Kondisi jalanan kurang bersahabat, itu artinya jalanan masih banyak yang rusak. Diperlukan perbaikan akses menuju lokasi di kemudian hari, demi keberlangsungan para wisatawan. Jadi sangat tidak disarankan menggunakan sepeda motor matic demi kenyamanan berkendara kalian.

Menuju ke wisata ini dan sebaiknya datang bersama teman-teman, karena kondisi jalan cukup sepi, dan juga untuk menjaga-jaga hal yang tidak diinginkan. Untuk rutenya, arahkan kendaraan kalian menuju desa Gelang yang mana di sepanjang perjalanan anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau persawahan, kebun karet, kopi yang akan menghiasi pemandangan Anda.

Lokasi ini terletak di kawasan desa Gelang, kecamatan Sumberbaru, kabupaten Jember. Tepatnya berada di lereng pegunungan Argopuro dengan ketinggian 900 mdpl, yang berjarak sekitar 48 km dari pusat kota. Lokasi perkebunan ini terletak di perbatasan antara Probolinggo dengan Jember.

Jika masing bingung, nyalakan lokasi ponsel Anda. Ikuti petunjuk google map di atas.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Gunung Gambir

Loket Gunung Gambir
Loket Masuk | wisataalamjember.wordpress.com

Untuk masuk ke area kebun teh,cukup membeli tiket masuk gunung gambir seharga Rp 10 ribu saja. Selanjutnya kamu bisa bebas berkeliling kebun teh dan menikmati sejumlah fasilitas yang ada. Untuk biaya parkir, bagi pengendara roda dua dikenai tarif Rp 2 ribu dan roda empat Rp 5 ribu rupiah saja.

Jam Operasional Kebun Teh Gunung Gambir

Kalian bisa mengunjungi Pondok Pesona Kebuh Teh Gunung Gambir everyday, gampangannya tiap hari buka dari jam 07.00 – 17.00.

Fasilitas di Kebun Teh Gunung Gambir

Kolam Renang
Fasilitas Kolam Renang | hafizfansclub.com

Selain menawarkan pesona alamnya yang menawan di lokasi wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seru yang bisa di gunakan bagi para pengunjung.

Di antaranya seperti camping ground (bumi perkemahan) bagi pecinta alam, jogging track, tea walking (jalan menuju kebun teh), inn (penginapan), meeting room (ruang pertemuan), lapangan tenis, gedung olahraga badminton, villa, dan fasilitas umum lainnya yang bisa ditemukan dengan mudah di lokasi wisata tersebut.

Tempat ini cocok bagi kalian yang ingin berlibur bersama dengan sahabat, kerabat, keluarga mungkin juga buat kalian yang ingin memadu kasih bersama kekasih.

Teh Yabukita, Teh Rolas Premium

Teh Gunung Gambir
Teh Rolas Yabukita | distributortehcom

Teh yabukita merupakan teh asal Jepang yang hanya tumbuh di lereng pegunungan Argopuro Kebun Gunung Gambir Jember, Jawa Timur. Teh ini satu-satunya ada di Indonesia. Daunnya lebih kecil dan pucuknya spesifik seperti ada embunnya putih-putih.

Hingga saat ini kebun teh Gunung Gambir hanya mampu menghasilkan 50 kilogram serbuk teh yabukita per bulan. Harga per kilogramnya mencapai kisaran Rp 400 ribu. Untuk memaksimalkan kualitas, seluruh proses pengolahan mulai dari sortasi proses pemilihan grade daun teh, evaporasi menghilangkan kadar air dan terakhir proses pengeringan. Semua proses itu dilakukan secara manual.

Teh yabukita punya sensasi rasa yang khas. Seduhan teh yabukita juga semakin istimewa kala dinikmati di tengah balutan hawa sejuk pegunungan.
Rasanya seperti manis murni tanpa gula ya. Luar biasanya rasanya deh. Selain rasa yang khas, teh yabukita juga dikenal punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, kecantikan kulit, serta dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit jika dikonsumsi teratur.

Daya Tarik Kebun Teh Gunung Gambir

Jalan Kayu
Jalan Kayu Gunung Gambir | instagram.com

Pemandangan alam hijau tanaman daun teh yang tertata rapi. Bak savana yang menutupi lereng bukit Gunung Gambir merupakan poin tambahan yang akan menyambut setiap pengunjung yang datang. Udara sejuk dan bebas polusi akan membuat anda rileks dan nyaman berlama-lama dilokasi tersebut.

Selain itu para pengunjung juga bisa menyaksikan secara langsung proses pemetikan pucuk teh, pengeringan, pengepakan bahkan anda juga bisa mencicipi beberapa produk teh dari Gunung Gambir tersebut.

Spot Foto Instagramable

Foto Senja
Senja di Gunung Gambir | instagram.com

Di sini juga menawarkan panorama kebun teh cantik dipadu dengan spot Instagenic. Banyak spot Instagramable yang ditawarkan. Tapi jembatan kayu merupakan salah satu primadonanya.

Selfie-selfie, nah bagi kalian nih yang pada suka posting foto di instagram, posting foto-foto yang kekinian bagus banget kalau kalian semua mengunjungi tempat ini, ini tempat lagi tren bange. Spot foto bagus-bagus ala-ala selegram banget dah. Saran saya kalau memang niat untuk dapat foto bagus jangan lupa untuk membawa kamera.

Buat fotomu makin istimewa, jangan lupa untuk membawa kelengkapan atau aksesoris foto sendiri ya. Misalnya saja balon, payung, topi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ambil properti dengan warna-warna yang cerah. Fotomu akan terlihat makin cantik dan cakep aja ya.

Tips & Trik Menuju Kawasan Teh Gunung Gambir

Usahakan berangkat pagi-pagi sekali, supaya tiba dilokasi sekitar jam 6 atau 7 sehingga masih sepi pengunjung, terutama di saat weekend atau holiday.

Kalau mengendarai motor, motornya harus dalam kondisi prima, mesin maupun ban, jangan sampai terjadi ban pecah atau gembos, karena nggak ada tukang ban kalau sudah memasuki area perkebunan.

Kondisi badan harus fit biar kuat menghadapi kenyataan jalanan berbatu sepanjang trek perkebunan.

Dan yang terakhir jangan lupa berdoa sesuai dengan keimanan masing-masing. Agar diberikan kelancaran serta kemudahan dari awal keberangkatan hingga tiba di rumah masing-masing.

Sekian dulu ya tentang Pondok Pesona Kebun Teh Gunung Gambir. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari tempat liburan untuk berakhir pekan.

 

 

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.