Agrowisata Jember Yang Wajib Kalian Kunjungi

Agrowisata Jember – Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur, yang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di sebelah utara, Kabupaten Banyuwangi di sebelah timur, Samudera Hindia di sebelah selatan, dan Kabupaten Lumajang di sebelah barat.

Kota Jember memiliki banyak sekali kekayaan alam , tak hanya pantai, jember juga memiliki berbagai perkebunan yang menarik untuk dikunjungi. Perkebunan yang ada di Jember ini dapat dijadikan salah satu tempat untuk belajar dan juga berwisata baik untuk masyarakat lokal maupun asing. Berikut ini 4 Agrowsiata yang ada di Kota Jember

Agrowisata Jember Kebun Teh Gunung Gambir

Kebun teh
Indahnya Pemandangan Perkebunan Teh Gunung Gambir | blusukanjember.web.id

Seperti perkebunan teh pada umumnya, kebun teh Gunung Gambir Jember ini menyajikan pemandangan alam yang menyegarkan. Hamparan tanaman teh yang menghijau ditambah dengan sejuknya udara pegunungan menjadikan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Pesona keindahan hamparan perkebunan teh ini sangatlah menakjubkan, selain melihat hamparan teh yang hijau, disana kalian bisa melihat bagaimana para petani teh memetik daun teh yang unggul. Selain itu kalian juga bisa mengabadikan moment kalian bersama keluarga dan teman dengan berfoto-foto ria dengan latar belakang perkebunan teh yang sangat indah sekali.

Kebun teh ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menenangkan pikiran. Menikmati keindahan alam yang menghijau ini tentunya membuat pikiran menjadi lebih rileks, terlebih lagi udaranya yang masih bebas dari polusi.

Lokasi

Jika dari alun-alun Kota Jember, kebun teh ini berjarak kurang lebih 48 kilometer. Agrowisata kebun teh ini berada di Gunung Gambir yang merupakan perbatasan antara Probolinggo dengan Jember. Untuk alamat lengkap kebun teh Gunung Gambir Jember ini tepatnya berlokasi di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember.

Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan kebun teh ini, setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Adapun harga tiket masuknya adalah Rp. 10.000,-. Cukup murah dan terjangkau bukan?

Fasilitas

Selain dengan harga tiket yang murah, agrowisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang ada, seperti area parkir kendaraan yang cukup luas, kamar mandi yang bersih dan ada juga tempat untuk beristirahat.

Agrowisata Jember Kebun Kopi Percobaan Kaliwining

Berwisata Sambil Belajar di Kebun Percobaan Kaliwining | indoxtravel.blogspot.com

Buat teman-teman yang hanya ingin menepi dari hiruk pikuk keramaian kota dan bisa menikmati pemandangan hijau sembari belajar mengenali seputar kopi dan kakao. Kebun Percobaan Kaliwining yang berada di Coffee and Cocoa Science Techno Park (CCSTP) merupakan salah satu destinasi Agrowisata yang tepat untuk dikunjungi.

Disini kalian bisa berwisata sekaligus belajar bagaimana proses penanaman kopi yang baik mulai dari awal hingga proses akhir sampai kopi siap di seduh. Di kebun percobaan Kaliwining ini sudah banyak percobaan dan praktek penanaman kopi yang dilakukan.

Kebanyakan dari kalangan mahasiswa yang mengambil jurusan pertanian banyak melakukan penelitian di kebun percobaan ini. Tidak hanya dari kalangan mahasiswa, banyak juga dari pelajar mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas yang belajar mengenai kopi disini.

Lokasi

CCSTP tepatnya berlokasi di Desa Nogosari, Kec Rambipuji Jember. Lokasi yang berjarak sekitar 20 Km di selatan Kota Jember. Di perkebunan ini anda bisa melihat budidaya Kopi, Tembakau, Karet, kakao bahkan ada juga Jati pusaka.

Tiket Masuk

Dengan biaya tiket sebesar Rp. 5000 per orang teman-teman sudah bisa menikmati tour perkebun kopi dan kakao. Salah satu pilihan destinasi yang tepat untuk wisata edukasi anda dan keluarga.

