Pantai Puger Jember Surganya Para Pemburu Ikan

Tak asing lagi bagi masyarakat Kota Jember untuk pantai yang satu ini. Saking terkenalnya, sekali terdengar kata “pantai Puger” pasti masyarakat Jember langsung terbayang ikan-ikan berjejeran dan perahu-perahu nelayan yang tumplek blek.

Dari jaman dahulu kala daerah Puger memang terkenal sebagai kampung nelayan. Hampir 70% masyarakat disana bekerja sebagai nelayan. Jika para wisatawan berkunjung kesini, bakal ngeliat sendiri gimana ribuan perahu-perahu nelayan terparkir atau lalu lalang di tengah laut.

“Dimana ada kampung nelayan, disitu pula berdiri Tempat Pelelangan Ikan (TPI)”. Itulah pepatah yang baru saja terpikirkan oleh saya. Pasar ikan disini jarang sepi tiap harinya. Yang dijualpun bermacam-macam, ngga cuma aneka ikan segarnya aja, aneka pernak-pernik juga dijual disini.

Kecamatan Puger tak hanya menawarkan pelabuhan dan pasar ikannya saja, tak jauh dari pelabuhan sekaligus pasar ikannya terdapat pantai-pantai yang tak kalah hits sama pantai lain di Indonesia Raya ini. Suasana pantai dan bukit-bukit hijau juga menambah daya tarik tersendiri.

 

Lokasi Pantai Puger Jember

Maps diatas sengaja saya arahkan ke Tempat Pelelangan Ikan di Puger. Karena untuk objek wisata lainnya sangat dekat bahkan bisa dibilang bersebelahan dengan lokasi ini.

Pantai Puger terletak di Jalan Pelabuhan, Puger Wetan, Kec Puger, Kabupaten Jember. Jika dari pusat Kota Jember, langsung aja gaspol menuju Surabaya, setelah Rambipuji ada pertigaan setelah Jembatan besar. Hidupkan sein kiri dan langsung cus ikutin jalan sampe abis jalannya. Sepanjang jalan banyak plang yang mengarahkan kalian ke Pantai Puger

Dari Pusat Kota Jember perjalanan memakan waktu kira-kira 30 menit dengan kondisi normal, artinya ngga macet-macet banget. Di hari-hari tertentu kondisi jalan bisa sangat padet lho, kalau kalian ada di kondisi lalu lintas seperti ini, bisa 2 jam baru sampe ke destinasi. Tapi tenang, sepanjang jalan menyuguhkan pemandangan hijaunya sawah luas dan bukit-bukit yang ciamik kok.

Harga Tiket Masuk Pantai Puger Jember

Tak seperti obyek wisata pada umumnya, di pantai puger kita tidak dipungut biaya tiket masuk, melainkan hanya bayar parkir saja. Kendaraan roda dua ditarik Rp 2000 dan roda empat atau lebih hanya Rp 5000 saja.

Tergolong cukup murah kan? asal kalian tau, pada hari-hari tertentu, masuk kawasan wisata pantai Puger bahkan tidak dipungut biaya sama sekali. Aneh, tapi nyata.

Beragam Daya Tarik Pantai Puger Jember

Beragam aneka daya tarik tersendiri disuguhkan di kawasan Pantai Puger. Penasaran? yuk baca teruuuss

Pusat Jual Beli Ikan di Jember

Namanya juga Tempat Pelelangan Ikan, yang dijual pastinya beragam hasil laut dong. Bagi pecinta sea food, segera merapat kesini untuk hunting beraneka ragam ikan laut segar.

Suasana Tempat Pelelangan Ikan Puger
yuk dibeli dibeli !! murah gan | mapio.net

Pasar Ikan disini menyediakan aneka ragam ikan laut segar dan juga olahan hasil laut. Seperti terasi khas puger, ikan asin, jamu dari minyak ikan, pernak-pernik khas puger, bahkan warung-warung ikan bakar juga ngga mau kalah hits. Yang pasti harga disini jauh lebih murah dari ikan-ikan yang dijual di pasar kota.

Buat kalian pecinta keramaian pasar, saya sarankan datang disaat pagi hari. Entah itu sehabis subuh ataupun sekitar jam 6-7 pagi. Tanya Kenapa?? karena di waktu pagi nelayan baru pulang setelah semalaman melaut dengan membawa ikan-ikan super segar. Kalian bisa juga langsung membeli hasil tangkapan dari nelayan yang pastinya dengan harga sangat murah. yummy..

Spot Foto Instagramable

Kurang rasanya bila tak mengabadikan momen di pantai ini. Kalian tinggal pilih aja mau background ratusan kapal yang beragam, pantai dengan ombak besarnya, bukit-bukit nan hijau, atau ibu-ibu yang berjualan ikan. Silahkan berekspresi dengan spot-spot foto yang menarik disini.

