Jember Butuh Bupati Yang Kaya Gimana Sih?

Bupati adalah sebutan untuk kepala daerah dalam tingkatan kabupaten, yang dipilih oleh masyarakat setempat. Bupati  ada sejak tahun 1945 yang hanya berada di pulau Jawa, Madura dan bali,

Namun seiring berjalannya waktu, Kepala Daerah ada di seluruh Nusantara. Arti dari kata Bupati sendiri berasal dari bahasa sansekerta yaitu “bhupati’ yang berarti “kepala” . Udah tau belum, mengenai tugas utama dari kepala daerah ini? Nih, aku kasih tau…

Tugas Utama Seorang Bupati

Bupati atau disebut dengan kepala Daerah ini juga mempunyai tugas terhadap wilayah yang didudukinya. Berikut adalah  tugas utama dari seorang Bupati atau Kepala Daerah :

  1. Memelihara ketentraman masyarakat.
  2. Menjalin hubungan kerja dengan seluruh perangkat dari Departemen atau Lembaga Pemerintah non Departemen yang mempunyai lingkungan kerja di wilayah yang bersangkutan.
  3. Memberikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah kepada pemerintah pusat.
  4. Memberikan laporan keterangan pertanggung jawaban kepada DPRD

Lalu bagaimana dengan harapan Bupati idaman masyarakat Jember sendiri? Yuk simak guys!

Harapan masyarakat Jember Terhadap Calon Bupati

Tentunya masyarakat menginginkan pemimpin yang sangat bijak dalam pemerintahannya. Berikut adalah kriteria calon Bupati yang di idamkan masyarakat Jember.

1. Jujur

Jujur merupakan hal yang wajib dimiliki oleh calon Kepala Daerah sebagai calon pemimpin. Karena apabila pemimpin masyarakat jujur, masyarakat akan menjadi tentram dan sejahtera.

2. Merakyat

Merakyat merupakan hal yang kecil, tetapi bisa menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap pemimpin tersebut. Contohnya, tidak hanya bersosialisasi dengan masyarakat kota saja. Melainkan dengan masyarakat pedesaan untuk memberikan semangat baru kepada masyarakat daerah.

Intinya merakyat, masyarakat menginginkan Bupati yang ingin membangun lebih baik lagi dari semua kalangan khususnya masyr\arakat yang berada di plosok-plosok (pedesaan).

3. Transparan

Maksud dari kata Transparan ini berarti Bupati atau Kepala Daerah selalu menerima saran dan kritik masyarakat untuk membangun dan menyejahterakan rakyat. Maupun golongan atas ataupun golongan bawah.

4. Adil

Tujuan dari kata adil ini, masyarakat menginginkan keadilan agar menciptakan keharmonisan dan kesinergasian dalam menjalankan tugas dan wewenang Kepala Daerah itu sendiri. Tentunya tidak hanya masyarakat kalangan atas tetapi kepala daerah juga harus berprilaku adil kepada masyarakat bawah.

5. Janji Yang Terpenuhi

Banyak pimpinan yang tidak menjalankan janji yang diucapkan saat kampanye. Bahkan kemaren ini, Kepala Daerah atau Bupati kita berjanji akan membangun jalan aspal di plosok-plosok daerah. tetapi, sampai saat ini belum sepenuhnya terpenuhi.

Mengapa rakyat menginginkan pentingnya jalan raya di plosok atau pedesaan? Karena menurut saya jalan raya merupakan prasarana utama transportasi di kegiatan masyarakat baik kegiatan ekonomi maupun non ekonomi.

Itulah beberapa kriteria calon Bupati Idaman masyarakat yang ada di kota jember. Gimana menurut kalian? tulis pendapat kalian di kolom komentar ya guys! see you next time guys!