Ayam Krispi McDono, McDonaldnya Wong Jember

WONGJEMBER.COM – Enak, harga murah dan porsi melimpah merupakan kriteria makanan paling ideal yang pasti dicari oleh kalangan mahasiswa. Sama halnya dengan makanan yang saat ini tengah populer di kalangan warga Jember, yaitu ayam krispi.

Olahan ayam goreng tepung yang ditumbuk hingga dagingnya terkoyak, kemudian disajikan dengan lalapan dan sambal bawang. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari 5.000 sampai 10.000 rupiah, yang pastinya sangat sesuai dengan kantong mayoritas pelajar atau mahasiswa.

Nah, di kota Jember sendiri ayam krispi menjadi salah satu menu makanan kebangsaan mahasiswa di kota Jember. Nyaris di setiap sudut jalan ada penjual ayam krispi. Di lajur Jalan Jawa saja, ada puluhan penjual ayam krispi.

Mewabahnya ayam krispi ini terjadi sejak ada warung makan Mc Dono. Ini tentu plesetan dari McDonald. Pendirinya adalah seorang lulusan kampus lain yang mencoba peruntungan jadi wirausahawan ayam goreng krispi.

Awal Mula Mc Dono

mc dono

Salah satu warung makanan yang terletak di Jalan Jawa (selatan Universitas Jember) yang pemiliknya akrab di panggil Udin ini termasuk barisan dari jutaan penduduk Indonesia yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

Untuk menyambung hidupnya, Udin berusaha untuk melamar ke sejumlah perusahaan. Namun tidak ada satupun lamarannya yang membuahkan hasil. Udin sempat di tempa kerasnya hidup di kota Jember selama lebih dari satu dasawarsa, akhirnya Udin bisa menjadi juragan Ayam Crispy.

Dalam waktu tak kurang dari sehari, puluhan kilo nasi + ayam krispi disantap habis oleh para pelanggannya, yang terentang dari golongan bawah sampai atas, khususnya para mahasiswa yang tinggal disekitar kampus.

Tak ubahnya dengan ayam goreng Mc Donald yang terkenal sampai se-antero ini, Ayam krispi Mc Dono juga mempunyai rasa yang berbeda dari ayam crispy lainnya. Hal ini karena pemilik warung ini mempunyai resep spesial sehingga rasa dari ayam tersebut mempunyai khas tersendiri. Dari keunggulan rasa yang khas ini, Mc Dono mungkin saja mampu bersaing dengan Mc Donald.

McDonald Vs McDono

mcdonald vs mcdono

Mc Donald merupakan perusahaan besar ayam goreng crispy yang sudah mendunia. Dimana derajat perekonomian para konsumennya mayoritas berasal dari tingkat menengah keatas, harganya pun relatif tinggi.

Berbeda dengan Mc Dono, Mc Dono adalah warung lesehan biasa yang para pemangsanya selain dari tingkat menengah kebawah juga banyak sekali dari tingkat menengah ke atas. Mulai dari anak kecil, remaja sampai orang tua semua ada di Mc Dono.

Selain itu harga di Mc Dono juga relatif terjangkau, sehingga semua kalangan dapat menikmatinya. Hanya dengan Rp. 7.000 kalian sudah bisa mendapatkan paket lengkap ayam krispi Mc Dono. Mulai dari nasi, ayam krispi, sambal, timun dan juga sayuran segar ala lalapan lainnya.

ayam krispi mc dono

Dengan porsi nasi yang sedang dan lalapan dengan sambalnya yang pedas dan gurih, ayam goreng Mc Dono menjadi semakin nikmat. Harga yang murah hanya 7.000 saja menjadikan Mc Dono diserbu oleh pelanggan-pelanggannya terutama dari kalangan mahasiswa. Anda juga bisa memesan 1 porsi Mc Dono dengan double ayam goreng.

ayam krispi mc dono

Mc Dono merupakan salah satu warung yang terlaris di Jalan Jawa. Mc Dono dapat dikatakan sebagai Pioner warung yang menyediakan menu ayam krispi. Semenjak warung ini semakin laris diburu para pelanggan, banyak sekali bermunculan warung-warung lain yang bermenu ayam crispy juga.

Akan tetapi, hal ini tidak menciutkan hati sang juragan Mc Dono sedikitpun, karena dengan banyaknya saingan dapat saja menyebabkan berkurangnya para pelanggan Mc Dono. Oleh karena itu, Mc Dono selalu menjaga resep andalan yang menyebabkan ayamnya selalu di buru orang. Kedepannya, Mc Dono diharapkan dapat seperti Mc Donald, mengembangkan usahanya dengan mendirikan banyak cabang-cabang di daerah tertentu.

Disamping itu, Mc Dono harus mempunyai stand-stand baru tanpa menggunakan ”Rombong” lagi sehingga warung ini akan semakin besar. terkenal dan tentunya meraih keuntungan yang besar serta dapat menciptakan peluang lapangan pekerjaan.

Lokasi Ayam Krispi McDono

lokasi mc dono

Secara fisik, Mc Dono memang sama dengan warung makan pinggir jalan lainnya yang hanya menggunakan terpal sebagai atap dan gerobak saja. Untuk menikmati Ayamg Goreng Mc Dono anda bisa memakannya langsung di tempat dengan cara lesehan atau dibungkus di bawa pulang.

Jangan salah untuk menemukan warung makan Mc Dono karena banyaknya warung makanan di pinggir jalan Jawa. Anda bisa mengenali warung MC Dono ini dengan papan nama yang tertulis di gerobak. Ketika anda ingin menikmati ayam goreng Mc Dono, anda harus antri dulu karena Mc Dono selalu ramai diserbu pembeli.

Sampai saat ini Mc Dono sebagai pelopor ayam krispi di Jember ini masih mangkal di Jalan Jawa, di depan Fakultas Sastra. Oh ya kalau kalian beli ayam krispi di Mc Dono Jember ini jangan lupa minta gur gur. Ini sebutan untuk remahan tepung garing. Lumayan kan sebagai penambah tekstur dan pengganti kerupuk hehe.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.