Untuk penikmat sunrise dan sunset, di Pantai Kucur kalian bisa puas menikmati keduanya dengan pesona khas pantai puger. Ayo segera agendakan dengan teman-teman atau keluarga kalian!!

Lokasi Surfing (Selancar Air)

Pantai Puger terkenal dengan ombak besar nan ganas. Tak jarang ada berita di koran atau TV nasional yang memberitakan kapal hancur dihantam ombak Puger. Beda cerita dengan penikmat surfing, justru inilah yang mereka cari. Di saat-saat tertentu, ombak di pantai Puger bisa mencapai 9 meter loh. Wow banget kan!! Jangan coba-coba buat kalian yang newbie atau baru-baru belajar surfing.

Ombak ganas inilah yang menjadi perhatian atlet surfing lokal maupun mancanegara. Pada tahun 2008 silam pantai Puger pernah menjadi tuan rumah event besar bertema Internastional Surf Exhibition. Keren!

Wisata Pantai

Selain Tempat Pelelangan Ikan yang hits, Puger juga menawarkan keindahan pantainya yang eksotis. Dua pantai terkenal yang masih sekawasan yakni Pantai Pancer dan Pantai Kucur Puger. Lanjuutt!!

Pantai Pancer Puger

Inilah pantai yang masih satu daratan dengan pelabuhan dan pasar ikan Puger. Letaknya ngga jauh dari TPI Puger, kira-kira 200 meteran. Udah jauh-jauh ke Puger ngga ada salahnya dong nyicip semua pantainya heuheu.

bersantai sambil memancing di Pantai Pancer
Bersantai sambil memancing di Pantai Pancer | Indonesiakaya.com

Pantai Pancer Puger memiliki daya tarik tersendiri dengan pasir hitam eksotisnya. Karena kurangnya perhatian pemerintah, ngga jarang kita ngeliat sampah-sampah organik maupun non-organik. Seperti ranting- pohon yang berserakan, dan tak jarang sampah-sampah plastik. Tapi pemandangan alam sekitar masih keren nan ciamik.

Fasilitas Pantai Pancer Puger

Bermacam fasilitas yang tersedia di Pantai ini diantaranya warung makan yang menyediakan makanan laut atau untuk sekedar tempat berteduh, horse riding, lahan parkir luas, dan pastinya fasilitas dari tuhan sang pencipta, yakni pemandangan laut dan hijauan yang natural sebagai spot-spot foto yang ciamik.

Di sisi barat pantai ini terdapat mercusuar yang masih aktif berdiri menjulang keatas dengan tegapnya. Spot ini juga mantep buat background foto kalian.

Gerbang Pantai Pancer
Akses Menuju pantai pancer | backpackerjakarta.com

Sementara di sisi timur terdapat bangunan pemecah ombak yang menjulang ke tengah laut. Bangunan ini berfungsi untuk memecah ombak ganas agar dampak ke pesisir pantai tidak terlalu mengerikan. Spot disini cocok untuk kalian yang hobi memancing, sekedar duduk-duduk menikmati angin sepoi-sepoi, atau melamar pujaan hati hehehe.

Sangat disarankan untuk kalian yang ingin mengunjungi pantai ini untuk tidak berenang ke tengah laut. Karena ombak besar disini sudah merenggut banyak korban yang terseret ombak ganas. Cukup nikmati dengan dengan sewajarnya karena ombak yang besar bisa datang sewaktu-waktu.

Pantai Kucur Puger

Beda cerita dengan pantai yang satu ini. Pantai Kucur Puger terletak di seberang Pantai Puger. Akses menuju pantai ini mustahil untuk dilalui kendaraan bermotor. Cukup merogoh kocek Rp 10.000 per orang, kalian bisa menyewa perahu nelayan untuk sampai ke pantai ini.

Suasana di Pantai ini masih tergolong sepi dari wisatawan. Mungkin karena akses menuju pantai ini harus dilalui dengan perahu nelayan.

Perawannya Pantai Kucur
Tenangnya suasana Pantai Kucur | Telusurjember.com

Yang menjadi daya tarik utama pantai ini ialah pasir putihnya yang ciamik. Pantai ini berhadapan langsung dengan birunya laut lepas Samudra Hindia. Plus persis dibelakangnya langsung bukit yang masih hijau lebat.

Destinasi Pantai Puger sangat rekomendasi deh buat kalian yang ingin sekedar berburu ikan segar di pasar ikan atau dua pantai yang tak kalah hits. Tapi ingat, berwisatalah dengan wajar, etikanya dijaga, dan yang terpenting JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN ya guys.

 

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.