Fenomena Balap Liar “Roda Gila” Di Jember City

Roda gila adalah kegiatan beradu cepat kendaraan sepeda motor yang dilakukan diatas lintasan umum. Artinya kegiatan ini tidak digelar dilintas resmi, melainkan di jalan raya. Kegiatan ini sering kita jumpai di kota Jember pada hari Jumat malam. Roda Gila atau disingkat Rodgil sering dilakukan oleh kalangan muda jaman Now.

Mengapa? Karna jiwa-jiwa muda jaman sekarang udah difasilitasi terhadap apapun yang mereka mau. Istilah “keren” juga ngga jauh-jauh dari “badboys”. Buat yang lagi seneng motor, ngga jauh isinya udah balapan semua, sehingga nak-kanak muda pada hari jumat malem atau bisa dibilang sabtu dini hari menghabiskan waktunya untuk roda gila atau bahasa yang sering digunakan anak muda rodgilan. KegiatanĀ rodgil ini dilakukan pada hari Jumat tepatnya jam 00.00 sabtu dini hari- sampai subuh, bahkan lebih heuehu.

Itu dia sekilas pacapa tentang kegiatan roda gila di Jember. Biar kalian yang tinggal di Kota Jember tau apa rodgil itu, mengapa bisa terjadi kegiatan ini, apa dampak- dampaknya, yaudah baca terus aja.

Lokasi Balap Liar “Roda Gila” Jember

sesuai lokasi diatas tempat rodgil ini terletak di Jl. Kaliwates atau terkenalnya di dekat perumahan argopuro. Setau saya sih masih disitu – situ aja, kalo tempat lain masih belum update.

Kendaraan Roda Gila Jember

Nah kalian pasti pada penasaran “kendaraan apa yang sering digunakan rodgil?” Disini saya akan membahas kendaraan yang sering digunakan kalangan muda untuk kegiatan rodgil di Jember.

Ini dia motor yang sering digunakan para kalangan pemuda

Yamaha Mio

RODGIL JEMBER
image by: instagram.com/@otha_eriyadi22

Honda GL Max

GL roda gila jember
image by; instagram.com/ @hendrop_95

Honda Megapro

sepeda roda gila
image by: instagram.com/ @yoni_kecil97

Honda Cb 100

mba mba rodgil
image by: instagram.com/ @awewecb

Kendaraan yang biasanya sering di pakai rodgil iniĀ adalah kendaraan matic. Tapi jangan salah sangka lho ges, kendaraan matic ini bukan kendaraan yang biasa aja. Melainkan sebelum rodgilan ini dimulai, kendaraan matic ini di setting dulu. Apa itu setting? Setting itu bahasa Jemberan yang artinya di setel balap.

Setelan balap ini bukan setting biasa-biasa aja, tapi setelan yang sering digunakan oleh pembalap drag dan pastinya butuh budget yang lumayan. Wow ngeri kali ya! Kayaknya sih rodgil ini hanya ada di kota Jember ges. Hmm keren! Oh iya saya belum memberi gambaran kegiatan rodgil ini. Berikut gambar-gambar kegiatan rodgil di jember

Beberapa Penampakan Kegiatan Roda Gila

Nih penampakan kegiatan Roda Gila Jember di keramaian:

Antrian Start Uwww

ramai rodgil jember
image by: instagram.com/@rodagilajember

Suasana Rodgil Jember

suasana rodgil jember
image by: instagram.com/@rodagilajember

Keramaian Para Pemirsa

keramaian rodgil jember
image by: instagram.com/@rodagilajember

Start Rodgil Jember

start rodgil jember
image by: instagram.com/@rodagilajember

Mejeng Dulu di The Argopuro

motor roda gila
image by: instagram.com/@rodagilajember

Gimana beb? Keren ngga kegiatan rodgil di Jember ini? Kegiatan rodgil ini sering dilakukan di jalan kaliwates atau dekat perumahan Argopuro gan, pastinya orang jember tau lah.

Start rodgil ini dari arah barat perumahan argopuro sampai lampu merah guys, namanya aja rodgil pastinya ter-banteran yakan. Rodgil ini aslinya ada 3 tempat ges, tapi yang saya jelaskan ini rodgil yang sering saya jumpai.

Pemicu Kegiatan Roda Gila

Balapan ngga selalu saklek sama hal-hal negatif. Balapan juga masih dikategorikan sebagai olah raga. Meski Roda Gila disini jauh dari kata aman, dan masih banyak mudhorotnya daripada manfaatnya, tapi balik lagi harusnya psikologis manusia ngga sependek “kalo begini kudu begitu..”, dst..

Hmmm … dari pendekatan kami terhadap sebagian dari pelaku Roda Gila, alasan mereka melakukannya ngga jauh dari ini :

  • Uang Taruhan ( roda gila)
  • Gengsi Atau Nama Besar Bengkel
  • Hobi
  • Memacu Adrenalin
  • Kesenangan
  • Rasa Ingin Mencoba Hal Yang Baru
  • iseng

Efek Samping Kegiatan Roda Gila

kegiatan rodgil di Jember ini juga sering memakan korban ya ges. Namanya aja rodgil (balap liar) yang pasti para penjoki pengendara motor rodgil ini tidak memakai helm dan tidak memakai kostum yang safety.

Selain kematian dari dampak balap liar, efek samping yang dirasa yakni para warga sekitar yang terganggu akan kebisingan yang diakibatkan balap liar tersebut. Sesekali warga melapor pada pihak yang berwajib agar setiap malam patroli jalan disiplin untuk sweeping.

Balik lagi sih, bagi saya ini bukan jalan keluar yang terbaik. Selalu saja apapun yang berhubungan dengan pihak yang berwajib tak kunjung berbuah baik. Lebih extreme lagi, harusnya pemerintah sedikit peka terhadap pemuda-pemuda zaman now. Caranya? anggarkan sedikit APBD tuk buat lintasan drag resmi. Bisa juga lelang proyek lintasan balap, siapa tau promotor-promotor keren diluar sana pada antri… emmm tapi itu cuma asumsi dan saran sumbu pendek saya saja heuheu.

Baiknya para anak-anak muda yang masih dibawah umur diberi sosialisasi atau perhatian lebih untuk tidak terpacu dalam kegiatan rodgil ini dan yang pastinya tidak ingin memakan korban kembali.

Pendekatan Persuasif

Ngga gampang sebut mereka kriminal, main tangkap main stop aja. Baiknya lakukan sosialisasi yang maksimal, beri mereka lahan untuk mencurahkan sedikit hobi mereka. Untuk para orang tua yang resah, yaa jangan resah-resah banget. Pendekatan terbaik dan yang paling baik adalah pendekatan orang tua terhadap anak….. (dengan cara yang benar)

  • Memberikan Perhatian Lebih Kepada Mereka
  • Melarang Mereka Pergi Di Malam Hari
  • Memantau Kegiatan Mereka
  • Memberi Hukuman Jika Masih Tetap Melanggar

Segitu aja dulu ya gan, Jika kalian punya pendapat atau masukan share di kolom komentar yo lur, Maturnuhun!