Tempat Money Changer di Jember

Money changer adalah tempat untuk bertransaksi atau menukarkan mata uang kita ke negara asal tujuan atau sebaliknya. Biasanya dapat kita temukan di berbagai umum seperti bandara, teminal, atau perkotaaan.

Semisal kita kan melakukan traveling ke luar negeri, yang mana negara tujuan tersebut memiliki mata uang yang berbeda. Mau tidak mau kita harus menukarkan uang kita semisal rupiah, ke dalam bentuk mata uang negara tujuan yang akan dikunjungi.

Nilai mata uang rupiah tiap harinya berubah-ubah, bergantung sistem mekanisme pasar global/dunia. Semisal untuk uang senilai 1 dollar Amerika hampir setara dengan 14 ribu rupiah.

Dengan adanya perbedaan nilai mata uang, sebaiknya perlu menyiapkan uang rupiah lebih banyak dan disesuaikan dengan budget kita. Sedangkan untuk pihak money changer, mereka akan mendapatkan laba dari selisih harga jual atau harga beli.

Di Jember, terdapat banyak money changer yang tersebar di beberapa titik. Berikut ini daftar money changer di Kabupaten Jember yang mungkin bisa Anda kunjungi jika suatu saat membutuhkannya.

Jika ingin mencari alamat tempat penukaran uang tertentu, gunakan saja fitur pencarian yang ada di web browser teman-teman untuk memudahkan. Jika ada informasi yang tidak sesuai atau ada yang ingin ditambahkan, silahkan diinformasikan di bagian komentar, ya. Semoga bermanfaatĀ  šŸ˜‰

NAMA NOMOR TELEPON ALAMAT
Hamdalah Ltd Money Changer 0812-4918-970 Jl. Ciliwung No.45, Jemberlor
PT Rumah Usaha Ningsih 0852-3696-5250 Jl. Letjend Suprapto III No.70, Kebonsari
PT Prima Dollar (0331) 3401572 Pagah, Jemberlor, Patrang,
Western Union (0331) 410403 Jl. Srikoyo No.38, Krajan, Patrang
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember (0331) 485478 Jl. Gajah Mada No.224, Kaliwates
Kartini Money Changer (0336) 441246 Jl. PB.Sudirman, Krajan, Tanggul Wetan, Kec. Tanggul

Sejarah Money Changer

Pada zaman kuno di Yerusalem, para peziarah yang mengunjungi Kuil Yahudi pada Hari Raya Yahudi menukar sebagian uang mereka dari mata uang standar Yunani dan Romawi untuk uang Yahudi dan Tyrian, dua yang terakhir menjadi satu-satunya yang diterima sebagai pembayaran di dalam Kuil.

Dengan uang Bait Suci ini, peziarah akan membeli hewan kurban, biasanya merpati atau domba, sebagai persiapan untuk acara hari berikutnya. Selama Abad Pertengahan di Eropa, banyak kota besar dan kecil mengeluarkan koin mereka sendiri, seringkali membawa wajah seorang penguasa, seperti baron regional atau uskup.

Ketika orang luar, terutama pedagang keliling, mengunjungi kota-kota untuk pameran pasar, penting untuk menukar koin asing dengan koin lokal di penukar uang lokal. Penukar uang akan menilai koin asing untuk jenis, keausan, dan validitasnya, kemudian menerimanya sebagai deposit, mencatat nilainya dalam mata uang lokal.

Pedagang kemudian dapat menarik uang dalam mata uang lokal untuk melakukan perdagangan atau, lebih mungkin, menyimpannya: penukar uang akan bertindak sebagai fasilitas kliring.

Seiring bertambahnya ukuran dan operasi penukar uang, mereka mulai menyediakan fasilitas pinjaman, dengan menambahkan biaya pinjaman ke nilai tukar mata uang asing. Kemudian Ksatria Templar memberikan layanan ini kepada para peziarah yang bepergian ke dan dari Tanah Suci.

Cara Menghitung Kurs

Jika Anda berencana keluar negeri dan menukar uang ke mata uang lain, sebaiknya cari tahu berapa uang yang Anda miliki setelah penukaran.

Selain itu, mengetahui berapa banyak nilai uang Anda dapat mencegah pengenaan biaya tanpa alasan jelas karena Anda akan dapat menghitung pengeluaran dan memilih metode yang tepat jika direncanakan sebelumnya.

Mengetahui kurs mata uang asing adalah perilaku wisatawan yang cerdas dan berpotensi menyelamatkan Anda dari berbagai masalah.

kurs ruapiah terhadap mata uang asing
Sumber: bi.go.id (Kurs rupiah terbaru per 3/12/2020)

1. Menghitung Sendiri

  • Perkirakan jumlah uang yang ingin ditukarkan
  • Cari kurs mata uang yang ingin ditukarkan
  • Hitunglah banyaknya uang yang akan dimiliki pasca penukaran

2. Menggunakan Alat Konversi Lain

  • Cek situs konversi terbaru di internet
  • Tanyakan pada pihak terkait untuk memperoleh nilai kurs yang akurat
  • Cari konversi yang ingin Anda ketahui di Google

3. Menukar Mata Uang Asing

  • Tanyakan pada bank terdekat
  • Gunakan jasa penukaran mata uang terpercaya
  • Gunakan mesin ATM di negara asing

Tips Menukar Uang di Money Changer

Membeli atau menjual uang sangatlah mudah bagi Anda yang ingin bertransaksi di money changer.Ā Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Persiapkan sejuamlah uang yang akan Anda tukarkan dengan mata uang asing yang diinginkan.
  2. Pastikan Anda mengetahui dengan pasti info terbaru perihal kurs mata uang yang hendak ditukar/dibeli.
  3. Mintalah ke teller untuk meminta blanko buat mengisi sejumlah uang yang akan Anda tukar.
  4. Teller akan memberikan sejumlah uang yang Anda tukar/beli.
  5. Jika Anda setuju dan sesuai dengan penawaran harga, bayar dan terima senilai harga yang sudah disepakati.
  6. Tunggulah di bangku antrean yang yelah disediakan, sementara teller sedang menghitung uang yang Anda transaksikan.
  7. Setelah itu teller akan memanggil Anda sesuai dengan nomor antrean untuk mengambil hasil sejumlah nominal yang Anda tukarkan.
  8. Teller akan memberikan uang hasil transaksi Anda dengan money changer berserta nota/kuitansi bukti pembayaran.
  9. Hitunglah kembali uang yang Anda terima sebelum meninggalkan tempat.
  10. Simpanlah bukti kuitansiĀ  pembayaran jika sewaktu-waktu ada kesalahan ke belakangnya.

Tips Memilih Money Changer dengan Nilai Tukar Terbaik

  1. Pilih money changer legal atau authorized yang sudah memiliki izin dari Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keungan (OJK) sebagai Pedagang Valuta Asing bersertifikat.
  2. Carilah informasi money changer terdekat dengan lokasi Anda, dan ketahuilah jam operasionalnya.
  3. Datangi lokasi money changer tersebut, lalu tanyakan mendetail nilai kurs mata uang yang ingin Anda tukar (beli-jual).
  4. Pahami masing-masing sistem tempat money changer yang Anda pilih. Beberapa money changer memiliki sistem pembayaran non tunai yakni transfer menggunakan debit card. Namun, tak sedikit money changer yang hanya menerima uang tunai saja.
  5. Untuk kebutuhan tukar uang yang sifatnya darurat, bisa mencari money changer yang berada di bandara di dalam maupun di luar negeri. Namun, biasanya selisih kurs nilai tukarnya akan lebih mahal.