Fasilitas

Terdapat fasilitas Kereta Flinstone yang teman-teman bisa gunakan dengan mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 saja per orang, murah bukan?. Selain itu fasilitas umum seperti tempat parkir, kamar mandi dan juga tempat istirahat juga disediakan oleh pihak pengelola agrowisata kopi ini.

Agrowisata Jember Coffee and Cocoa Techno Park

Agrowisata Kopi
Pusat Penelitian Kopi dan Kakao | steemit.com

Dilokasi yang sama yaitu Coffee and Cocoa Techno Park (CCSTP) yang berada di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji ini terdapat deretan perkebunan coklat yang terhampar luas. Lokasi ini sangat cocok untuk untuk teman-teman yang masih sekolah karena dapat menambah ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana pengolahan coklat.

Dengan biaya yang tidak terlalu mahal yaitu sebesar Rp. 5000 kalian sudah bisa mendapatkan banyak pengetahuan mengenai coklat. Selain wisata edukasi, teman-teman juga bisa berfoto narsis dengan latar belakang kebun coklat dan juga pemandangan hijau yang masih sangat alami Hmmm menyenangkan bukan?

Terdapat beberapa ilmu yang bisa teman-teman pelajari di lokasi ini, diantaranya bagaimana proses pengolahan kakao dari hulu samapi ke hilir, bagaimana proses mengaduk dan juga mencetak coklat hingga bisa menjadi coklat yang bisa kita nikmati pada umumnya. Pelajaran ini juga bisa teman-teman praktekkan di rumah loh.

Agrowisata Jember Tembakau Besoeki Na Oogst

Petani Tembakau
Petani Tembakau Siap Memanen Tembakau Untuk Diolah | beritagar.id

Tembakau Na Oogst merupakan salah satu produk komoditi yang menjadi unggulan Kabupaten Jember. Agrowisata ini merupakan tempat wisata yang harus teman-teman kunjungi karena keindahannya tidak ada duanya. Selain itu, daya tarik utama yang disajikan disana yaitu teman-teman bisa melihat proses pembuatan cerutu (Hand Made), bisa melihat proses Sortasi & Pengepakan.

Tembakau Na Oogst sendiri sudah terkenal di kalangan Internasional karena produksi tembakaunya sendiri yang mempunyai kualitas yang sangat unggul di mata dunia. Tembakau yang berkualitas ini diolah menjadi cerutu yang mempunyai nilai jual sangat mahal.

Ada 2 jenis tembakau yang ditanam di Kabupaten Jember, yaitu Besuki Voor-Oogst (BVO) yang biasanya ditanam pada saat musim hujan dan panen awal musim kemarau. Kemudian yang kedua adalah tembakau Besuki Na-Oogst (BNO) yang ditanam saat musim kemarau dan panen awal musim hujan.

Tembakau hasil produksi ini sudah di ekspor ke berbagai negara eropa seperti Belanda dan negara eropa lainnya.

Lokasi

Agrowisata Tembakau yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara IX ini berada di Desa Ajung, Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Selain dijadikan tempat pembudidayaan tembakau, tempat ini juga dijadikan sebuah objek wisata oleh pemerintah Jember.

Lokasi Agrowisata Tembakau Jember Besoeki Na Oogst berjarak sekitar 15 Km dari Kota Jember. Teman-teman bisa menggunakan transportasi darat untuk mencapai kesana, tidak jauh kok. Hehe.

Kalau kalian masih bingung dengan lokasinya, kalian tinggal mencari saja di google maps dengan mengetik Agrowisata Tembakau Jember Jawa Timur. Di Google Maps sudah ada arah dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di agrowisata ini adalah toko cerutu dan toko souvenir hasil kerajinan khas Jember yang bisa kalian beli untuk menjadi oleh-oleh bagi keluarga yang ada di rumah. Tidak usah takut dan khawatir karena penduduk lokal disana sangat ramah dalam melayani para wisatawan yang datang, baik itu wisatawan lokal maupun asing.